Update Harga Benih dan Sayur Bayam Merah di Pasaran

Bayam adalah sayuran yang memiliki gizi dengan kandungan vitamin C cukup tinggi. Tak heran apabila sayuran ini kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan sejumlah keluhan. Namun, banyak orang yang beranggapan kandungan gizi bayam merah lebih banyak dibandingkan bayam hijau. Wajar jika permintaan bayam merah di pasaran lebih tinggi. Harga jualnya pun terbilang lebih mahal daripada bayam hijau. 

Bibit bayam merah (sumber: greenvest.co.id)
Bibit bayam merah (sumber: greenvest.co.id)

Bayam merah termasuk ke dalam spesies Amaranthus tricolor L dengan tampilan daun berwarna merah. Antosianin adalah pigmen merah keunguan yang menandai warna merah pada bayam merah.[1] Pada dasarnya, antosianin juga dapat ditemukan pada -buahan yang berwarna merah. Antosianin ini berperan sebagai antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya oksidasi radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Itulah sebabnya masyarakat percaya bahwa bayam merah lebih banyak dibandingkan bayam hijau.

Bacaan Lainnya

Kandungan Nutrisi Bayam Merah

  • Vitamin C 60,33%.
  • Mangan 49,43%.
  • Zat besi 37,25%.
  • Kalsium 27,60%.
  • Vitamin A 26,14%.

Khasiat Bayam Merah

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Mengatasi anemia.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Mengatasi rambut rontok.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Mengatasi disentri.
  • Mencegah kanker.
  • Menyehatkan ginjal.
  • Menguatkan tulang.
  • Mengontrol gula darah.
  • Meningkatkan kesehatan mata.

Sebuah penelitian mengungkap protein, kalsium, dan zat besi yang dikandung pada bayam merah lebih tinggi dari bayam hijau. Semakin tua bayam merah, maka kadar zat besinya juga semakin meningkat. Kandungan protein yang tinggi pada bayam merah menjadikannya sebagai sumber protein nabati yang baik. Protein nabati cenderung rendah lemak dibanding protein dari daging hewan dan tidak mengandung kolesterol. Bayam merah juga teruji secara klinis kaya akan serat dan zat besi, sehingga dapat dijadikan menu diet Anda. Selain itu, bayam merah dapat dikonsumsi ibu hamil untuk kesehatan janin.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan bayam merah, saat ini semakin banyak orang yang mulai membudidayakan sayur tersebut. Terlebih, cara bayam merah relatif mudah. Bayam merah membutuhkan waktu panen 20-25 hari sejak ditanam. Panen bayam merah ini tergolong lebih cepat dibandingkan bayam biasa yang membutuhkan waktu panen sekitar 30 hari. Saat dipanen, bayam merah sudah memiliki tinggi sekitar 20 cm.

Budidaya bayam merah (sumber: nutrigardens.com)
Budidaya bayam merah (sumber: nutrigardens.com)

Bayam merah dapat menghasilkan bunga dan biji saat tanaman menginjak 45-50 hari. Sebelum biji ditanam, ada baiknya Anda mencangkul lahan terlebih dulu sedalam 20 cm hingga 30 cm dan mengupayakan lahan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Soal harga, bibit bayam merah relatif murah, dan berikut merk benih yang dapat dipilih.

Harga Benih Bayam Merah

Merk Benih Bayam Merah Harga
Benih Bayam Merah Nature Eleven 35 gr Rp10.500
Benih Bayam Merah Red Ranchies Haira Seed 10 gr Rp12.000
Benih Bayam Merah Rescha New Day Seed 10 gr Rp12.500
Benih Bayam Merah Microgreen Red Amaranth Daily Farm 5 gr Rp13.000
Benih Bayam Merah Garuda Seed Baret 50 grr Rp15.000
Benih Bayam Merah Mira Cap Panah Merah 10 gr Rp15.000
Benih Bayam Merah Abbang Cap Bunga Matahari 15 gr Rp20.000
Benih Bayam Merah RED Bintang Asia 50 gr Rp21.000
Benih Bayam Merah Mira Panah Merah 50 gr Rp25.000
Benih Bayam Merah Cap Tiwi 100 gr Rp27.500
Benih Bayam Red Bintang Asia 500 gr Rp73.000

Informasi harga benih bayam merah di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs pertanian online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga benih bayam merah di pasaran saat ini cenderung naik. Sebagai contoh, benih bayam merah Garuda Seed Baret 50 gr yang semula dijual seharga Rp12 ribu, kini naik menjadi Rp15 ribu. Begitu pula dengan harga benih bayam merah Haira Seed 10 gram yang naik dari Rp10.200 menjadi Rp12.000.

Sementara itu, untuk kebutuhan masakan sehari-hari, di pasaran juga mudah ditemukan sayur bayam merah. Biasanya, Anda akan menemukan sayuran bayam merah fresh dalam kemasan pack dengan harga bersaing. Untuk lebih lengkapnya, kami sajikan harganya saat ini sebagai referensi Anda.

Bayam merah (sumber: halodoc)
Bayam merah (sumber: halodoc)

Harga Bayam Merah

Berat Bayam Merah Harga
Bayam Merah 200 gr Rp10.500
Bayam Merah Organik 250 gr Rp13.900
Baby Bayam Merah Hidroponik Segari 250 gr Rp14.800
Bayam Merah Organik 1 kg Rp25.000

Informasi harga sayur bayam merah di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs minimarket. Hingga saat ini, harga bayam merah kemasan 200 gram relatif stabil. Meski begitu, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Efek Samping Bayam Merah

Meski bayam merah baik bagi kesehatan tubuh, Anda tetap tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, bayam merah yang dikonsumsi berlebihan dikhawatirkan dapat menimbulkan sejumlah kesehatan. Karena kaya kandungan serat, jika dikonsumsi berlebihan, perut Anda dapat mengalami mulas, kram perut, kembung bahkan diare. Satu tips yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi sakit perut setelah makan bayam adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Tak hanya sakit perut, Anda juga akan merasa seperti ada pasir pada gigi. Hal tersebut lantaran bayam merah mengandung banyak asam oxalic. Asam oxalic sendiri mengandung kristal-kristal yang tidak dapat larut di dalam air. Kondisi lain yang mungkin Anda alami jika mengonsumsi bayam merah berlebihan adalah nutrisi kurang diserap tubuh karena kandungan asam oxalic mampu mengikat zat besi serta kalsium.

[1] Lingga, Lanny. 2010. Cerdas Memilih Sayuran; Plus Minus 54 Jenis Sayuran. Jakarta: AgroMedia, hlm. 55

Pos terkait