Info Lengkap Manfaat dan Harga Obat Kolesterol Atorvastatin di Apotek

Tak sedikit orang yang memiliki riwayat dengan kolesterol tinggi melakukan upaya untuk menurunkannya, mulai dari aktivitas olahraga rutin hingga diet ketat. Meski begitu, sebagian orang tetap mengalami kesusahan sehingga memerlukan suplemen pendukung agar lebih efektif. Salah satu merk yang kerap diresepkan dokter yakni Atorvastatin. ini dijual dengan terjangkau di apotik maupun toko terdekat.

Pil obat

Pil obat

Dari banyaknya jenis obat kolesterol, Atorvastatin terbilang aman dikonsumsi dengan yang minim. Sebelum mengenal lebih jauh manfaat dan yang disarankan selama mengonsumsi Atorvastatin, Anda perlu memahami sejumlah jenis obat yang digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Jenis Obat Kolesterol

Beberapa jenis obat yang digunakan untuk memperbaiki masalah kolesterol meliputi:

  • Menurunkan kadar LDL: Statin, Resins, dan Niasin.
  • Menaikkan kadar HDL: Niasin dan Fibrates.
  • Menurunkan kadar trigliserida: Fibrates, Niasins, dan Atrovastatin.[1]

Satu dari beberapa jenis obat yang sering diresepkan dokter yakni jenis Statin. Kemampuan Statin untuk menurunkan kadar kolesterol LDL tidak dapat diragukan lagi. Walaupun demikian pada beberapa kasus diperlukan dosis yang cukup tinggi. Penggunaan dosis tinggi Statin untuk mencapai sasaran kadar kolesterol LDL yang diinginkan dapat meningkatkan reaksi efek samping. Dalam kategori Statin, obat yang terdapat di pasaran, yakni Lovastatin (Mevacol), Simvastatin (Zokor), Fluvastatin (Lescor), Pravastatin (Pravachol), dan Atorvastatin (Lipitor).

Obat Kolesterol Atorvastatin

Zat aktif Atorvastatin yaitu obat golongan statin atau HMG-CoA Reductase Inhibitor yang bekerja dengan menghambat enzim HMG-CoA reductase sebagai suatu enzim yang berperan dalam pembentukan kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah berkurang. Secara umum, orang yang membutuhkan obat Atorvastatin meliputi dengan kadar kolesterol tinggi, memiliki kadar LDL atau kolesterol jahat lebih dari 190 mg/dL, dan berusia 40-75 tahun yang memiliki kadar LDL antara 70-189 mg/dL.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) di Surabaya

Manfaat Obat Atorvastatin

Ilustrasi: kolesterol dalam darah (sumber: heart.org)

Ilustrasi: kolesterol dalam darah (sumber: heart.org)

Apabila dalam upaya menurunkan kolesterol melalui diet dan olahraga tidak menghasilkan perkembangan yang memuaskan, maka penggunaan obat-obatan seperti Atorvastatin bisa digunakan karena memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Kegunaan utama obat ini adalah sebagai terapi tambahan untuk menurunkan kadar kolesterol total, c LDL, apolipoprotein B dan trigliserida pada pasien yang mengalami hiperkolesterolemia
  • Atorvastatin mampu mengobati peningkatan kadar lemak dalam darah (hiperlipidemia).
  • Seperti obat golongan statin lainnya, obat ini juga digunakan untuk pencegahan penyakit-penyakit dan pembuluh darah seperti penyakit koroner, pasien dengan riwayat angina atau infark miokardial (kematian otot ), dislipidemia, stroke, atau serangan iskemik transien (kadar oksigen yang berkurang pada sel ).
  • Obat-obat Statin juga digunakan untuk pasien penderita diabetes mellitus tipe 1 dan 2 jika terjadi kontrol kadar gula darah yang buruk, kolesterol baik rendah, peningkatan trigliserida, hipertensi atau pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah dalam keluarga.

FDA (badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Atorvastatin ke dalam kategori X untuk dikonsumsi ibu hamil, sebab dapat menyebabkan kerusakan janin dengan mempengaruhi kolesterol serum dan trigliserida, yang penting untuk perkembangan janin.

Kerja Atorvastatin

Cara kerja obat ini yakni mencegah produksi enzim dalam lever yang menghasilkan kolesterol, sehingga produksi LDL berkurang. Dari hasil riset menunjukkan bahwa statin juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan karena penggumpalan (clotting). Obat ini berbentuk tablet dan relatif tergolong baru. Memiliki sejumlah manfaat di antaranya menurunkan LDL 20-40% dan menaikkan HDL 5-10%. Adapun dosis yang diperlukan dalam penggunaan obat ini relatif sedikit.

Baca juga  Info Terkini Harga, Dosis, & Cara Minum Afolat untuk Program Hamil

Dosis Obat Atorvastatin

Dosis awal Atorvastatin yang disarankan adalah 10 mg dengan penurunan rata-rata kolesterol LDL sebesar 37%, namun peningkatan sampai dosis maksimal 80 mg per hari (dengan 3 tahap peningkatan dosis 2 kali lipat, 20 mg, 40 mg, dan 80 mg), penambahan penurunan kadar kolesterol LDL hanya 18% (3 kali 6, rule of six).[2]

Minum obat (sumber: kompas.com)

obat (sumber: kompas.com)

Panduan untuk usia dewasa dosisnya adalah 1 kali per tablet (10 mg – 40 mg) sekali sehari. Sedangkan untuk anak usia 10-17 tahun yakni 10 mg, 1 kali per hari 1 tablet, tergantung kadar LDL, trigliserida.

Interaksi Obat Atorvastatin

Berikut adalah interaksi Atorvastatin dengan obat-obat lain:

  • Obat-obat yang menghambat enzim sitokrom p450 secara kuat seperti, Itraconazole, Ketoconazole, Posaconazole, Vorikonazol, Erythromycin, Clarithromycin, Telitromisin sebaiknya dihindari. Jika obat-obat itu sangat dibutuhkan, hentikan pemakaian Atorvastatin.
  • Penghambat enzim sitokrom p450 yang lebih lemah seperti fluconazole, siklosporin, verapamil, diltiazem harus dilakukan dengan sangat hati-hati.
  • Pemberian Atorvastatin dengan anti lipid lain seperti gemfibrozil harus dihindari, karena dapat menurunkan tingkat lipid secara drastis.
  • Pemberian bersamaan Atorvastatin dengan Colchicine, Amiodaron, Dronedarone, Ranolazine, Sakuinavir , Ritonavir, atau Calcium Channel Blockers (misalnya Verapamil, Diltiazem, atau Amlodipine) meningkatkan resiko cedera otot (miopati) termasuk rhabdomyolysis.
  • Vitamin D menurunkan kadar Atorvastatin dan konsentrasi metabolit aktifnya, namun keduanya secara sinergis mengurangi kadar LDL dan konsentrasi kolesterol total.
  • Jus jeruk diketahui mengandung senyawa inhibitor CYP3A4 di dalam usus. Meminum jus jeruk saat menggunakan Atorvastatin dapat menyebabkan peningkatan Cmax dan AUC, yang dapat menyebabkan meningkatnya potensi efek samping atau toksisitas.

Obat Atorvastatin tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena harus sesuai resep dokter. Penderita dengan riwayat gangguan fungsi hati dan miopati disarankan tidak mengonsumsi obat ini. Selain itu, saat mengonsumsi obat tidak boleh diiringi dengan mengonsumsi alkohol sebab dapat meningkatkan kadar trigliserida dan risiko kerusakan organ hati. Obat Atorvastatin juga dilarang untuk ibu hamil dan menyusui serta anak- anak usia dibawah 10 tahun.

Baca juga  Indikasi, Komposisi, Dosis, dan Harga Neurobion Biru

Efek Samping Obat Atorvastatin

Obat Lipitor memiliki efek samping meliputi gangguan GI, kepala, mual, myalgia, asthenia, insomnia, kram otot, myositis, myopathy, paraesthesia, neuropatik periferal, pancreatitis, hepatitis, cholestatic jaundice, alopecia, pruritus, rash, impotence, hyper- & hypoglycemia.

Produk Atorvastatin (sumber: news-medical.net)

Produk Atorvastatin (sumber: news-.net)

Harga Atorvastatin Berbagai Varian

Varian Obat AtorvastatinHarga (Rp)
Atorvastatin Hexpharm 10 mg per tablet3.500
Atorvastatin 20 mg per tablet4.300
Atorvastatin Novell 40 mg per tablet5.611
Atorvastatin 10 mg per strip28.400 - 253.000
Atorvastatin 20 mg per strip154.000
Atorvastatin 40 mg per strip216.300 - 324.500

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Anda dapat membeli obat Atorvastatin di sejumlah toko obat atau apotek terdekat dengan harga berbeda tergantung tempat pembelian. Anda juga dapat memesan melalui sejumlah marketplace terpercaya.

Perbedaan Obat Atorvastatin dan Simvastatin

Sama-sama obat dari jenis Statin, Atorvastatin kerap disamakan dengan Simvastatin, lalu apa perbedaan kedua obat kolesterol tersebut? Mulai dari cara kerja kedua obat, untuk obat Atorvastatin berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh dengan cara menghambat enzim yang bertugas memproduksi kolesterol di hati. Sementara itu, cara kerja obat Simvastatin yakni membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Kedua jenis Statin ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung serta mencegah terjadinya stroke.

[1]Nilawati, Sri. Care Yourself, Kolesterol(Jakarta: Niaga Swadaya, 2008), hlm. 33

[2] Tjokroprawiro, Askandar. Buku ajar ilmu penyakit dalam(Surabaya: Airlangga University Press, 2015), hlm. 176

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Manfaat dan Harga Obat Kolesterol Atorvastatin di Apotek"