Update Harga Balon Gas Helium (Huruf dan Angka) di Pasaran

Pada acara istimewa tertentu, misalnya pesta ulang tahun, peresmian proyek, dan perpisahan sekolah, pelepasan balon ke udara sering dilakukan. Balon tidak hanya menjadi mainan menarik bagi -anak. Orang dewasa pun kerap memerlukan balon saat ingin agar acara peresmian proyek tertentu berlangsung meriah. Selama ini banyak orang mengisi balon dengan helium, nitrogen, dan asetilen.

Belakangan ini, balon menjadi benda yang banyak diburu dan digunakan di berbagai acara. Apalagi dengan berbagai inovasi bahan dan bentuk membuat permintaan terhadap balon semakin meningkat. Peluang bisnis dari balon-balonan ini juga semakin menggembung, tak sekadar jual beli balon, juga bisa dilakukan dengan menyediakan jasa antar balon yang telah diisi gas helium.

Balon berbentuk huruf (sumber: dhgate.com)

Balon berbentuk huruf (sumber: dhgate.com)

Pelaku yang juga mencoba peruntungan dari bisnis jasa antar balon gas dan penyedia balon pesta adalah Adisty Fitrah Annisa yang menyediakan jasa di kawasan Bandung dan sekitarnya dengan nama Boundizz. Adisty baru tiga bulan menjalani bisnis ini, tetapi sudah bisa meraup omzet hingga belasan juta rupiah dalam satu bulan. Hal itu terjadi karena besarnya minat konsumen terhadap berbagai macam balon yang disediakannya.

Saat mengawali bisnis ini, dia membutuhkan modal awal sekitar Rp15 juta yang digunakan untuk menyediakan berbagai balon. Sementara idenya, dia dapatkan setelah melihat saudaranya yang menjual balon di Jakarta. Bisnis ini dianggap cukup menarik dan sekarang memang sedang menjadi tren di mana orang-orang menggunakan balon di berbagai perayaan atau acara.

Adisty menjual berbagai macam balon, di antaranya balon karet yang dijual Rp5.000 per 3 buah, balon foil yang dijual rata-rata Rp10.000 per buah, balon PVC Rp15.000, dan balon latex yang dijual Rp3.000 per buah. Dia juga menjual berbagai aksesori dan balon, seperti pompa dan pita. Selain itu, jasa antar balon gas juga diberikan untuk pemesanan minimal 20 buah dengan Rp9.000 per buah dan kirim sebesar Rp50.000. Harga balon ini relatif stabil dari tahun 2019 lalu.

Menurutnya, hampir setiap hari selalu ada yang pesan berbagai jenis balon untuk dikirim ke seluruh Indonesia. Untuk antar balon gas biasanya ramai pada awal bulan atau ada wisuda di . Khusus untuk balon gas, dia mengaku terkendala oleh sulitnya mendapatkan penyedia gas helium dan kurir yang bisa diajak bekerja sama. Padahal pesanannya cenderung terus meningkat.

Selama ini, Boundizz menyasar pasar yang mayoritas merupakan remaja, pelajar dan mahasiswa, serta ibu yang memiliki anak kecil. Untuk itu, dia menggaet pasar melalui media sosial melalui akun Instagram @Boundizz. Dia rajin beriklan melalui akun-akun promosi Instagram, serta melakukan endorsing kepada beberapa pemilik akun yang memiliki banyak pengikut dan memiliki pengaruh.

Selain itu, dia juga memberikan paket hemat dengan harga khusus untuk setiap pembelian dalam jumlah banyak. Misalnya balon seharga Rp3.000 hanya dijual Rp20.000 untuk pembelian 10 balon. Boundizz juga membuka peluang usaha bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller balon. Dengan modal sebesar Rp600.000 atau dengan membeli minimal 100 balon foil, maka akan mendapatkan harga khusus reseller.

Reseller juga harus punya akses internet dan media sosial sebagai media pemasaran dan promosi, karena pasar utamanya ada di media sosial. Karena bisnis yang cukup prospektif, Adisty sadar para pesaing akan mulai bermunculan. Agar tetap memiliki pasar, dia selalu berusaha untuk memberikan harga jual yang kompetitif, dan mengupayakan untuk menambah model balon tiap bulannya.

Berbeda dengan balon yang diisi dengan udara biasa atau oksigen, kelebihan menggunakan balon yang diisi dengan gas helium adalah memungkinkan balon untuk dapat mengapung di udara. Hal ini terjadi karena gas helium yang bersifat lebih ringan dari oksigen. Tapi apakah menggunakan gas helium untuk mengisi balon dapat berbahaya?

Tabung gas helium untuk mengisi balon (sumber: toys.com.my)

helium untuk mengisi balon (sumber: toys.com.my)

Penggunaan gas helium relatif aman karena sifatnya yang tidak mudah terbakar. Berbeda dengan gas hidrogen yang meskipun ringan namun mudah terbakar. Untuk itu, dalam menggunakan balon gas, Anda perlu memastikan kandungan gas yang berada di dalamnya, helium atau hidrogen. Selain tidak mudah terbakar, gas helium juga memiliki sifat tidak beracun, sehingga aman untuk digunakan di lingkungan anak-anak.

Dalam meniup atau memompa balon gas biasanya menggunakan tabung gas helium yang dapat dibeli di toko alat-alat perlengkapan pesta konvensional maupun online. Dilansir dari my24hours.net, berikut cara meniup balon helium yang benar dan aman.

Cara Meniup Balon Helium

  • Miliki alat pengisian (corong katup/nozzle/inflator) yang tepat untuk jenis balon yang sedang Anda tiup atau pompa.
  • Pastikan tabung gas dalam posisi tegak lurus, katupnya mudah dijangkau dan aman.
  • Lepaskan segel yang menutupi katup pada tabung.
  • Isilah balon dengan gas yang cukup untuk mencapai ukuran yang benar.
  • Kecilkan pengeluaran gas saat menghubungkan atau mengeluarkan alat pengisian, atau saat memompa balon. Contoh inflator atau nozzle untuk balon gas.
  • Dengarkan dan pastikan apakah ada kebocoran gas. Jika ada kebocoran, matikan katup, buang kelebihan gas dalam alat pengisian (inflator) dan periksa apakah Anda telah memasang alat tersebut dengan benar. Coba kembali dan, jika masalah berlanjut, tutup katupnya dan hubungi penjual tabung gas helium tersebut.
  • Untuk balon lateks/karet, pegang leher (mulut) balon dengan kuat setelah dimasukkan ke dalam nozzle, dengan lembut tekan nozzle ke bawah untuk melepaskan gas dan mengembang balon ke ukuran yang diinginkan. Pastikan Anda mengembangkan balon sampai bulat saja, jangan sampai berbentuk pir. Cara ini juga dapat digunakan untuk balon lateks yang berkatup.
  • Untuk meniup balon foil, pegang leher balon di atas nozel dan tekan ke dalam, lepaskan saat balon itu membesar ke ukuran yang benar. Jika menggunakan alat pengisian dengan pemutusan otomatis, gas secara otomatis akan berhenti saat balon digelembungkan ke ukuran yang benar.
  • Lepas balon dari alat pengisi. Balon lateks harus diikat atau dijepit kemudian pasangkan pita pada leher (mulut) balon sebagai hiasan. Untuk balon foil, biasanya dilengkapi dengan katup yang tertutup secara otomatis, oleh karena itu cukup pasang pita panjang yang diinginkan sebagai hiasan.
  • Matikan katup tabung gas. Lepas alat pengisian (nozzle) dari tabung gas dan simpan tabung dengan aman.

Harga Balon Helium

Seperti yang dijelaskan di atas, harga balon helium cukup beragam. Balon helium berbentuk huruf dan angka biasa dijual di kisaran Rp2 ribu hingga Rp5 ribu per biji. Sementara untuk ukuran yang lebih besar seperti balon untuk perayaan wisuda berkisar antara Rp15 ribu dan Rp30 ribuan. Harga balon helium tak banyak berubah dari tahun lalu. Anda bisa langsung mengunjungi toko perlengkapan pesta baik online atau offline untuk mengetahui harga yang lebih pasti.

Balon Berbentuk Angka - www.balonsakura.com

Balon Berbentuk Angka - www.balonsakura.com

[Dian]

Baca juga  Fasilitas dan Update Tarif Queen of The South Resort di Yogyakarta
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Balon Gas Helium (Huruf dan Angka) di Pasaran"