Update Harga Baju Bayi 1 Lusin di Pasaran

Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan ketika ingin memiliki momongan. Persiapan tidak hanya soal mental, tetapi juga materi terkait dengan kebutuhan bayi. Nah, salah satu jenis kebutuhan bayi yang sangat penting adalah baju bayi. Di pasaran sendiri, baju bayi tidak hanya dijual per potong, tetapi juga 1 lusin dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: pakaian bayi (sumber: themotherhuddle.com)
Ilustrasi: pakaian bayi (sumber: themotherhuddle.com)

Membeli baju bayi tentunya tidak semudah ketika Anda membeli baju untuk diri sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari bahan hingga ukuran. Baju bayi yang tidak sesuai dengan bahan atau ukuran, dapat membuat buah hati Anda tidak nyaman dan mudah rewel. Berikut kami sampaikan tips memilih baju bayi di pasaran.

Bacaan Lainnya

Tips Memilih Baju Bayi

  • Perhatikan ukuran baju. Tips pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin membeli baju bayi yang sesuai, Anda perlu memperhatikan ukuran baju dan ukuran tubuh bayi. Perlu Anda ketahui pula, ukuran bayi baru lahir dan bayi di atas 1 bulan sangat berbeda. Tubuh bayi yang cepat tumbuh terkadang juga membuat orang tua kewalahan ketika ingin membeli baju. Sesuaikan ukuran baju bayi dengan tubuh bayi dengan memperhatikan umur bayi Anda. Setiap ukuran baju memiliki ukuran berbeda, tergantung umur bayi.
  • Memperhatikan jenis baju. Baju bayi memiliki 3 jenis, dibedakan dari ukuran lengan dan jenis gender. Jika daerah Anda memiliki suhu panas dan membuat bayi mudah berkeringat, akan lebih baik jika Anda membeli pakaian tak berlengan atau berlengan pendek dengan memperhatikan gender bayi Anda, apakah laki-laki atau perempuan.
  • Memperhatikan bahan baju. Perhatikan juga bahan yang digunakan dalam pembuatan baju bayi. Sebaiknya, pilih baju yang terbuat dari bahan katun yang dan lembut. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat dengan cepat, sehingga kulit bayi tidak mudah iritasi karena lembap. 
  • Hindari bahan yang dapat membuat kulit mudah iritasi, seperti nilon dan satin. Kedua bahan tersebut tidak cocok digunakan untuk membuat pakaian untuk bayi, apalagi bayi yang baru lahir. Bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik, selain tidak memiliki kemampuan untuk meredam hawa panas. Ini dapat membuat bayi lebih sering rewel nantinya.
  • Perhatikan motif baju. Motif pada baju bayi juga penting untuk membuat penampilan buah hati Anda terlihat lebih lucu. Ada berbagai jenis motif yang dapat membuat penampilan bayi Anda lebih menggemaskan, seperti motif hewan, tumbuhan, mobil-mobilan, boneka, dan masih banyak lagi. 
  • Perhatikan kualitas baju. Bagi Anda yang baru saja memiliki momongan, sebaiknya memperhatikan kualitas jahitan baju. Bayi yang baru lahir memang tidak banyak bergerak, tetapi jahitan yang kurang erat juga dapat membuat sandang mudah rusak. Sehingga, bayi tidak bisa memakai baju tersebut dalam jangka lama. Selain itu, baju dengan jahitan kurang baik, akan mudah rusak atau robek jika dicuci memakai mesin.
Baca juga  Update Harga Topi Lacoste untuk Pria dan Tips Memilihnya

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan harga baju yang Anda beli. Pada saat ini, akan lebih hemat jika Anda membeli baju bayi 1 lusin daripada membeli eceran. Kebanyakan baju bayi per potongnya dijual mulai Rp28 ribuan, naik dari tahun lalu yang dibanderol Rp19 ribu, sedangkan untuk 1 lusinnya bisa dibanderol mulai Rp67 ribuan. Anda bisa menghemat hingga Rp269 ribu per pembelian selusin atau Rp22 ribuan per pcs.

Di pasaran, ada juga beberapa yang menjual baju bayi 1 set yang terdiri dari baju atasan, bawahan, tangan, dan sepatu. Biasanya, baju jenis ini harganya lebih mahal, untuk satuannya bisa dijual mulai Rp59 ribuan, sedangkan per lusinnya bisa mencapai harga Rp704 ribu. Bagi Anda yang ingin tahu harga baju bayi di pasaran beserta jenis dan spesifikasinya, berikut kami sampaikan rinciannya.

Ilustrasi: Belanja Baju Bayi (credit: parenthoodbliss)
Ilustrasi: Belanja Baju Bayi (credit: parenthoodbliss)

Harga Baju Bayi 1 Lusin

Varian Baju Bayi Deskripsi Harga
Baju Kutung Newborn  Baju tanpa lengan untuk bayi baru lahir hingga umur 2 bulan, bahan katun khusus yang lembut dan mudah menyerap keringat, motif Rp55.500
Baju Lengan Pendek Newborn  Baju lengan pendek ukuran 3/4, untuk bayi baru lahir, bahan katun, motif polos Rp65.000
Baju Kutung 3-6 bln  Baju tanpa lengan untuk bayi baru lahir hingga umur 3-6 bulan, bahan katun khusus yang lembut dan mudah menyerap keringat, motif payung Rp79.000
Baju Lengan Panjang Newborn  Baju lengan panjang tanpa sekat untuk bayi baru lahir, bahan katun adem, motif payung Rp85.000
Baju Lengan Pendek 3-6 bln  Baju lengan pendek bisa di atas siku, untuk bayi umur 3-6 bulan, motif beruang Rp87.000
Baju Kutung S-M-L Baju tanpa lengan untuk bayi umur 6 bulan ke atas, ukuran S, M, L Rp100.900
Baju Lengan Panjang 3-6 bln  Baju lengan panjang tanpa sekat untuk bayi baru lahir, bahan katun adem, motif beruang Rp140.000
Baju Lengan Panjang S-M-L Baju lengan panjang bersekat di bagian pergelangan tangan untuk bayi umur 6 bulan ke atas, ukuran S, M, L Rp238.000
Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Cuka Beras Berbagai Merk

Harga baju bayi 1 lusin di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga baju bayi 1 lusin tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga baju bayi 1 lusin tahun 2022 ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, baju lengan pendek 3-6 bln yang awalnya dijual dengan harga Rp75 ribu, naik menjadi Rp81 ribu, kemudian sekarang jadi Rp87 ribu. Sementara itu, baju kutung 3-6 bln yang awalnya dibanderol Rp146 ribu, turun menjadi Rp79 ribu.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *