Update Harga Atap Lovera per M2 di Pasaran

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercantik tampilan hunian. Jika halaman Anda cukup lapang, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan atap lovera atau atap buka tutup di teras hingga taman. Tidak susah menemukan atap ini karena sudah beredar di banyak toko dan furniture dengan harga rata-rata jutaan rupiah.

Material atap buka tutup Lovera (facebook: Sunlouvre)
Material atap buka tutup Lovera (facebook: Sunlouvre)

Atap sendiri merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah hunian. Ini berfungsi melindungi penghuni dari berbagai cuaca, baik panas maupun hujan. Bisa dibayangkan jika Anda berdiri tanpa atap. Ketika hujan mengguyur, Anda dijamin akan basah kuyup. Sementara, cuaca kemarau datang, terik matahari akan membakar tubuh Anda.

Bacaan Lainnya

Secara umum, atap adalah penutup atas suatu bangunan yang memiliki fungsi utama untuk melindungi bagian dalam bangunan dari hujan, panas, atau salju. Atap juga dapat dikatakan sebagai bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya dari pengaruh panas, hujan, angin, debu, dan untuk keperluan perlindungan.[1]

Dalam kedudukannya sebagai bagian paling atas dari suatu konstruksi bangunan hunian maupun gedung, atap erat kaitannya dengan konstruksi rangka atap atau kuda-kuda. Rangka atap ini berfungsi untuk menahan beban dari bahan penutup atap sehingga umumnya berupa susunan balok (kayu, bambu, atau baja) secara vertikal dan horizontal, kecuali pada struktur atap dak beton.[2]

Bentuk atap sendiri ada yang datar dan ada yang miring. Selain itu, ada pula atap sandar untuk bangunan tambahan, atap pelana yang kerap dipasang di gudang-gudang menggunakan rangka baja konvensional, atap tenda yang terdiri dari empat buah segitiga, atap limas yang terdiri dari dua segitiga dan dua trapesium, serta atap kombinasi pelana dan limas.

Manfaat Atap Lovera

Selain fungsi utamanya untuk melindungi penghuni dari panas dan hujan, atap juga dapat digunakan untuk menambah estetika hunian. Nah, apabila Anda ingin tampilan rumah Anda lebih elegan namun tetap simpel, Anda bisa mengaplikasikan atap lovera. Ini adalah atap buka tutup yang bisa dipasang di teras atau taman untuk mereka yang menginginkan fleksibilitas yang tinggi, khususnya desain luar ruang.

Atap lovera dikatakan memiliki sifat yang berbeda dengan atap hunian biasanya. Dengan pengaplikasian atap lovera tersebut, Anda juga dapat mengatur tingkat pencahayaan dari sinar matahari sesuai dengan kebutuhan. Sementara, ketika hujan turun, atap dapat ditutup secara otomatis dengan tuas. Karena itu, atap ini memang lebih pas jika dipasang di teras rumah, garasi, taman, atau gazebo. Tidak menutup kemungkinan juga atap ini dipasang di atas ruangan dapur.

Untuk pemasangan di area taman misalnya, atap lovera bermanfaat untuk memungkinkan tumbuhan mendapatkan cahaya matahari dengan cukup. Ketika malam hari, atap ini dapat ditutup untuk meminimalkan binatang masuk. Begitu juga untuk area jemuran. Atap jenis ini merupakan opsi yang tepat. Ketika butuh banyak cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci, buka saja atap lebar-lebar. Sementara, saat hujan datang, tak perlu memindahkan cucian yang belum kering ke tempat beratap, cukup tutup atap dengan tuas.

Atap Lovera (sumber: tokopedia)

Kelebihan Atap Lovera

  • Dapat dibuka dan ditutup dengan gerakan 90 derajat.
  • Kontrol fleksibel untuk cahaya, udara, dan pemandangan.
  • Memberi perlindungan dari sinar matahari dan hujan.
  • Praktis, dekoratif, dan fungsional.
  • Minim perawatan.
  • Mudah dibersihkan.
  • Dapat dioperasikan secara otomatis dan manual.
  • Tersedia dalam berbagai macam warna.
  • Bahan tahan terhadap karat (aluminium), tahan cuaca, dan warna tidak mudah pudar.

Harga Atap Lovera

Tidak susah mendapatkan atap lovera karena sudah banyak perusahaan furniture atau toko bangunan yang menjual komponen ini. Di pasaran dalam negeri, atap lovera sekarang dijual dengan harga rata-rata Rp1.300.000 hingga Rp1.850.000 per m2. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya harganya mulai Rp1,2 jutaan per m2. Namun, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp2 juta sampai Rp3 jutaan per m2.

Salah satu merk atap lovera yang cukup populer di Indonesia adalah Sun Louvre. Produk ini dikatakan sebagai rangkaian konstruksi atap yang didesain untuk menunjang kenyamanan karena dapat dibuka dan ditutup setiap saat sesuai dengan kebutuhan dan fungsi sebuah ruangan. Sekarang, atap tersebut dijual dengan harga mulai Rp2 jutaan per m2, tidak jauh berbeda tahun sebelumnya yang dilepas mulai Rp2,2 jutaan per m2.

[1] Rahayu, Sherly Anggun. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap Kayu terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Jurnal Fropil Vol. 3(2): 116-130.

[2] Royani, M. 2011. Konstruksi Atap (Tesis). Teknik Desain Arsitektur Universitas Diponegoro Semarang.

Pos terkait