Manfaat dan Harga Bantal Memory Foam (Semua Merk)

Bantal merupakan sebuah benda yang berfungsi sebagai alas kepala, alas duduk, dan sandaran punggung yang dijahit menyerupai karung dan diisi dengan beraneka bahan yang empuk.[1] Seiring perkembangan teknologi, produk bantal yang dijual di pasaran semakin beragam dan canggih. Nah, salah satu bantal yang diciptakan untuk mendukung kenyamanan penggunanya dengan teknologi tinggi adalah bantal memory foam yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Berbeda dengan bantal biasa, bantal memory foam merupakan bantal yang terbuat dari busa viscoelastic polyurethane yang padat. Proses bantal ini juga tidak bisa sembarangan seperti membuat bantal pada umumnya. Sebelum dijahit, busa harus disortir dan ditimbang terlebih dahulu. Setelah itu, busa harus dipadatkan dan dimasukkan ke kain khusus dengan tingkat elastisitas tinggi, sehingga tidak mudah robek.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Tidur yang Nyenyak (credit: fancysleep)
Ilustrasi: Tidur yang Nyenyak (credit: fancysleep)

Sebelum dijual secara massal, bahan yang dipakai untuk membuat bantal memory foam digunakan untuk membuat alas duduk astronot. Busa tersebut diklaim mampu mengurangi gaya gravitasi dengan baik, khususnya ketika pesawat lepas landas. Seiring berkembangnya ilmu teknologi dan kesehatan, bahan memory foam mulai digunakan untuk membuat bantal, kasur, dan guling.

Manfaat Bantal Memory Foam

  • Mampu memperbaiki kualitas tidur. Bantal yang terbuat dari busa viscoelastic polyurethane cenderung memiliki tekstur yang lembut dan tidak mudah berubah bentuk meskipun dilempar atau dihantam benda keras. Hal ini membuat bantal terbilang sangat nyaman dipakai, apalagi benda ini dapat menyesuaikan bentuknya dengan pergerakan kepala saat tidur. Selain itu, bantal memory foam diketahui mampu menyerap keringat dengan baik dan tidak mudah berjamur.
  • Mengurangi intensitas dengkuran. Ngorok atau mendengkur termasuk salah satu gangguan pernapasan saat tidur. Konon, dengan memakai bantal memory foam saat tidur, kebiasaan ini bisa dihilangkan. Karena, bantal tersebut bisa mengikuti bentuk posisi leher dan kepala supaya sesuai dengan struktur tubuh, sehingga pernapasan menjadi lancar dan Anda terhindar dari mendengkur.
  • Mengatasi nyeri punggung. Bantal memory foam termasuk salah satu alat terapi untuk mengatasi back pain setiap bangun tidur. Anda bisa memakainya sebagai pengganjal punggung saat tidur, karena produk ini mampu menopang bagian tubuh dan tulang belakang dengan baik, sehingga rasa nyeri pada punggung dapat hilang secara bertahap.
  • Mengurangi nyeri pada tulang leher dan tulang belakang. Bantal memory foam tidak hanya mampu mengurangi dengkuran, tetapi sekaligus mengurangi nyeri leher dan tulang belakang. Karena, material bantal mampu menopang posisi kepala, leher, hingga tulang belakang dengan baik.
  • Mengurangi kesemutan dan pusing. Tekstur bantal memory foam yang kenyal dan mampu mengikuti bentuk benda di atasnya, konon memiliki efek yang baik untuk mengurangi tekanan pada aliran darah kapiler tubuh (kepala dan leher). Hal ini yang membuat rasa kesemutan dan pusing berangsur menghilang.

Tak hanya memiliki banyak manfaat, bantal memory foam diklaim aman untuk Anda yang memiliki riwayat asma dan alergi. Material bantal memory foam yang padat memiliki sifat antidebu, antibakteri, dan antijamur. Seperti yang kita ketahui, debu, hamur, dan pada bantal adalah penyebab dari kambuhnya alergi dan asma. Hal ini juga yang menjadi alasan beberapa dokter merekomendasikan bantal memory foam untuk pasiennya yang mengidap asma.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan bantal memory foam, Anda bisa membelinya secara langsung di toko alat medis terdekat. Selain itu, Anda bisa membelinya secara online di situs e-commerce. Berikut adalah referensi harga bantal memory foam.

Ilustrasi: Harga Bantal Memory Foam (credit: bedsava.co.uk)

Harga Bantal Memory Foam

Merk Bantal Memory Foam Harga
Vablo Bantal Pinggang Memory Foam Rp129.000
Basic Pillow Crystal Memory Foam Rp150.000
Vablo Royalpillow Bantal Contour Memory Foam Rp177.000
Hyberlux Bantal Contour Memory Foam Rp197.000
Vablo Bantal Memory Foam Gratis Guling Rp295.000
Willow Pillopedic Classic Bantal Memory Foam Rp330.000
Willow Ergonomic Bantal Memory Foam Rp350.000
SNORO Contour Memory Foam Pillow Rp399.000
Hyper Gel Pillow Memory Foam Rp399.000
Orthopedic Pillow Bantal Memory Foam Rp500.000
Willow Pillopedic Bantal Memory Foam Rp799.900

Harga bantal memory foam di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga bantal memory foam tersebut tentu saja tidak terikat dan bias berubah sewaktu-waktu.

[1] Anggita, Dena & Dea Amelia Astuti. 2018. Tinjauan Material dan Bentuk Ragam Jenis Produk Bantal Leher di Jabodetabek. NARADA Jurnal Desain & Seni UMB, Vol. 5(3): 383-400.

Pos terkait