Harga Baterai Jam Tangan Maxell Original (Semua Tipe)

menjadi salah satu komponen paling penting dalam sebuah tangan. Jika tidak ada baterai, atau daya baterai sudah habis, maka dijamin tangan Anda tidak bisa berfungsi. Biasanya dijual satu paket, banyak juga baterai tangan yang dijual terpisah sebagai cadangan atau ganti. Nah, apabila kebetulan Anda membutuhkan baterai tangan Maxell, harganya saat ini sangat terjangkau.

Memakai jam tangan

Memakai

Dilansir dari Wikipedia, jam tangan, biasa disebut juga arloji, adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan konon pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Pada saat itu, semua jam tangan dan alat penunjuk waktu lainnya menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jam tangan tertua yang diketahui adalah jam tangan milik Ratu Inggris, Elizabeth I, yang dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Dari abad 16 hingga awal abad 20, jam tangan hanya digunakan oleh , sedangkan pria menggunakan jam saku.

Jam tangan yang sebelumnya merupakan jam saku dengan gelang atau strap kulit, perlahan-lahan juga berubah. Semenjak Perang Dunia I, dengan perlunya jam tangan di medan perang untuk mengoordinasikan taktik dan strategi, serta banyak pria yang terjun menjadi tentara, popularitas jam tangan di kalangan kaum Adam pun semakin naik. Mulai tahun 1923, John Harwood menciptakan jam tangan dengan automatic winding pertama, yang memudahkan pemakai sehingga tidak perlu melakukan winding pada jam secara manual terus-menerus.

Pada 1957, jam elektrik pertama diproduksi dan diperkenalkan pertama kali di dunia oleh Hamilton Watch Company, sebuah produsen jam asal Lancaster, Pennsylvania, AS (sekarang sudah di bawah Swatch Group). Namun, saat itu akurasi jam masih bergantung pada balance wheel/kumparan penyeimbang yang mekanismenya masih tradisional layaknya jam mekanik umumnya, sehingga akurasinya tidak jauh berbeda dengan jam-jam yang beredar saat itu. Meski demikian, jam elektrik ini disambut meriah oleh masyarakat luas karena tidak lagi harus memutar jam (pada jam kuno, untuk mengoperasikannya diperlukan kunci putar untuk memutar jam agar tetap beroperasi).

Di sisi lain, Bulova mengembangkan teknologi jam yang menggunakan mekanisme getaran tuning fork/garpu tala (plat berbentuk "U") untuk menjaga akurasi jam. Hal ini menggiring Bulova pada kesuksesan produknya, Accutron, yang pertama kali diperkenalkan dan dijual pada tahun 1960 dan memiliki akurasi yang lebih baik. Hal ini berkaitan juga dengan proyek Bulova bersama dengan NASA untuk penunjuk waktu di dalam kendaraan antariksa pada peluncuran Mercury serta Apollo yang mendaratkan manusia pertama di bulan.

Hal ini lantas menarik perhatian para produsen jam di Swiss. Bahkan, mereka merasa terancam dapat digeser oleh Bulova sebagai produsen alat penentu waktu yang paling akurat. Para produsen jam tersebut lalu membiayai sebuah penelitian di sebuah laboratorium bernama Center Electronique Horloger (CEH), sekarang Centre Suisse d'Electronique et Microtechnique (CESM). Penelitian ini berfokus untuk menciptakan jam tangan dengan quartz sebagai pengatur akurasi jam. Pada 1967, CEH akhirnya menciptakan prototipe jam tangan quartz yang pertama, namun kemudian Seiko-lah yang memunculkan Quartz-Astron sebagai jam tangan quartz pertama yang dijual secara komersial.

Review Baterai Jam Tangan Maxell

Baterai jam tangan Maxell (sumber: qoo10.my)

Baterai jam tangan Maxell (sumber: qoo10.my)

Seperti diutarakan sebelumnya, salah satu komponen paling penting pada sebuah jam tangan adalah baterai. Berbeda dengan baterai jam dinding, baterai jam tangan berbentuk silinder tipis yang umumnya berdiameter 5 mm hingga 20 mm, dengan ketebalan sekitar 1 mm hingga 6 mm. Baterai ini juga kerap disebut baterai kancing lantaran bentuknya yang menyerupai kancing baju. Ada juga yang menyebutnya dengan baterai coin. 

Baterai kancing yang umumnya dijumpai di merupakan golongan baterai primer atau baterai yang hanya dapat digunakan sekali saja (single use). Artinya, baterai kancing (button cell) ini tidak dapat diisi ulang atau non-rechargeable. Meskipun ada juga baterai kancing yang dapat diisi ulang (rechargeable), tetapi jarang dijumpai di pasaran umum.

Di pasaran sendiri, baterai kancing ini sudah tersedia dalam beragam merk. Salah satu yang cukup populer adalah Maxell. Ini adalah salah satu alternatif substitusi jika baterai utama jam tangan Anda mati. Pasalnya, meski kalah awet jika dibandingkan dengan merk Renata, namun baterai Maxell punya kualitas yang cukup jempolan. Kelebihan lainnya dari baterai ini adalah punya yang sangat bersahabat.

Baterai jam tangan merk Maxell sendiri sudah tersedia dalam beragam . Yang paling banyak beredar di pasaran antara lain Maxell CR2016 biasa, Maxell CR2032, Maxell CR2032 biasa, Maxell LR1130, Maxell LR41, Maxell CR1620, Maxell CR2025, Maxell SR621SW, dan Maxell SR626SW. Berikut informasi terbaru kisaran harga baterai jam tangan merk Maxell di dalam negeri.

Harga Baterai Jam Tangan Maxell

Baterai jam tangan (sumber: globalindustryanalysis.com)

Baterai jam tangan (sumber: globalindustryanalysis.com)

Tipe Baterai MaxellHarga
Maxell CR2016Rp23.600 per strip
Maxell CR2032Rp33.000 per strip
Maxell LR1130Rp30.000 per strip
Maxell LR41Rp75.000 per strip
Maxell CR1620Rp95.000 per strip
Maxell CR2025Rp75.000 per strip
Maxell SR621SWRp40.000 per strip
Maxell SR626SWRp125.000 per strip

Harga baterai jam tangan merk Maxell di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko arloji dan situs jual beli online. Di pasaran sendiri, selain asli, juga beredar banyak baterai jam tangan Maxell KW atau palsu. Biasanya, imitasi ini dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau, mulai Rp2 ribuan per buah. Jadi, Anda harus lebih teliti sebelum membeli baterai jam tangan. 

Baca juga  Harga dan Cara Pemakaian Cat Rambut NYU Creme Hair Colour
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Baterai Jam Tangan Maxell Original (Semua Tipe)"