Harga Bass Akustik (Berbagai Merk dan Tipe)

No comment206 views

Layaknya , ternyata instrumen bass juga ada yang hadir dalam varian akustik. Umumnya berbentuk mirip , ini adalah tipe yang menghasilkan suara atau audio dari ruang resonansi sehingga menghasilkan suara akustik. Biasanya juga dapat dimainkan menggunakan energi listrik (bass akustik/), harga musik ini rata-rata berada di angka jutaan rupiah.

Ilustrasi: Bermain Acoustic Bass (credit: musicalinstrumentpro)

Ilustrasi: Bermain Acoustic Bass (credit: musicalinstrumentpro)

Secara singkat, bass adalah instrument berdawai yang menyerupai gitar. Perbedaan utamanya ada pada register nada yang dihasilkan. Bass adalah instrumen yang menghasilkan nada rendah (low pitch) dan umumnya hanya terdiri dari 4 senar, dengan penalaan G-D-A-E. Selain bass bersenar 4, ada pula bass yang memiliki 5 senar, bahkan 6 senar seperti gitar.

Dalam suatu rangkaian musik, bass memiliki banyak . Alat ini berguna sebagai pengisi pada suatu alunan musik dengan nada lebih rendah, bisa sebagai melodi sebuah lagu, pemberi ketukan atau tempo pada rangkaian lagu (fungsinya mirip dengan drum), hingga memperjelas pijakan chord. Bahkan, banyak yang bilang bahwa bass sebenarnya merupakan ‘nyawa’ dari sebuah rangkaian musik atau lagu itu sendiri.

Jenis Bass Berdasarkan Senar

  • Bass 4 senar, gitar bass dengan empat senar adalah yang paling umum dipakai oleh para pemain bass. Bahkan, gitar bass akustik dan kontra bass juga kebanyakan menggunakan empat senar untuk memainkannya. Bass empat adalah jenis bass yang paling standar dengan konfigurasi tuning open string E A D G (dari rendah ke tinggi).
  • Bass 5 senar, jenis gitar bass ini sebenarnya sama seperti bass standar 4 senar. Namun, terdapat tambahan senar B rendah di atas senar keempat (senar E). Konfigurasi tuning open string adalah B E A D G. Bass dengan 5 senar biasanya digunakan untuk menjangkau nada yang lebih rendah dari bass standar.
  • Bass 6 senar, sama seperti bass 5 senar, hanya saja terdapat tambahan senar C tinggi di bawah senar pertama (senar G). Konfigurasi tuning open string adalah B E A D G C. Bass dengan 6 senar biasanya digunakan untuk menjangkau nada yang lebih rendah dan lebih tinggi dari bass standar.
Ilustrasi: Memainkan Gitar Bass (credit: premierguitar)

Ilustrasi: Memainkan Gitar Bass (credit: premierguitar)

  • Bass 7 senar, dengan konfigurasi tuning open string B E A D G C F. Sama seperti bass 6 senar, hanya saja terdapat tambahan senar F tinggi di bawah senar G. Bass 7 senar fungsinya sama dengan bass 6 senar, namun dalam bass ini, nada tingginya dapat lebih tereksploitasi. Jenis gitar bass seperti ini biasanya diproduksi oleh Conklin, yang merupakan spesialis pembuat bass custom.
  • Bass 8 senar, mempunyai konfigurasi tuning sama dengan bass standar 4 senar, hanya saja pada tiap -tiap senarnya digandakan dengan senar yang nadanya satu oktaf lebih tinggi.
  • Bass 10 senar, mempunyai konfigurasi tuning sama dengan bass standar 5 senar, hanya saja pada tiap -tiap senarnya juga digandakan dengan senar yang nadanya satu oktaf lebih tinggi.
  • Bass 12 senar, memiliki konfigurasi tuning sama dengan bass standar 4 senar, tetapi pada tiap senar dirangkap 3, dengan 2 senar yang satu oktaf lebih tinggi atau 1 senar dengan oktaf tinggi + satu senar lagi dengan nada kelimanya (E dengan B, A dengan E, D dengan A, dan G dengan D). Termasuk bass langka, biasanya diproduksi oleh merk Hammer dan Warwick.

Selain itu, ada pula bass akustik, bass elektrik, bass fretless, dan kontra bass. Bass akustik, seperti disinggung di atas, adalah tipe yang menghasilkan suara atau audio dari ruang resonansi sehingga menghasilkan suara akustik. Sementara, bass elektrik merupakan model yang menghasilkan suara karena elemen elektrik. Supaya kita dapat mendengar bunyinya, dibutuhkan pengeras suara (amplifier) yang terkoneksi dengan listrik. Adapun bass fretless adalah tipe tanpa fret, sedangkan kontra bass adalah jenis dengan ukuran lebih besar dan biasanya juga tidak memiliki fret.

Jika Anda mencari bass elektrik, tidak sulit mendapatkan instrumen ini karena sudah banyak toko alat musik yang menjualnya. Demikian pula apabila Anda berburu bass akustik, walaupun kebanyakan merupakan model kombinasi akustik-elektrik. Sebagai informasi, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga bass akustik di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Gitar Bass Akustik (credit: basscave.net)

Ilustrasi: Gitar Bass Akustik (credit: basscave.net)

Harga Bass Akustik

Merk Bass AkustikHarga
Deviser L-MBS-50 Akustik Bass Rp1.430.000
Gillmore BGA-01EQDX Akustik Elektrik BassRp1.575.000
Gillmore BGA-02EQDX Akustik Elektrik BassRp1.575.000
Gillmore BGA-01EQ Deluxe Series Black Akustik Elektrik BassRp1.750.000
Gillmore BGA-02EQ CH Akustik BassRp1.900.000
Tanglewood TWR BE Roadster Traveler Akustik Elektrik BassRp2.640.000
Ibanez PCBE12 Grand Concert Akustik Elektrik BassRp2.800.000
Tanglewood DBT AB BW Akustik BassRp2.800.000
Cort AB-850F-NAT Akustik Elektrik BassRp3.200.000
Ibanez PNB14 Akustik BassRp3.799.000
Ibanez AEB8E-BK Akustik Elektrik BassRp4.000.000
Cort SJB5F Akustik BassRp4.400.000
Fender Kingman SCE Akustik Elektrik BassRp4.650.000
Ibanez AEB105E Akustik Elektrik BassRp4.840.000
Fender T-Bucket 3TS Flame V2 Akustik Elektrik BassRp4.850.000
Sigma BME+ SE Series Akustik Elektrik BassRp5.500.000
Cort SJB-6FX NAT Akustik BassRp5.950.000
Taylor GS Mini-E Akustik BassRp11.000.000
Godin A5 Bass Ultra Fretted RN SA Akustik ElektrikRp21.200.000
Godin A5 Bass Ultra Natural SG Fretless EN SA Akustik ElektrikRp23.664.000

Harga bass akustik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko instrumen musik dan situs online. Perlu diingat bahwa harga bass akustik tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga alat musik tersebut juga dapat berbeda-beda di masing-masing tempat.

Baca juga  Info Lengkap Harga Masker Rambut Sachet Berbagai Merek
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Bass Akustik (Berbagai Merk dan Tipe)"