Harga ATV 150cc (Baru dan Bekas)

No comment245 views

Apakah Anda doyan melakukan ekstrem? Jika iya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kendaraan ATV. Merupakan singkatan dari All-Terrain Vehicle, ATV adalah kendaraan yang didesain sedemikian rupa untuk melibas medan berlumpur dan berbatu. Hadir dalam berbagai merk dan kapasitas, mulai 50cc, 110cc, 150cc, 250cc, hingga 700cc, harga ATV ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sepeda motor kebanyakan.

Ilustrasi: mengendarai ATV (pexels: Wendy Wei)

Ilustrasi: mengendarai ATV (pexels: Wendy Wei)

Saat ini, perkembangan olahraga ekstrem memang semakin pesat, yang ditandai semakin banyaknya ragam serta peminatnya. Olahraga ekstrem sendiri dapat dikatakan sebagai olahraga yang mengarah ke olahraga yang lebih modern dan lebih individualis, dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan risiko kecelakaan yang lebih besar daripada olahraga pada umumnya.[1]

Olahraga ekstrem biasanya memang dilakukan secara individual atau dalam kelompok-kelompok tertentu. Untuk melakukan olahraga ini, seseorang harus melakukan latihan yang tepat serta didampingi seorang yang profesional sehingga tidak membahayakan keselamatan. Pasalnya, tantangan olahraga ekstrem tidak hanya dari gerakan fisik, melainkan juga bisa berasal dari kondisi alam atau lingkungan, cuaca yang tidak bisa diprediksi, medan yang berat, dan lainnya.[2]

Baca juga  Update Kisaran Biaya Jasa dan Harga Cat Carbon

Jika dirinci, jenis olahraga ekstrem saat ini cukup banyak. Namun, salah satu yang sedang digandrungi masyarakat Tanah adalah mengendarai ATV. Bagi yang belum tahu, ATV adalah kendaraan multifungsi yang dapat beroperasi di segala medan, dengan desain yang biasanya berdasarkan kendaraan roda empat. Karena dioperasikan pada medan yang bervariasi, ATV didesain punya kemampuan bermanuver, yang didukung yang ringan dan kuat, mesin tangguh, serta suspensi memadai.[3]

Varian ATV 150cc

Saat ini, sudah banyak pabrikan yang meluncurkan ATV untuk pasaran dalam negeri, sebut saja Honda, Yamaha, hingga merk lokal seperti Viar. Varian yang dihadirkan pun bermacam-macam, biasanya dibedakan berdasarkan kapasitas mesin yang digunakan. Nah, untuk mereka yang tergolong remaja atau dewasa yang berada di level medium, kendaraan ATV bermesin 150cc bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di pasaran Indonesia, sudah ada sejumlah brand yang menjual ATV 150cc ini. Pabrikan lokal Viar misalnya, meluncurkan ATV Razor 150 UT dengan empat roda. Hadir dalam warna merah menyala, seperti dilansir dari situs resminya, spesifikasi produk ini cukup lumayan, termasuk mesin 4-tak, SOHC, oil-cooler yang sanggup meletupkan tenaga maksimal 7,3 kW pada putaran 8.500 rpm. Selain itu, juga didukung starter elektrik serta rem cakram di roda depan dan belakang.

ATV (pexels: Cameron Yantz)

ATV (pexels: Cameron Yantz)

Perusahaan lainnya, Kymco, juga sudah merilis tipe MXU 150. Ini adalah kendaraan ATV dengan mesin 150cc, yang sudah dilengkapi dengan dual headlamp. Dikutip dari situs resminya, Kymco MXU 150 menerapkan mekanisme gerak roda belakang (2WD) dan transfer daya penggerak roda belakang (menggunakan ), sehingga diklaim cocok untuk para pencinta off-road. Fitur lainnya yang terpasang adalah rak depan dan belakang, layar instrumen digital multifungsi, serta rem cakram di roda belakang dan depan.

Baca juga  Harga ATV Yamaha (Baru dan Bekas)

Jika Anda menelusuri sejumlah situs jual beli online, banyak juga toko atau dealer yang menawarkan ATV 150cc tanpa merk. Biasanya disebut ATV Big Hunter 150cc, kendaraan ini umumnya mengusung mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, dengan transmisi maju dan mundur. Beberapa produk juga sudah dibekali double starter (elektrik dan kick), velg model racing, tubeless, hingga rem cakram di roda depan dan belakang.

Harga ATV 150cc

Merk/Tipe ATV 150ccHarga
Bee Happy Spider 150 SportRp23.000.000
ATV 150cc 4-tak No MerkRp22.300.000 – Rp26.600.000
ATV Big Hunter 150ccRp26.000.000
Kymco MXU 150Rp48.000.000

Harga kendaraan ATV di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah dealer dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga kendaraan ATV tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga kendaraan ini di masing-masing tempat bisa berbeda meskipun mengusung spesifikasi mesin yang sama.

Baca juga  Terbaru, Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original dan KW

Apabila harga produk baru Anda rasa masih terlalu , tidak ada salahnya untuk membeli ATV dalam kondisi bekas. Sekarang, juga sudah banyak toko yang menawarkan ATV second dengan kondisi yang masih bagus dan tentunya lebih murah. Viar Razor 150 UT bekas keluaran 2018 misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga Rp12.500.000 hingga Rp15.750.000 per unit, sedangkan harga Bee Happy Spider 150 Sport second berkisar Rp11 jutaan per unit.

[1] Pramudya, Ikhfan Anggi. 2016. Survei Perkembangan Olahraga Extreme Skateboard di Kabupaten Banjarnegara (Skripsi). Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

[2] Ibid.

[3] Abunaim, Teguh Budi S. 2009. Kaji Pengaruh Anti-Roll Bar pada Suspensi Independen Depan Kendaraan ATV Z200 terhadap Perilaku Body Roll. Jurnal Rekayasa Mesin Universitas Sriwijaya, Vol. 9(1): 12-17.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga ATV 150cc (Baru dan Bekas)"