Harga Ban IRC Razzo 166 & IRC Razzo 221 Original

Di segmen ban roda dua, IRC telah menjadi salah satu merk yang sangat populer. Brand yang merupakan kolaborasi dan Indonesia ini, diproduksi oleh PT Gajah Tunggal, merupakan salah satu pilihan utama untuk mengganti ban, termasuk ban dalam di banyak tukang tambal ban. Ada banyak tipe ban yang disediakan IRC, salah satunya model Razzo yang cocok untuk bebek. Di pasaran sendiri, ban IRC yang original sekarang dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per buah.

Sedikit kilas balik ke belakang, PT Gajah Tunggal pertama kali didirikan pada tahun 1951 silam. Perusahaan berorientasi pada produksi dan distribusi ban luar dan ban dalam sepeda motor. Kemudian, pada tahun 1973, persetujuan bantuan teknis ditandatangani dengan Inoue Rubber Company (IRC) dari Jepang untuk memproduksi ban sepeda motor di Indonesia.

Ban IRC Razzo - buybicyclesfromchina.blogspot.com

Ban IRC Razzo - buybicyclesfromchina.blogspot.com

Sudah diproduksi sejak puluhan tahun silam, tidak mengherankan jika kemudian ban merk IRC telah dikenal luas oleh masyarakat Tanah Air. Yang unik, walau punya popularitas tinggi, ban IRC ternyata hanya diproduksi dan dijual untuk pasar Indonesia. Ini berbeda dengan ban GT Radial dan Zeneos, dari perusahaan yang sama, yang dikebut produksinya untuk pasar ekspor.

Menurut perusahaan, PT Gajah Tunggal memang tidak diperbolehkan menjual ban IRC ke pasar luar negeri, kecuali mendapatkan lisensi dari Jepang. Jadi, penjualan ke pasar mancanegara harus berdasarkan penunjukan IRC Jepang. Memang, produk sudah diekspor ke Filipina, namun jumlahnya tidak begitu banyak.

Pabrik IRC Indonesia yang berlokasi di Tangerang sendiri dapat memproduksi hingga 90 ribu ban per hari. Ban IRC yang dihadirkan pun bermacam-macam, ada yang untuk sepeda motor bebek, sepeda motor , hingga sepeda motor otomatis alias skuter . Nah, jika kebetulan kuda besi Anda adalah moped, salah satu tipe yang dapat dipilih adalah IRC Razzo.

Varian dan IRC Razzo

Jika Anda menelusuri situs resmi IRC Indonesia, Anda memang tidak bakal menemukan produk IRC Razzo, karena perusahaan mungkin sudah tidak memproduksi lagi model ini. Namun, Anda tidak perlu galau karena masih ada banyak toko ban maupun bengkel sepeda motor yang menawarkan ban IRC Razzo, yang terutama ditujukan untuk sepeda motor model moped alias bebek.

Di pasaran dalam negeri, setidaknya ada dua varian IRC Razzo yang dapat Anda pilih. Varian pertama adalah IRC Razzo 166 dengan ring berukuran 17 inch. Model ban yang dikatakan cocok untuk sepeda motor seperti model bebek maupun underbone ini punya spesifikasi bias (bukan radial), jenis tubeless, dan compound sedang. 

Beberapa motor yang dapat Anda pasangi ban IRC Razzo 166 adalah Supra X 125, Supra X Helm-in, Sonic 150, Revo X, Revo FIT, Blade CS1, dan Revo. Selain itu, juga cocok untuk Kawasaki Edge, Kawasaki ZX 130, Kawasaki Blitz R, Kawasaki Athlete, Kawasaki Kaze X, Kawasaki Kaze ZV, Suzuki Smash, Suzuki Shogun, Suzuki Arashi 150, Suzuki Satria FU, Yamaha Jupiter Z1, Yamaha Vega, Yamaha Jupiter MX 150, Yamaha Jupiter MX, Yamaha Jupiter Z, dan Yamaha Vega Force.

Untuk varian kedua adalah IRC Razzo 221. Sebenarnya, secara spesifikasi, model ini tidak banyak berbeda dengan varian IRC Razzo 166 karena sama-sama mengusung ring berdiameter 17 inch. Peruntukan ban IRC Razzo 221 pun pada segmen motor bebek atau motor bebek underbone seperti Suzuki Satria F150, Honda Sonic 150, hingga Kawasaki Athlete dan Yamaha Jupiter MX 150.

Menurut pihak IRC, model Razzo memiliki beberapa keunggulan, antara lain mampu menampilkan performa yang baik ketika berkendara di trek basah dan kering, performa yang baik untuk ketahanan, dan punya spesial kompon dan konstruksi. Ban ini sendiri diklaim mampu menahan beban hingga 375 pon, dengan maksimal ketahanan 250 PA.

Harga Ban IRC - republika.co.id

Harga Ban IRC - republika.co.id

Harga Ban IRC Razzo

Tipe Ban IRC RazzoHarga
IRC Razzo 166Rp375.000 – Rp455.000
IRC Razso 221Rp395.000 – Rp658.000

Harga ban IRC Razzo di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko ban sepeda motor dan situs jual beli online. Harga ban IRC Razzo tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi langsung toko ban atau bengkel sepeda motor terdekat di kota Anda.

Seperti diketahui, ban merupakan salah satu penting pada sebuah sepeda motor. Ban berfungsi sebagai pengendali arah kendaraan, sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpang, sebagai penerus tenaga dari mesin, dan sebagai peredam atau suspensi sepeda motor. Karena memiliki yang sangat penting bagi sepeda motor, maka sebaiknya pemilik rutin merawat ban kendaraan mereka.

Namun, jika sudah mengalami kerusakan, ban sepeda motor sebaiknya lekas diganti. Di pasaran sendiri, sudah beredar banyak jenis ban dengan berbagai merek. Selain IRC, ada pula brand FDR, Michelin, Swallow, Bridgestone, hingga Corsa. Namun, untuk memasang ban , sebaiknya sesuaikan ukuran ban dengan standar sepeda motor agar ban lebih awet dan tahan lama.

Sebagai contoh, jika ban motor asli Anda menggunakan ring 17, maka sebaiknya ganti ban dengan ukuran ring yang sama-sama 17 pula. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan merek dan jenis ban dengan kebutuhan serta budget Anda agar tidak terlalu memberatkan. Anda tak perlu memaksakan diri membeli ban yang harganya terlalu mahal jika Anda hanya menggunakan motor Anda untuk sekadar berkeliling dari rumah ke kantor atau ke kampus saja.

Baca juga  Info Lengkap Harga Helm Shoei Full Face Berbagai Seri
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Ban IRC Razzo 166 & IRC Razzo 221 Original"