Update Harga Batu Koral Cor (1 Kubik, 1 Truk, 1 Pickup)

Dalam membangun sebuah rumah atau gedung, pondasi yang kokoh mutlak diperlukan. Nah, untuk membuat pondasi ini, biasanya digunakan batu koral cor atau yang juga kerap disebut batu split. Punya warna cenderung gelap, seperti hitam dan abu-abu tua, material ini dapat dibeli per kubik, per truk, atau per pickup dengan harga yang mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Batu koral (sumber: qhomestore.com)
Batu koral (sumber: qhomestore.com)

Pentingnya Pondasi Bangunan

Suatu bangunan, baik itu rumah, gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, toko, dan lainnya, pasti memiliki struktur. Ini adalah susunan atau pengaturan bagian-bagian bangunan yang menerima beban atau konstruksi utama, tanpa mempermasalahkan tampilan apakah konstruksi tersebut terlihat sebagai struktur bangunan atau tidak. Secara umum, struktur bangunan terdiri atas pondasi, dinding, kolom, lantai, dan kuda-kuda atap.[1]

Bacaan Lainnya

Khusus untuk pondasi, ini merupakan bagian bangunan yang menghubungkan bangunan dengan tanah. Pondasi juga dapat dikatakan sebagai bagian suatu sistem rekayasa yang meneruskan beban yang ditopang oleh pondasi dan beratnya sendiri ke dalam tanah dan batuan terletak di bawahnya.[2] Pondasi tersebut harus menjamin kestabilan bangunan terhadap berat gedung, beban berguna, dan -gaya luar seperti tekanan angin, gempa bumi, dan lain-lain.

Baca juga  Update Harga SX Mini G Class (Black Edition & Gold Edition)

Sebagai salah satu struktur penting suatu bangunan, pondasi memiliki fungsi untuk menentukan aturan yang mendayagunakan hubungan antara fungsi dan tugas konstruksi. Selain itu, pondasi juga berguna untuk mendayagunakan konstruksi dalam hubungannya dengan daya tahan, masa pakai terhadap -gaya, dan tuntutan fisik lainnya.[3]

Fungsi dan Jenis Batu Koral Cor

Nah, untuk membuat pondasi ini, material yang umum digunakan adalah batu koral cor atau kerap juga disebut batu split. Khususnya digunakan untuk campuran beton cor, proses pembuatan material ini adalah dengan mencampur batu split dengan pasir, semen, dan air. Setelah itu, campuran tersebut dicetak sesuai dengan peruntukannya.

Manfaat lainnya batu koral cor adalah sebagai dasar badan konstruksi untuk jalan seperti bantalan kereta api, penutup atau pemberat di dasar laut, dan beton cor pemecah ombak. Namun, untuk dasar badan jalan, tidak semua batu split yang dapat digunakan, melainkan cuma yang berukuran 30 sampai 50 mm. Sementara, untuk fungsi timbunan awal pengerasan jalan, varian batu split yang umum dipakai adalah jenis agregat B.

Walau mungkin punya tampilan yang itu-itu saja, ternyata batu koral cor dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Dikutip dari beberapa sumber, jenis yang pertama adalah batu split abu, memiliki warna keabuan dan punya ukuran yang sangat kecil, hanya 0 sampai 5 mm. Karena ukurannya yang mini, varian ini kerap dijadikan material pengganti pasir.

Baca juga  Info Spesifikasi & Update Harga Trolley Barang Dalam Berbagai Merek

Ada pula batu split 3/5, yang punya ukuran mulai 30  hingga 50 mm, dan sering dipakai sebagai bahan campuran untuk pembuatan jalan maupun alas bantalan rel kereta api karena diklaim dapat meminimalkan getaran ketika kereta melintas. Sementara itu, batu split 1/2 memiliki ukuran 10 hingga 30 mm, yang sering digunakan sebagai material untuk campuran pembuatan cor pada gedung, proyek pembuatan landasan pacu bandara, jembatan, dan rumah.

Jenis lainnya adalah batu split screen yang punya ukuran sangat kecil, berkisar 5 sampai 10 mm, sehingga membuatnya kerap menjadi bagian material pengerasan jalan atau aspal. Sebaliknya, batu split gajah adalah jenis yang paling besar dan lazim digunakan untuk memperkuat struktur pondasi bangunan atau beton cor yang terletak di kawasan dekat pantai, seperti reklamasi teluk, dinding penahan ombak, dan pondasi dermaga.

Truk batu koral cor (sumber: mitraventuresgroup.com)
Truk batu koral cor (sumber: mitraventuresgroup.com)

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak yang menawarkan batu koral cor. Biasanya, material ini dijual dalam ukuran per kubik, per truk, atau per pickup. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung kapasitas yang dibeli. Biasanya, harga per kubik dan per pickup berkisar ratusan ribu rupiah, sedangkan harga batu koral cor per truk mencapai angka jutaan rupiah.

Baca juga  Perbedaan & Update Harga Solar dan Biosolar

Harga Batu Koral Cor

Kapasitas Batu Koral Cor Harga
Batu Koral Cor 1 kubik Rp250.000
Batu Koral Cor 1 Pickup Rp349.000
Batu Koral Cor 1 Engkel (3 kubik) Rp880.000 – Rp939.999
Batu Koral Cor 1 Truk 5,5 kubik Rp1.860.000
Batu Koral Cor 1 Truk 7 kubik Rp1.938.000 – Rp1.999.000

Harga batu koral cor di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga batu koral cor untuk kapasitas kecil tidak jauh berbeda. Namun, harga untuk 1 truk mengalami sedikit kenaikan. Harga batu koral cor 1 truk kapasitas 5,5 kubik misalnya, awalnya Rp1,2 juta sampai Rp1,58 juta, sekarang menjadi Rp1,86 jutaan.

[1] Frick, Heinz. 1999. Ilmu Konstruksi Bangunan Jilid 1 dan 2. Yogyakarta: Kanisius.

[2] Rifai, Andi Jiba. 2010. Struktur dan Konstruksi Rumah Tradisional Suku Bajo di Pesisir Pantai Parigi Moutong. Jurnal Ruang, Vol. 2(1): 31-38.

[3] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar