Halal atau Tidak? Ini Update Harga Bean Boozled

Bean Boozled merupakan salah satu merk permen yang terbilang cukup laris di kalangan muda. Meskipun produk ini dijual dengan harga yang tidak murah, orang-orang menyukainya karena rasanya yang unik dan aneh. Namun, sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu apakah produk ini halal atau haram.

Ilustrasi: Bean Boozled Kemasan Kecil (credit: Youtube/Sir Sebastian)
Ilustrasi: Bean Boozled Kemasan Kecil (credit: Youtube/Sir Sebastian)

Bean Boozled Halal atau Tidak?

Di Indonesia, penetapan kehalalan produk berdasarkan standar Majelis Ulama Indonesia yang tercantum dalam standar HAS 230000.[1] Dalam aturan ini, produk halal dapat didefinisikan sebagai produk yang terbuat dari bahan halal di fasilitas yang tidak terkontaminasi bahan haram atau najis.

Bacaan Lainnya

Umumnya, untuk menjamin kehalalan sebuah produk, MUI akan memberikan sertifikat halal secara tertulis kepada pihak yang mendaftarkan kehalalan produknya dan telah lulus halal. Tentunya, ini dengan proses yang cukup dan harus menyertakan berbagai serta bukti pendukung dari laboratorium. MUI juga akan mengesahkan label halal yang ada pada kemasan produk tersebut.

Nah, sementara sudah banyak permen halal beredar di pasaran, masih banyak orang yang mempertanyakan apakah Bean Boozled halal atau tidak. Karena permen yang tergolong viral di kalangan milenial ini diketahui tidak berlabel halal pada kemasannya. Selain itu, ini bukan produk lokal dan rata-rata dijual di e-commerce.

Dilansir dari Halal Guidance, produk Bean Boozled memang tidak menyertakan label halal pada kemasannya. Namun, produknya tidak mengandung alkohol sebagai bahan makanan yang haram. Tak hanya itu, pihak Bean Boozled menegaskan bahwa permen buatannya tidak mengandung bahan hewani atau gelatin.

Komposisi Bean Boozled

Bahan utama pembuatan permen Bean Boozled adalah gula dan sirup jagung. Dua bahan ini sangat penting untuk membuat rasa permen menjadi legit. Selain itu, fungsi gula dan sirup adalah sebagai pengental, pengikat, sekaligus pengawet. Ini juga yang membuat tekstur permen tidak terlalu keras. Umumnya permen yang hanya terbuat dari gula tanpa sirup akan menjadi hard candy.

Supaya rasanya unik dan tidak monoton, beberapa permen diberi bahan tambahan puree buah, perisa makanan, kelapa parut, kopi, dan jus . Semua bahan ini adalah alami dan umumnya dicampur-campur. Jarang ada permen yang hanya memiliki satu rasa. Selain tidak terkontaminasi gelatin, Bean Boozled juga tidak mengandung gluten atau tergolong jenis gluten free product. Ini tentunya cukup aman bagi Anda yang tidak bisa mencerna gluten yang umumnya terkandung dalam tepung dan pati.

Ilustrasi: Permen Bean Boozled (credit: jajanbeken)
Ilustrasi: Permen Bean Boozled (credit: jajanbeken)

Varian Rasa Permen Bean Boozled

Dengan semua kandungannya, tidak semua permen Bean Boozled itu lezat. Permen ini terbagi menjadi dua kategori rasa, yakni enak dan tidak enak, bahkan beberapa di antaranya bisa membuat Anda dan muntah. Untuk Bean Boozled standar, dikemas dalam kotak berisi 42 butir. Jika Anda beruntung, Anda bisa merasakan 21 butir permen dengan rasa asam manis. Namun, jika Anda kurang beruntung, ada 21 butir permen lainnya yang tidak enak.

Golongan permen Bean Boozled yang lezat, antara lain tutti-frutti, lime, buttered popcorn, berry blue, peach, chocolate pudding, juicy pear, caramel corn, dan coconut. Sementara itu, untuk varian rasa yang tidak enak dan cenderung aneh adalah stinky socks, lawn clippings, rotten egg, toothpaste, barf, canned dog food, booger, moldy cheese, baby wipes, skunk spray, dan licorice.

Review Permen Bean Boozled

Orang tertarik dengan Bean Boozled bukan hanya karena rasanya yang unik, tetapi juga kemasannya. Kotak permen ini dibagi menjadi dua bagian, yakni papan permainan dan tempat permen. Putar jarumnya untuk mengetahui jenis permen apa yang harus Anda makan. Cocokkan gambar yang ditunjuk jarum di papan dan cari permen tersebut. Jika Anda beruntung, tentu Anda akan mendapatkan permen yang lezat dan sebaliknya.

Menurut salah satu konsumen Bean Boozled, ini adalah cara makan permen yang unik dan menyenangkan. Selain itu, setiap rasa memiliki ciri khasnya masing-masing, terutama pada aromanya. Untuk varian canned dog food misalnya, aromanya benar-benar menusuk seperti makanan anjing basah. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan harga Bean Boozled, berikut referensinya.

Bean Boozled  (sumber: novinki.top)
Bean Boozled (sumber: novinki.top)

Harga Bean Boozled

Varian Permen Bean Boozled Harga
Bean Boozled Edisi 5th Refill Rp60.000
Bean Boozled Edisi 6th Refill Rp65.000
Bean Boozled Edisi 4th Refill Rp73.000
Bean Boozled Edisi 4th Rp144.900
Bean Boozled Edisi 5th Rp145.000
Bean Boozled Edisi 3rd Rp191.000

Harga permen Bean Boozled di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga permen ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 harga Bean Boozled tahun 2022 masih tetap. Hanya saja, ada varian baru, yakni Bean Boozled Edisi 6th Refill.

[Update: Almas]

[1] Jumiono, Aji & Siti Irma Rahmawati. 2020. Kriteria Sertifikasi Halal Barang Gunaan di Indonesia. Jurnal Pangan Halal Djuanda Bogor, Vol. 2(1): 10-16.

Pos terkait