Info Terkini Harga Ayam Ketawa (Anakan, Jantan, Betina)

Pernah mendengar bunyi kokok ayam yang terdengar mirip dengan orang tertawa? Anda sedang tidak berhalusinasi, karena unggas demikian memang ada. Diberi nama ayam ketawa, ini memang dapat mengeluarkan bunyi kokok yang menyerupai bunyi tertawa manusia. Termasuk dalam kategori unggas yang dilindungi karena tergolong langka dan hampir punah, harga ayam ketawa ini bisa dikatakan jauh lebih mahal dibandingkan ayam jago pada umumnya.

Ayam ketawa (sumber: harapanrakyat.com)
Ayam ketawa (sumber: harapanrakyat.com)

Seperti diketahui, unggas merupakan hewan yang paling banyak dibudidayakan Indonesia. Pasalnya, ternak unggas sangat besar manfaatnya terhadap kepentingan umat manusia, terutama sebagai sumber pangan hewani (daging dan telur). Selain itu, ternak sangat penting peranannya sebagai sumber pendapatan, tabungan hidup (bio investasi), tenaga kerja, transportasi, produsen pupuk organik, dan sebagai hewan kesayangan.[1][2]

Bacaan Lainnya

Nah, dari sekian banyak jenis unggas, ayam lokal tetap menjadi favorit banyak orang untuk dipelihara. Pasalnya, selain populer sebagai penghasil daging dan telur, ayam lokal juga dapat dimanfaatkan sebagai ayam hias, ayang petarung, hingga ayam penyanyi.[3] Ayam lokal dengan suara kokok merdu tentu lebih potensial sebagai ayam penyanyi, termasuk ayam kokok Balenggek, ayam pelung, ayam bekisar, dan tentu saja ayam ketawa.

Ciri Ayam Ketawa

Khusus nama yang disebutkan terakhir, ini adalah yam asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sidrap di Sulawesi Selatan. Ayam ini dinamakan demikian karena memiliki suara kokok yang mirip tertawa manusia. Awalnya dipelihara dan hanya berkembang biak di lingkungan bangsawan Bugis sebagai simbol status sosial yang mendeskripsikan tentang keteguhan, kesuksesan, dan keberanian, ayam ini kemudian dimiliki banyak orang, salah satunya karena dipercaya dapat mendatangkan hoki.

Secara umum, perawakan ayam ketawa jantan sangat mirip dengan ayam (Gallus domestica) pada umumnya, bahkan biasa disebut gabungan ayam pelung dan ayam bangkok. Tubuhnya cukup besar, dengan berat bisa mencapai 4 sampai 6 kg ketika dewasa. Ayam ini memiliki bulu yang mirip dengan ayam kampung serta jengger di bagian belakang yang menempel dengan tempurung kelapa.

Yang membedakan ayam ketawa dengan ayam kampung lainnya adalah pita suaranya. Unggas ini memiliki bentuk pita suara yang ternyata terputus, tidak seperti pita suara ayam lainnya yang besar dan menyambung. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian ini jenis ini akan mengeluarkan suara terputus-putus ketika berkokok, dan akhirnya terdengar mirip suara manusia tertawa.

Jenis Ayam Ketawa

  • Ayam ketawa Bakka, merupakan salah satu jenis ayam ketawa yang memiliki warna bulu dasar putih yang dihiasi dengan warna oranye dan merah, serta memiliki kaki yang berwarna hitam atau putih. Konon, warna putih pada kaki ayam ini dapat mengembangkan harta pemiliknya.
  • Ayam ketawa Lappung, memiliki bulu dengan dasaran warna hitam dengan merah hati dan memiliki mata yang berwarna putih, yang dipercaya suku Bugis dapat menampung harta.
  • Ayam ketawa Ceppaga, memiliki warna dasar hitam dengan putih dan memiliki kaki yang berwarna hitam. Arti dari ayam ini adalah adanya sebagian harta.
  • Ayam ketawa Koro, merupakan jenis ayam ketawa yang memiliki warna dasar hitam dengan perpaduan hijau dan putih serta kuning yang mengilap. Warna bulu ayam ini sering diartikan menunjukkan adanya sesuatu harta.
  • Ayam ketawa Ijo Buata, adalah jenis yang punya bulu dengan perpaduan antara warna hijau dengan merah dan memiliki kaki yang berwarna kuning, yang konon diartikan sebagai harta yang abadi.
  • Ayam ketawa Bori Tase, punya warna yang lebih mencolok jika dibandingkan dengan jenis lainnya, dengan kombinasi warna merah yang dihiasi bintik-bintik berwarna kuning keemasan.
Ayam ketawa (sumber: duniabinatang.net)
Ayam ketawa (sumber: duniabinatang.net)

Tips Beternak Ayam Ketawa

Apabila Anda berminat memelihara ayam ketawa, ternyata budidaya unggas ini relatif mudah. Perlakuan ayam bisa dikatakan hampir sama seperti ketika memelihara ayam kampung biasa, termasuk pakan. Yang lebih menarik, ketika dewasa, harga jual ayam ketawa bisa melonjak tinggi lantaran produksinya memang belum mencukupi permintaan.

Dikutip dari Pak Tani Digital, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah kandang. Kandang ayam tidak berbeda jauh dengan ayam kampung kebanyakan, dapat dibuat dari bahan bambu, kayu, atau besi. Terlepas dari material yang digunakan, yang perlu diperhatikan, kandang harus memiliki ventilasi udara yang baik, serta cahaya matahari dapat masuk ke dalam kandang.

Anda pun bisa menggunakan kandang sistem baterai, terutama untuk ayam ketawa betina yang hendak bertelur. Kandang dapat dibuat dengan prinsip lantai kandang berbentuk miring sehingga saat ayam ketawa betina bertelur, maka telurnya akan menggelinding. Perlu diingat, Anda harus memasang ban atau busa di ujung penahan telur, yang berfungsi sebagai penahan saat telur menggelinding sehingga tidak jatuh dan benturannya tidak keras sehingga telur aman dan tidak pecah.

Setelah kandang siap, pemeliharaan dapat dilakukan mulai ayam berumur satu hari (day old chicken atau DOC) hingga ayam dewasa dan dapat berkokok bagi ayam jantan atau bertelur bagi ayam betina. Pada ayam umur satu hari (DOC), perlu dibuatkan pemanas buatan (brooder) berupa lampu atau pemanas buatan agar anak ayam tidak kedinginan. Berikan pakan berupa konsentrat berbentuk mash, atau bisa juga campuran dedak, bekatul, dan jagung giling.

Sementara, untuk ayam yang sudah dewasa, pakan ayam ketawa dapat berupa limbah penggilingan pertanian, butiran, maupun tepung, contohnya adalah dedak, bekatul, jagung, tepung ikan, dan lain sebagainya. Yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan yakni imbangan kebutuhan energi dan protein pada ayam.

Selain pakan, nutrisi yang penting pada ayam adalah vitamin. Vitamin dapat Anda berikan dalam air minum ayam. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan performa ayam, meningkatkan nafsu makan, serta mencegah ayam dari penyakit tertentu. Pemberian vitamin dapat dilakukan sekali tiga hari, setelah itu diberi air biasa.

Kebersihan kandang dan lingkungan pun harus dijaga. Hal ini sangat penting sebagai upaya pencegahan penyakit dan tersebarnya virus karena awal masuknya penyakit ke tubuh ayam adalah melalui udara yang kotor akibat kandang dan lingkungan yang juga kotor. Ganti juga air di dalam wadah minum setiap dua hari sekali atau bisa diganti setiap hari. Minimal satu minggu sekali, mandikan ayam supaya bulunya bersih dari yang menempel.

Karena tujuan utama memelihara ayam ketawa adalah nyanyiannya atau kokoknya, maka saat ayam ini sudah mulai pandai berkokok, Anda harus sering melatih ayam untuk bernyanyi atau berkokok. Caranya mudah saja, yakni menyandingkan ayam dengan ayam ketawa lainnya sehingga nantinya mereka akan beradu suara satu sama lain. Lambat laun, mereka akan mampu menghasilkan suara ‘tawa’ yang baik dan berkualitas.

Ayam ketawa (sumber: Jawa Pos Radar Jogja)
Ayam ketawa (sumber: Jawa Radar Jogja)

Meski termasuk hewan yang dilindungi, ternyata tidak sulit mencari ayam ketawa. Unggas ini tetap dijual bebas, termasuk lewat situs jual beli online. Namun, seperti disampaikan di atas, harga ayam ketawa memang relatif lebih mahal dibandingkan ayam kampung. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga ayam ketawa saat ini.

Harga Ayam Ketawa

Usia Ayam Ketawa Harga
DOC ayam ketawa Rp49.900 – Rp50.900 per ekor
Ayam ketawa 1,5 bulan Rp100.000 per ekor
Ayam ketawa garetek disco Rp100.000 per ekor
Ayam ketawa 2 bulan Rp150.000 per ekor
Ayam ketawa dangdut anakan Rp175.000 per ekor
Ayam ketawa betina 6 bulan Rp508.000 per ekor
Ayam ketawa jantan/betina muda vaksin Rp1.425.000 per ekor
Ayam ketawa indukan sepasang Rp2.325.000
Ayam ketawa dursam Rp3.000.000 – Rp4.999.999 per ekor

Informasi harga ayam ketawa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini terpantau naik. Harga ayam ketawa jantan/betina muda misalnya, semula Rp950 ribu dan sekarang menjadi Rp1,425 juta per ekor. Sementara itu, harga ayam ketawa indukan sepasang naik dari Rp1,5 juta menjadi Rp2,325 jutaan.

[1] Rusfidra. 2004. Karakterisasi Sifat-Sifat Fenotipik sebagai Strategi Awal Konservasi Ayak Kokok Balenggek di Sumatera Barat (Disertasi). Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

[2] Tangke, F. K., M. A. Jabbar, B. , Shapiro. 2000. Gender roles and child nutrition in livestock production systems in developing countries: a critical review. Nairobi: International Livestock Research Institute (ILRI).

[3] Rusfidra. 2014. Variasi Marka Kualitatif pada Ayam Kokok Balenggek; Plasma Nutfah ‘Ayam Penyanyi’ Sumatera Barat. Jurnal Peternakan Indonesia, Vol. 16(3): 166-169.

Pos terkait