Update Harga Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus bersama tepung lalu dipanggang. Nah, saat menyebut nama bakpia, sudah pasti Anda akan teringat Yogyakarta. Bukan rahasia lagi jika bakpia menjadi kuliner khas Jogja yang dijual dengan terjangkau, dan salah satu bakpia unik yang dikukus dengan banyak varian rasa adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Bakpia Kukus Tugu Jogja (credit: Tempo)
Bakpia Kukus Tugu Jogja (credit: Tempo)

Bakpia berasal dari Tiongkok, Tou Luk Pia, yang berarti kue pia kacang hijau. Referensi lainnya menyebutkan bakpia berasal dari kata Bak dan Pia. Bak artinya daging babi dan pia adalah kue yang terbuat dari tepung, sehingga banyak yang mengenalnya sebagai kue tepung berisi daging babi. Di Yogyakarta sendiri, mayoritas penduduknya Muslim yang mengharamkan daging babi, sehingga isinya digantikan kacang hijau.

Bacaan Lainnya

Pencetus ide bakpia kacang hijau adalah Kwik Son Kwok. Berkat Kwik Son Kwok, bakpia berpadu dengan kultur Jawa. Sekitar tahun 1948, Kwik Son Kwok menjajakan bakpia buatannya ke kampung-kampung di Yogyakarta. Semula, bakpia yang dijual dikemas dalam besek bukan kardus seperti saat ini. Seiring perkembangan waktu, banyak orang yang menjual bakpia yang dikemas dalam kardus dan dilengkapi label yang menarik.

Baca juga  Info Update Harga Menu Sushi Hiro

Industri bakpia kampung akhirnya berkembang pesat di Jogja dan menjadi ikon dan oleh-oleh khas hingga kini.[1] Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta. Isian kue yang memiliki rasa legit ini begitu variatif. Selain menyajikan rasa kacang hijau, kini bakpia juga disuguhkan dengan isi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. Dalam kondisi normal, ketahanan bakpia bisa sampai satu bulan tanpa bahan pengawet dan penyimpanan dalam suhu ruang yang baik.[2]

Bakpia Kukus Tugu Jogja (sumber: Kompas.com)
Bakpia Kukus Tugu Jogja (sumber: Kompas.com)

Review Bakpia Kukus Tugu Jogja

Selain bakpia pathuk, Anda dapat menikmati lezatnya bakpia kukus dari Tugu Jogja. Pemilik bakpia kukus Tugu Jogja adalah Anggara Jati. Bakpia Kukus Tugu Jogja mulai diproduksi tahun 2017, sekaligus menjadi bakpia kukus pertama di Jogja yang memadukan konsep bakpia tradisional dengan modern. Bentuk bakpia kukus bulat sangat identik dengan blangkon yang juga bulat.

Setiap proses pembuatan hingga pengemasan produk Bakpia Kukus Tugu Jogja diklaim sudah higienis dan tidak tersentuh oleh tangan karena sudah menggunakan mesin yang canggih. Lalu, tahan berapa lama bakpia kukus Tugu Jogja? Setidaknya, bakpia ini akan awet selama tujuh hari pada suhu ruangan. Namun, jika Anda simpan di dalam kulkas, maka diklaim dapat bertahan lebih lama hingga 14 hari.

Baca juga  Update Harga Sandal Fipper Wanita (Semua Model)

Memiliki tekstur yang lembut, bakpia kukus Tugu Jogja dilengkapi dengan isian yang meleleh di mulut sebagai element of surprise. Tak hanya kacang hijau, isiannya juga terbuat dari cokelat, brownies keju, dan keju dengan kualitas premium. Masing-masing produk juga dibungkus secara terpisah sehingga bakpia tetap higienis dan kualitasnya terjaga.

Harga Bakpia Tugu Jogja (credit: omiyago)
Bakpia Tugu Jogja (credit: omiyago)

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Varian Bakpia Kukus Tugu Jogja
Bakpia Kukus Tugu Jogja Original Cokelat Rp38.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Original Stroberi Rp41.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Premium Brownies Keju Rp41.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Premium Brownies Cokelat Rp41.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Original Kacang Hijau Rp41.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Original Keju Rp41.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Pandan Coklat Rp41.000
Bakpia Kukus Tugu Jogja Klepon Rp41.000

di atas kami rangkum dari website resmi Bakpia Kukus Tugu Jogja. Harga tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Bakpia Kukus Tugu Jogja tahun 20 hingga 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Bakpia Kukus Tugu Jogja Original Keju yang dijual dengan Rp35 ribu tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp36 ribu, naik lagi menjadi Rp41 ribu tahun 2022.

Baca juga  Update Harga Frame Sepeda MTB (Hardtail dan Full Suspension)

Anda dapat membeli produk bakpia kukus Tugu Jogja di store dan booth resminya yang buka mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Jika Anda tidak sedang di Jogja, tak perlu khawatir sebab dapat memesan produk secara online melalui sejumlah marketplace atau lewat jasa titip. bakpia kukus Tugu Jogja yang ditawarkan tentu akan berbeda, ditaksir mulai Rp38 ribu hingga Rp40 ribuan isi 10 pcs tahun 2021, naik menjadi Rp40 ribu hingga Rp45 ribu tahun 2022.

Ilustrasi: Satu Box Bakpia Kukus Tugu Jogja (credit: bakpiakukustugu)
Ilustrasi: Satu Box Bakpia Kukus Tugu Jogja (credit: bakpiakukustugu)

Outlet Bakpia Kukus Tugu Jogja

Store Kaliurang
Jl. Kaliurang KM 5.5 No 10A Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta

Store Raya Solo
Jl. Solo Km 9 No. 3 Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Store Bandara Adisutjipto
Main Lobby Terminal A

Store Stasiun Tugu
Jl. Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta

Store Stasiun Lempuyangan
Stasiun Lempuyang, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta

Booth Mall
Malioboro Mall, LG Floor

[Update: Almas]

[1] Gardjito, Murdijati. 2017. Kuliner Yogyakarta Q Pantas Dikenang Sepanjang Masa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 494.

[2] Ihsan, Adib. 2010. Usaha Camilan Modal <1 Juta Balik Modal 1 Bulan. Yogyakarta: Pustaka Grhatama, hlm. 125.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *