Info Terbaru Harga Bass Fender Original (Semua Tipe)

Selain gitar, salah satu pabrikan instrumen musik terkemuka, Fender, juga telah menghadirkan bass dalam berbagai model. Dengan bahan dan teknologi mumpuni, bass buatan perusahaan asal AS ini memang memiliki harga yang relatif mahal. Namun, bagi mereka yang mengedepankan kualitas audio yang prima, banderol yang ditawarkan mungkin tidak terlalu menjadi persoalan.

Ilustrasi: Beberapa Tipe Bass Fender (credit: blog.sweelee)
Ilustrasi: Beberapa Bass Fender (credit: blog.sweelee)

Bass, sering disebut bass elektrik atau bass saja, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan alat musik dawai yang memakai listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya memang mirip dengan gitar listrik, tetapi instrumen ini memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat (walau sekarang ada juga yang memakai lima atau enam senar).

Bacaan Lainnya

Dalam suatu permainan musik, bass sering dikatakan sebagai nyawanya lagu. Pasalnya, telinga manusia, konon memang menyukai suara berfrekuensi rendah dan punya ritme tetap, bahkan sejak belum lahir. Dilansir dari The Verge, seorang pakar kognitif dari Rutgers University menyatakan bahwa saat pendengaran janin berkembang dalam kandungan, suara-suara pertama yang terdengar adalah suara berfrekuensi rendah. Misalnya suara detak jantung ibu yang teratur atau frekuensi rendah dari getaran suara sang ibu saat berbicara.

Kecintaan kita terhadap suara dengan frekuensi rendah inilah yang akhirnya membuat manusia menciptakan dan menyukai struktur musik yang kaya akan suara bass. Selain itu, ternyata otak kita juga jauh lebih sensitif terhadap perubahan ritme yang muncul pada suara berfrekuensi rendah, ketimbang suara-suara harmonik atau melodi yang biasanya ada di struktur utama lagu. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak yang beranggapan bahwa lagu tanpa suara bass, akan terasa ‘kurang’ di telinga.

Mungkin untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, akhirnya tercipta instrumen musik berupa bass. Seperti gitar, perangkat ini juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan jumlah senar yang dipakai misalnya, bass ada yang mengusung empat senar, lima senar, enam senar, tujuh senar, delapan senar, sepuluh senar, hingga 12 senar.

Salah satu varian bass Fender (sumber: kytary.co.uk)
Salah satu varian bass Fender (sumber: kytary.co.uk)

Varian Bass Fender

Tidak sulit mendapatkan gitar bass karena sudah banyak merk yang memproduksinya, termasuk Fender. Brand asal AS ini punya sejumlah bass oke yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda kebetulan suka suara era-era masa lalu, pabrikan merilis Fender American Original 50s Precision. Dilengkapi dengan fitur yang mencirikan dekade tersebut, seperti profil neck dan kesan permainan dari periode tersebut, serta re-voiced pickup, model ini memiliki seluruh nada berkarakter punchy yang mentenarkan nama P Bass.

Neck berbentuk “Vintage C” memiliki fingerboard dengan radius 7,25 inch dan 20 fret bergaya vintage untuk memberikan kesan permainan yang klasik. Sementara, 4-saddle bridge bergaya vintage dengan threaded saddles dan tuning machines, juga bergaya lawas, memberikan estetika era original, performa yang solid, dan stabilitas tuning. Fitur lainnya adalah pickguard dari aluminium anodisasi, hardware krom, dan neck plate 4 sekrup.

Sedikit lebih muda, American Original 70s Jazz Bass buatan Fender memperbarui kesan permainan yang smooth dengan radius fingerboard yang modern, namun masih melestarikan nada dan gaya klasik Fender yang menjadikan produk ini sebagai alat pilihan para bassist yang kreatif. Seperti diketahui, pada era tahun 1970-an, jazz bass memasuki “masa remajanya”, mengubah gaya visual dan teknik permainan barunya, seperti slapping, yang mengarah pada bentuk jenis ekspresi kreatif dan baru.

Masih mengambil inspirasi di era yang sama, Fender Starcaster Bass adalah salah satu instrumen Fender paling langka yang pernah ada. Hanya sedikit prototipe model Starcaster Bass semi-hollow yang muncul selama pertengahan dekade tersebut, yang khas sebagai satu-satunya gitar bass semi-hollow dalam sejarah Fender, belum lagi dua pickup humbucking yang sangat besar.

Setelah beberapa dekade berstatus dongeng, Starcaster Bass yang lebih modern, menawarkan suara, bentuk, dan keindahan yang unggul, yang diklaim ideal untuk para bassist dengan bakat gaya Fender yang sangat tidak konvensional. Dengan bodi offset semi-hollow yang tipis dengan f hole bergaya, skala pendek (30 inch), pickup bass humbucking ganda, dan banyak lagi, Anda bisa mengatakan Starcaster Bass lebih baik daripada sebelumnya.

Varian Bass Fender - (www.olx.co.id)
Varian Bass Fender – (www.olx.co.id)

Harga Bass Fender

Tipe Bass Fender Harga
Fender Blacktop Jazz Bass Rp6.900.000
Fender Frank Bello Signature Electric Bass Rp9.000.000
Fender Standard Jazz Bass MN, Rp9.480.000
Fender Highway 1 Jazz Bass Rp9.500.000
Fender Kingman Acoustic Bass Guitar Rp9.550.000
Fender Coronado Bass Rp10.650.000
Fender Modern Player Jazz Bass Rp10.812.000
Fender Standard Jaguar Bass Guitar Rp11.000.000
Fender Standard Jazz Bass MN, BSB Rp12.228.000
Fender Blacktop Precision Bass Rp12.728.000
Fender Starcaster Bass Guitar, Maple FB, Black Rp13.048.000
Fender Deluxe Active Jazz Bass Rp13.700.000
Fender Deluxe Active Jazz Bass V BRSB Rp14.160.000
Fender Marcus Miller Jazz Bass Rp14.800.000
Fender Japan Aerodyne Jazz Bass Rp16.800.000
Fender American Standard Jazz Bass MN 3CLRSB Rp18.750.000
Fender American Precision Bass DLX ASH MN, NAT Rp23.360.000
Fender American Deluxe Jazz Bass Rp23.360.000
Fender American Deluxe Jazz Bass V String Olympic White Rp24.500.000
Fender Marcus Miller Jazz Bass V Rp26.500.000
Fender American Original 50s Precision Rp28.875.000
Fender Standard Jazz Bass V 5-String Rp29.800.000
Fender American Original 60s Precision Rp31.200.000
Fender American Original 60s Jazz Bass Rp34.250.000
Fender Reggie Hamilton Jazz Bass Rp37.500.000
Fender American Original 70s Jazz Bass Rp44.073.000

Harga gitar bass Fender di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan musik maupun situs online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga Fender Marcus Miller Jazz Bass misalnya, semula Rp13,9 juta dan sekarang naik menjadi Rp14,8 jutaan. Sebaliknya, harga Fender American Original 70s Jazz Bass turun dari Rp52,2 juta menjadi Rp44 jutaan.

(Panca)

Pos terkait