Specs dan Update Harga ATV Yamaha Raptor 250cc (Baru dan Bekas)

Bagi Anda yang doyan olahraga ekstrem, pasti sudah sangat familiar dengan kendaraan bernama ATV. Merupakan singkatan dari All-Terrain Vehicle, ini adalah kendaraan roda empat (ada juga yang memakai roda tiga) yang memang umumnya digunakan untuk melibas medan off-road. Sudah banyak pabrikan yang merilis ATV untuk pasaran global, termasuk Yamaha lewat seri Raptor-nya. Hadir dalam berbagai kapasitas mesin, mulai 90cc, 250cc, hingga 700cc, harga Yamaha Raptor saat ini dapat dikatakan masih berada di angka rata-rata.

ATV Yamaha Raptor 250cc (flickr: Kevin Hutchinson)
ATV Yamaha Raptor 250cc (flickr: Kevin Hutchinson)

Jika menyebut nama brand otomotif populer, Yamaha memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. asal Jepang ini merupakan salah satu produk terkenal, tidak hanya di pasaran Indonesia, melainkan di banyak negara. Kenapa Yamaha populer, salah satunya adalah selalu melakukan inovasi terhadap produk mereka dan menciptakan sesuatu yang baru sesuai tren dan selera konsumen.[1]

Bacaan Lainnya

Apabila Anda menelusuri situs resmi PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM), jumlah varian sepeda motor Yamaha yang telah diluncurkan untuk pasaran Indonesia cukup banyak. Untuk skuter matik misalnya, brand berlogo tala memiliki Yamaha Gear 125, Yamaha Freego, Yamaha Mio, Yamaha Fino, serta Yamaha Soul. Sementara, untuk segmen sport bike, ada Yamaha R15 dan Yamaha R25. Pabrikan juga masih merilis beberapa seri motor bebek, seperti Yamaha Jupiter, Yamaha MX King, dan Yamaha Vega Force.

Baca juga  Update Harga Yamaha YZ125 Model 2022

Varian ATV Yamaha

Selain motor beroda dua, perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut ternyata juga melemparkan kendaraan ATV untuk pasaran global. Jika Anda belum tahu, ATV adalah kendaraan multiguna yang dapat beroperasi di segala medan, dirancang memiliki kemampuan manuver, yang didukung dengan konstruksi rangka yang ringan dan kuat, mesin yang tangguh, serta sistem suspensi yang memadai.[2]

Mengutip situs resminya, untuk pasaran dalam negeri, Yamaha saat ini melemparkan varian Grizzly 700FI. Seperti namanya, ini adalah kendaraan ATV dengan mesin DOHC, 4 katup, injeksi, pendingin cairan, berkapasitas 708cc, dengan perbandingan kompresi 10,1:1. Dapur pacu ini dikatakan mampu mengoptimalkan torsi, perpindahan daya, dan karakter mesin yang sesuai untuk berkendara off-road. Dukungan fuel injection membuat pembakaran lebih sempurna dan gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Fitur-fitur yang sudah disertakan perusahaan untuk Grizzly 700FI di antaranya speedometer full yang tampil lebih sporty dan lebih dekat dengan berkendara, didukung indikator lengkap yang mudah dibaca. Kendaraan ini pun mengusung lampu depan dan belakang yang telah menggunakan teknologi LED sehingga penerangan semakin maksimal dan lebih awet.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Honda Blade 110 & 125 Bekas

Sementara itu, di pasaran global, tipe ATV yang dirilis Yamaha lebih beragam. Selain seri Grizzly (dan Kodiak) yang berada di kategori Utility, pabrikan pun melemparkan kategori Sport yang terdiri dari dua tipe besar, yakni Raptor Series dan YFZ Series. Untuk seri Raptor, ada Raptor 90, Raptor 700, Raptor 700R, dan Raptor 700R SE, sedangkan YFZ Series tersedia dalam tipe YFZ50, YFZ450R, dan YFZ450R SE.

Spesifikasi ATV Yamaha Raptor 250cc

Selain varian resmi, ternyata di pasaran dalam negeri muncul pula Yamaha Raptor yang dibalut mesin berkapasitas 250cc. Menurut penelusuran penulis di sejumlah situs e-commerce domestik, kendaraan ini didukung dapur pacu tipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, berkapasitas 249cc, dan masih menggunakan sistem karburator serta transmisi manual lima percepatan, yang diklaim dapat melaju dengan kecepatan maksimal 60 km per jam.

Sebagai kendaraan ekstrem, Yamaha Raptor 250cc dibekali dengan ban Dunlop berukuran 20 x 7-10 di bagian depan serta ban Dunlop ukuran 19 x 10-9 di sisi belakang. Produk ini juga membawa rem cakram ganda di roda depan dan rem cakram tunggal di roda belakang, dengan jarak antar-roda sekitar 1.110 mm. Hanya dapat digunakan satu pengendara, ketinggian jok dari tanah sekitar 729 mm.

Baca juga  Update Harga Truk Mitsubishi Canter Bekas

Harga ATV Yamaha Raptor 250cc

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa memboyong ATV Yamaha Raptor berkapasitas 250cc tersebut? Pada tahun lalu, salah satu toko atau dealer menawarkan kendaraan ini dengan harga Rp17.700.000 per unit, dengan satu pilihan warna, yakni oranye kombinasi hitam. Sementara itu, untuk saat ini, melansir dari berbagai situs jual beli online, harga ATV Yamaha Raptor 250cc turun drastis menjadi hanya Rp5,64 jutaan, sedangkan harga produk bekasnya mulai Rp3 jutaan.

[1] Widiyanti. 2018. Analisis Penjualan Sepeda Motor Yamaha pada PT. Sentral Yamaha Pekanbaru. Jurnal Komputer dan Bisnis, Vol. 9(1): 1977-1999.

[2] Abunaim, Teguh Budi S. 2009. Kaji Pengaruh Anti-Roll Bar pada Suspensi Independen Depan Kendaraan ATV Z200 terhadap Perilaku Body Roll. Jurnal Rekayasa Mesin Universitas Sriwijaya, Vol. 9(1): 12-17.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.