Harga Ayam Jambul (DOC, Anakan, Dewasa)

Selain diternakkan untuk diambil daging dan telurnya, ayam juga sering dipelihara sebagai binatang hias. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak varian ayam yang cocok sebagai ayam hias, salah satunya ayam jambul. Juga kerap disebut ayam poland, seperti namanya, ayam ini memang memiliki di atas kepalanya yang menyerupai jambul. Dengan keunikannya tersebut, harga ayam jambul memang dapat dikatakan cukup lumayan.

Ayam jambul (sumber: panennews.com)
Ayam jambul (sumber: panennews.com)

Ciri Ayam Jambul

Selain ayam lokal, seperti ayam banten, ayam ciparage, ayam tolaki, dan ayam bekisar, di Indonesia juga telah dibudidayakan sejumlah ayam impor, salah satunya ayam poland. Sering juga disebut ayam jambul atau mahkota, ayam poland adalah ayam yang memiliki yang tersusun lebat di bagian kepala, bahkan hingga menutupi mata, serta menyerupai jambul.[1] Seperti namanya, ayam poland berasal dari Polandia, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa varian ini berasal dari Belanda.

Bacaan Lainnya

Jika dilihat secara fisik, ayam jambul memiliki tubuh yang cenderung lebih kecil dibandingkan ayam lokal, dengan berat jantan berkisar 2,4 kg ketika berumur 21 minggu, sedangkan berat betina 1,65 kg pada usia yang sama. Bagian mata, seperti disampaikan di atas, tertutup jambul atau mahkota, tampak halus dan lembut ketika diraba, bulunya berwarna abu-abu kecokelatan atau kehitaman, punya bentuk alat kelamin yang menonjol (baik jantan maupun betina), serta bersifat intensif atau takut dengan dunia luar.

Baca juga  Fakta Unik dan Update Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

Ayam Jambul

  • Ayam Jambul galur murni, adalah ayam jambul yang memiliki warna tunggal seperti abu-abu atau hitam, sedangkan jambulnya berwarna putih. Warna ayam jambul galur murni ini memang belum beragam, sehingga warnanya masih hitam atau putih.
  • Ayam jambul three colour, adalah salah satu ayam jambul yang memiliki beraneka warna. Warna ayam jenis ini antara lain hitam bercampur cokelat, putih atau abu-abu, kuning, dan perpaduan jenis warna lain. Ayam jambul jenis ini berbeda dengan jenis lainnya karena jambulnya memiliki warna yang bermacam-macam.
  • Ayam jambul bertanduk, adalah jenis ayam jambul seperti pada umumnya, dengan bagian jenggernya mirip seperti tanduk. Dibandingkan dengan ayam jambul jenis lainnya, varian ini lebih indah karena terdapat tanduk di kepalanya.

Karena punya bentuk yang unik, ayam jambul akhirnya sering disilangkan dengan jenis ayam lain seperti dengan ayam batik Kanada, ayam walik, atau ayam kapas, sehingga banyak dijumpai varian baru, yaitu ayam jambul Kanada, ayam jambul walik, dan ayam jambul kapas. Ayam yang telah disilangkan biasanya harganya semakin mahal karena mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda.

Ayam jambul anakan (sumber: shopee)
Ayam jambul anakan (sumber: shopee)

Harga Ayam Jambul

Usia Ayam Jambul Harga
DOC Ayam Jambul 2 minggu Rp45.000 per ekor
Ayam Jambul Walik Anakan 2 minggu Rp65.000 per ekor
Ayam Jambul Anakan 1 bulan Rp65.000 – Rp80.000 per ekor
Ayam Jambul Walik Anakan 1 bulan Rp95.000 per ekor
Ayam Jambul Anakan 2 bulan Rp110.000- Rp163.000 per ekor
Ayam Jambul Anakan 3 bulan Rp250.000 per ekor
Ayam Jambul Dewasa Rp300.000 – Rp410.000 per ekor
Ayam Jambul Dewasa Jantan Rp450.000 – Rp899.000 per ekor
Ayam Jambul Tanduk Dewasa Rp750.000 per ekor
Ayam Jambul Kate Silangan Dewasa Rp855.000 per ekor
Ayam Jambul Sepasang Rp550.000 – Rp1.000.000
Ayam Jambul Leher Gundul Sepasang Rp1.000.000
Baca juga  Update Harga Pasir Kucing di Petshop

Harga ayam jambul di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs beli online dalam negeri. Harga ayam jambul tersebut merupakan harga di tingkat peternak dan bisa naik berkali-kali lipat jika sudah masuk reseller atau toko. Perlu Anda catat bahwa harga ayam jambul ini tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Ayam jambul (sumber: beritaayam.org)
Ayam jambul (sumber: beritaayam.org)

Tips Memelihara Ayam Jambul

  • Untuk kandang ayam, dapat dibuat dengan ukuran sekitar 60 cm X 90 cm X 60 cm. Ukuran kandang tersebut bisa berisi 3 ekor ayam jambul usia dewasa. Kandang ayam harus ditutup dengan kain atau pembatas agar saat ada hujan atau ada angin kencang, ayam tetap terlindungi. Selain itu, kandang harus selalu dibersihkan agar ayam terhindar dari berbagai serangan penyakit.
  • Mengembangbiakkan ayam jambul dapat dengan cara mengawinkan ayam yang sudah berusia dewasa, berusia kira-kira 8 bulan, dan memiliki kualitas yang bagus atau baik.
  • Telur ayam jambul biasanya akan menetas setelah 21 hari. Setelah menetas, ayam bisa diletakkan di box pemanas.
  • Pakan yang bisa diberikan adalah voer dan jagung pecah dengan perbandingan 3:2. Pakan tersebut dapat diberikan satu kali sehari. Usahakan makanan tersebut tidak mengenai jambulnya karena akan kotor dan mudah dihinggapi jamur. Sementara, untuk minuman, diberikan seperlunya saja, atau tidak sepanjang hari.
Baca juga  Info Terkini Harga Monde Butter Cookies Semua Ukuran (Ecer & Karton)

Meskipun punya bentuk yang unik, sayangnya ayam jambul cenderung tidak punya daya tahan tubuh yang baik. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian tidak sedikit peternak yang mengawinkan ayam ini dengan ayam kampung. Seperti diketahui, ayam kampung punya ketahanan tubuh yang lebih tinggi terhadap penyakit. Bahkan, 63 persen ayam lokal Indonesia diklaim tahan terhadap virus H5N1 avian influenza.[2]

[1] Daryono, Budi Setiadi dan Utin Elsya Puspita. 2015. Pola Pewarisan Crest Ayam (Gallus gallus domesticus, Linnaeus 1758) Backcross Hasil Persilangan Ayam Mahkota dengan Ayam Kampung. Jurnal Sain Veteriner, Vol. 33(2): 134-142.

[2] Seyama, T. et al. 2006. Population research of genetic polymorphism at amino acid position 631 in chicken Mx protein with different antiviral activity. Biochem. Genet., Vol. 44: 432-443.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.