Info Harga Barbel 10 Kg dalam Berbagai Merek

Salah satu peralatan olahraga yang umum di gym adalah barbel. Selain bisa menggunakannya di pusat kebugaran, Anda bisa membelinya untuk keperluan olahraga di rumah. Tak hanya ada barbel dengan berat 1 kg dan 5 kg, ada juga barbel ukuran 10 kg yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Laki-Laki Mengangkat Barbel (credit: menshealth/LORADO/GETTY IMAGES)
Ilustrasi: Laki-Laki Mengangkat Barbel (credit: menshealth/LORADO/GETTY IMAGES)

Varian Barbel

Barbel adalah salah satu peralatan yang digunakan untuk berbagai variasi dalam latihan angkat beban. Barbel berbentuk palang yang diberi piringan beban dengan berat sama pada kedua sisinya. Piringan beban terdiri dari berat 1 kg hingga 20 kg. Peralatan ini dapat digunakan baik untuk latihan di rumah maupun di pusat kebugaran (gym), dipakai apabila latihan angkat beban menggunakan dumbel dirasa kurang menantang.[1]

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Wikipedia, panjang barbel bervariasi, mulai dari 4 kaki (1,2 m) hingga di atas 8 kaki (2,4 m), meskipun terdapat tongkat atau batang besi yang lebih panjang dari 2,2 meter (7,2 ft) yang digunakan secara terbatas oleh para atlet angkat berat dan tidak lazim. Bagian tengah dari batang memiliki diameter bervariasi, mulai dari 25 millimeter (0,98 in) hingga 2 inci (51 mm) (contoh: Apollon’s Axle), dan biasanya diberi guratan berpola silang untuk meningkatkan daya genggam.

Baca juga  Update Harga Alat Bekam Komplet (Manual dan Elektrik)

Cakram beban (pelat) dimasukkan ke dalam bagian luar dari batang untuk menambah beban total yang diinginkan. Beban ini diamankan dan dimantapkan posisinya dengan cincin untuk mencegahnya terlepas ketika tengah berolahraga yang bisa mengakibatkan cedera, atau jatuhnya barbel dan melenting ke udara akibat beban yang tidak sama.

Awalnya barbel ternyata diciptakan untuk dijadikan sebuah alat rehabilitasi cedera. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman rupanya barbel diadaptasi jadi sebuah alat olahraga seperti yang kita kenal secara luas sekarang ini. Bahkan popularitas barbell dapat menyaingi saudaranya sendiri, yakni dumbbell dalam keikutsertaannya di olimpiade.

Menurut Gymfitnessindo, barbell kemudian secara masif diproduksi oleh seorang Jerman bernama Kasper Berg yang berniat menyuplai Olimpiade Jerman di tahun 1928 silam. Setelah olimpiade itu, konsep Kasper Berg akhirnya diadopsi oleh seorang pembuat barbel tradisional asal Amerika Serikat, yakni York Barbell. Kemudian barbel pun dipasarkan secara luas ke publik.

Sampai saat ini, barbel dipakai hampir di seluruh pusat kebugaran atau tempat gym untuk berbagai tujuan, mulai dari pembentukan otot, pembakaran lemak, atau olahraga profesional seperti angka besi dan angkat berat. Meski mungkin terkesan sebagai latihan yang agak membosankan, nyatanya barbel bagi sebagian orang dianggap sebagai latihan yang paling efisien karena bisa mengaktifkan otot dan sendi di seluruh tanpa membutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu, olahraga angkat beban (lifting) dengan menggunakan barbel dianggap cocok untuk Anda yang tergolong sibuk bekerja atau mempunyai kesibukan lainnya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Plastik Wrapping Makanan 

Jika Anda masih pemula, Anda bisa mulai memilih barbel dengan bobot yang ringan terlebih dahulu, mulai dari 1 kg, kemudian ditingkatkan ke 2 kg, 3 kg, 5 kg, dan seterusnya sesuai dengan kemampuan Anda. Nah, apabila sudah memasuki level mahir dan mulai terbiasa mengangkat beban agak berat, Anda bisa mencoba barbel berat 10 kg. Barbel ini biasanya terbuat dari material plastik, besi, atau semacamnya. Berikut harga barbel 10 kg di pasaran.

Barbel 10kg (sumber: lazada)
Barbel 10kg (sumber: lazada)

Harga Barbel 10 Kg

Merk Barbel 10 Kg Harga
Barbel Hercules 10 kg Rp55.440
Barbel Plastik Potence Dumbell 10 kg Rp90.000
Barbel Hi Qua 10 kg Rp100.000
Barbel Winstar 10 kg Rp110.000
Dumbbell Plastic Silver 10 kg Rp140.000
Barbel Kettler Rubberized Weight Plate 10 kg Rp431.500
Barbel Berwyn Hexagonal 10 kg Rp574.000
Barbel Dumbbell Iron Cast 10 kg Rp806.000

Informasi harga barbel 10 kg di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harganya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga barbel 10 kg saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, barbel Winstar 10 kg yang semula dijual dengan harga Rp105 ribu, naik menjadi Rp110 ribu. Sementara itu, Dumbbell Plastic silver 10 kg yang awalnya dibanderol Rp165 ribu, turun menjadi Rp140 ribu. Selain itu, harga barbel 10 kg yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo diskon atau penawaran pihak penjual.

Baca juga  Update Harga Derma Cote Penghilang Bekas Luka

Apabila Anda ingin berolahraga angkat beban di rumah dengan menggunakan barbel, Anda bisa mencari barbel seberat 10 kg di toko-toko sport atau toko olahraga terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda. Namun, jika kesulitan untuk menemukannya, Anda juga bisa membeli barbel 10 kg secara melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka di Indonesia.

[Update: Almas]

[1] Syafrizaldy. 2011. 225 Seputar Fitnes Tips Ala Syafrizaldy. Depok: Penebar Swadaya Group, hlm. 55.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.