Info Harga Sepeda Balance Bike Terbaru di Pasaran

Sepeda menjadi salah satu sarana murah meriah yang dapat dilakukan kapan saja. Beberapa kalangan menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup terkini. Tak hanya orang tua, anak-anak juga gemar bersepeda. Nah, sepeda khusus anak yang saat ini sedang populer adalah balance bike. Sepeda keseimbangan ini dapat ditemui di pasaran dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit.

Sepeda balance bike (sumber: channelist.tv)
Sepeda balance bike (sumber: channelist.tv)

Budaya bersepeda semakin berkembang di Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah klub sepeda seperti bike to work, bike to campus, hingga mountain bike club. Bahkan, pemerintah juga menyediakan sarana khusus jalur sepeda di sejumlah kota. Jalur sepeda dapat membuat anak-anak usia sekolah menikmati bersepeda dengan aman dan nyaman.[1]

Bacaan Lainnya

Mengulas soal bentuk sepeda, banyak jenis dan bentuknya, mulai dari sepeda gunung (mountain bike), rolate, sepeda keseimbangan (balance bike), dan sepeda lainnya. Saat ini, model sepeda balance bike sedang menjadi tren di kalangan anak-anak. Mulai dari usia balita, anak dapat dilatih untuk mengendarai sepeda tanpa pedal yang bermanfaat melatih keseimbangan anak dalam bersepeda.

Balance bike diklaim lebih baik dari sepeda roda tiga untuk anak khusus usia 2-5 tahun. Awalnya, anak Anda akan berusaha mencari cara menggerakkan sepeda ini, dari berjalan tertatih, setengah berlari, hingga dapat berlari menggunakan sepeda dengan mencari titik keseimbangannya. Hal tersebut yang tidak didapatkan anak saat memakai sepeda roda tiga. Anak dapat belajar secara mandiri tanpa orang tua harus memegang bagian belakang sepeda pada umumnya. Sejumlah tahapan yang akan dipelajari anak saat mengendarai balance bike sebagai berikut.

Tahapan Anak Belajar Balance Bike

  • Berdiri dan berjalan.
  • Duduk dan berjalan.
  • Duduk, lari, dan seimbang.
  • Duduk, lari, dan meluncur.

Tak perlu waktu lama untuk belajar bersepeda dengan balance bike. Anda cukup menyediakan waktu, tempat yang aman, dan dukungan positif bagi si kecil. Tak perlu banyak instruksi, sebab anak memiliki insting tersendiri selama mengendarai balance bike. Selain mempelajari keseimbangan, bersepeda menggunakan balance bike memiliki manfaat yang luar biasa bagi anak Anda. Secara tidak langsung, saat bersepeda dengan balance bike anak Anda akan terlatih sensorik dan motoriknya. Dalam satu sesi permainan dengan balance bike, anak Anda akan mendapatkan deretan manfaat sebagai berikut.

Manfaat Balance Bike untuk Anak

  • Melatih keseimbangan.
  • Melatih anak mengatur gerak dan koordinasi tubuh secara cepat.
  • Membangkitkan rasa percaya diri.
  • Mengajarkan anak mengendalikan rasa takut.
  • Melatih fokus.
  • Merangsang kemampuan pendengaran anak.
  • Melatih kemampuan otot-otot besar.
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Harga Sepeda Balance Bike

Anak memakai balance bike (sumber: bukalapak)
Balance Bike Harga (Rp)
Balance Bike AVIATOR AT 7901 250.000
Genio Balance Bike 500.000
Genio Dash Balance Bike Push Bike by United 500.000
Balance Bike 5RIDER 1.0 Eva Tire Biru 574.000
Balance Bike 5rider 1.0 Eva Tire Grey 574.000
Balance Bike 5rider 1.0 Eva Tire Merah 650.000
Push Bike Balance Bike Srider Air 3.0 650.000
Ranato Balance Bike 750.000
Balance Bike 5rider 1.0 Eva Tire Pink 779.000
Balance Bike Push Bike Alloy 1.000.000
Maynine Balance Bike 1.191.000
Digi Bike Kids 2-in-1 Tricycle 1.899.000
Sepeda Balance Kick Bike London Taxi 1.272.800
Limo Balance Bike Balancing Bicycle Kid Original Merah 2.280.000
Polygon Sepeda anak Flint 12 Balance Bike 2.124.864
Bike 8 Children Racing Balance Bike 3.900.000

Harga sepeda balance bike di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet, termasuk situs jual beli online. Harga sepeda balance bike tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga sepeda balance bike tahun ini ada yang naik dan turun.

Sebagai contoh, Genio Dash Balance Bike Push Bike by United yang tahun 2020dibanderol Rp399 ribu, naik menjadi Rp500 ribu pada 2021 dan 2022. Sementara itu, Balance Bike 5RIDER 1.0 Eva Tire biru yang semula dijual dengan harga Rp581 ribu, turun menjadi Rp499 ribu pada 2021, namun naik jadi Rp574 ribu pada 2022.

[Update: Dian]

[1]Malahayati& Hendry E. Ramadhan. 2010. 99 Peluang Bisnis Buat Anak Muda. Jakarta: Penebar Plus+, hlm. 333.

Pos terkait