Update Harga Atap Alderon per Meter (Alderon Twinwall & Alderon RS)

Tidak susah menemukan atap yang cocok untuk Anda yang saat ini sedang membangun atau merenovasi . Pasalnya, di pasaran, sudah tersedia banyak jenis atap, mulai atap genteng, atap asbes, hingga atap Alderon. Nah, bagi Anda yang menginginkan tampilan atap yang cantik sekaligus suasana rumah yang adem, atap Alderon bisa menjadi pilihan yang menarik. Di Tanah Air, atap Alderon per meter sekarang dilepas di kisaran harga ratusan ribu rupiah.

Atap PVC (Sumber : atapupvcjogja.com)
Atap PVC (Sumber : atapupvcjogja.com)

Fungsi Atap

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan atap. Atap merupakan salah satu struktur atas bangunan bersama dengan kolom, balok pemikul, dan rangka. Prinsip dasar atap sama dengan dinding, yaitu konstruksi yang menjadi selimut bangunan atau penutup bangunan, yang berguna menahan panas dan dingin dari lingkungan bangunan, khususnya untuk daerah tropis lembap.[1] Selain sebagai pelindung dari panas dan hujan, atap adalah bagian bangunan yang merupakan mahkota untuk menambah keindahan , yang secara estetis dapat menjadi elemen yang menentukan ciri atau karakter suatu bangunan.[2]

Bacaan Lainnya

Rumah dan bangunan di Indonesia mengaplikasikan bentuk atap yang bervariasi. Model yang paling umum adalah atap datar, atap sandar, atap pelana, atap tenda, atap limas atau perisai, atap piramida, serta atap setengah bola atau kubah (biasanya untuk masjid). Pemilihan desain ini tidak hanya untuk menampilkan bentuk yang unik. Desain atap, dan juga bangunan, dikatakan dapat memengaruhi beban panas yang diterima bangunan sebesar 80 persen.[3]

Umumnya, atap terbuat dari genteng. Namun, selain material ‘konvensional’, beberapa jenis tumbuhan juga dapat digunakan sebagai atap tradisional. Atap sirap, salah satunya dibuat dari kayu ulin alias kayu besi yang dikeping -tipis. Selain itu, daun dari beberapa jenis palma dan ilalang juga kerap digunakan sebagai atap, di antaranya daun rumbia, daun , daun enau, hingga daun nipah.

Pengertian dan Kelebihan Atap Alderon

Lalu, bagaimana dengan atap Alderon? Dilansir dari berbagai sumber, atap Alderon dikatakan sebagai salah satu varian dari atap UPVC yang tengah populer. Jika Anda belum paham, UPVC adalah singkatan dari unplasticized polyvinyl chloride, material turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur atau plastiknya dihilangkan. Hasil akhir material tersebut menjadi keras dan kemudian aplikasikan untuk berbagai macam industri, misalnya saja sebagai bahan bangunan untuk pintu dan jendela.

Menurut sebuah studi, UPVC dan aluminium adalah material yang baik untuk kusen pada jendela rumah susun.[4] Walaupun harganya memang relatif mahal, masa penggunaan kusen dengan material-material ini diklaim dapat mencapai usia ratusan tahun. Dengan pembuatan secara massal, penekanan harga kusen aluminium atau UPVC dapat menjadi argumentasi dipilihnya bahan-bahan tersebut.

Material UPVC memiliki keunggulan dibanding dengan bahan lainnya, dengan tingkat kekedapannya mampu meminimalkan suara bising dari luar sehingga membuat penghuni rumah merasa nyaman dan tenang di dalam ruangan. ini pun diklaim tahan terhadap rayap, tahan terhadap segala cuaca, dan masih banyak lagi spesifikasi lainnya yang membuat masyarakat memilih produk berbahan UPVC.

Atap alderon (sumber: dekoruma)
Atap alderon (sumber: dekoruma)

Atap Alderon termasuk mudah diaplikasikan pada rumah tinggal. Lembaran atap Alderon berbentuk gelombang, dengan tampilan yang sangat menarik sehingga akan membuat eksterior rumah semakin cantik, terutama di desain rumah minimalis. Atap ini diklaim memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan yang pertama adalah tidak akan membuat ruangan di bawahnya terasa panas. Hal tersebut karena atap Alderon memiliki sifat yang hemat energi dan tidak mudah menyerap panas. Selain ruangan terasa lebih sejuk, penghuni rumah juga bisa menghemat listrik karena tidak perlu terus-terusan menyalakan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin untuk menghilangkan udara panas.

Kelebihan lainnya adalah ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, bahan utama membuat atap ini adalah UPVC, material utama pada plafon PVC. Bahan ini dikatakan juga mampu mencegah korosi dan menangkal sinar ultraviolet berlebih. Berat atap Alderon pun termasuk ringan, sehingga mempermudah tukang bangunan pada saat pemasangan dibandingkan dengan atap genteng bangunan.

Keuntungan lainnya, dan mungkin yang paling banyak dicari konsumen, adalah harga atap Alderon tergolong ekonomis serta mudah ditemukan di pasaran. Dengan demikian, dana pembangunan atau dana renovasi rumah bisa dikurangi dan Anda bisa mengalokasikan dana atap untuk keperluan lainnya. Selain itu, kualitas atap Alderon juga dikatakan sangat baik sehingga Anda tidak perlu mengganti atap ini dengan yang baru dalam hitungan belasan tahun.

Jenis Atap Alderon

  • Alderon Twinwall Corrugated, secara umum memiliki bentuk gelombang yang dilengkapi dengan rongga-rongga dari bahan UPVC. Kelebihan atap alderon yang satu ini adalah tahan lama karena mampu menghadapi sinar matahari terik dan terpaan hujan. Selain itu, atap ini juga dinilai mampu menahan panas dan meredam suara bising dari luar. Atap Alderon Twinwall Corrugated juga dikatakan kuat dan kokoh karena terbuat dari struktur dinding rongga yang padat, tidak berkarat dan tidak mudah hancur, serta tersedia dalam berbagai varian warna yang bisa disesuaikan dengan warna cat dinding luar rumah.
  • Alderon RS Single Wall Corrugated, secara umum memiliki bentuk yang juga bergelombang, tetapi tidak memiliki rongga. Fisik atap alderon jenis ini cukup ringan, tetapi tidak bisa ditembus oleh sinar matahari. Sama halnya dengan atap Alderon Twinwall Corrugated, atap jenis ini juga tidak akan mudah mengalami karat. Di samping itu, ketika terkena api tanpa sengaja, atap ini tidak akan terbakar sehingga pemadaman api bisa lebih cepat dilakukan. Kelebihan lainnya adalah mudah dipotong, mudah dibentuk (fleksibel untuk Anda yang menginginkan bentuk atap melengkung), serta mudah dalam hal perawatan.

Saat ini, seperti diuraikan di atas, tidak susah mendapatkan atap alderon. Pasalnya, atap jenis ini telah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di toko-toko bahan bangunan atau bahkan di situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga atap alderon per meter yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Alderon Twinwall & Alderon RS
Alderon Twinwall & Alderon RS

Harga Atap Alderon

Tipe/Ukuran Atap Alderon Ukuran Harga
Alderon Twinwall 830 Doff 885 mm x 10 mm Rp200.000 per meter
Alderon Twinwall 830 White Translucent 885 mm x 10 mm Rp251.000 per meter
Alderon RS Roma 860 mm x 1,2 mm Rp67.0700 per meter
Alderon RS Greca 760 mm x 1,2 mm Rp70.700 per meter
Alderon RS Trimdeck 830 mm x 1,2 mm Rp70.700 per meter
Alderon RS 1000 1071 mm x 1,2 mm Rp91.000 per meter
Alderon Lite Doff 748 mm x 6 mm Rp150.000 per meter
Alderon Lite Translucent 748 mm x 6 mm Rp190.000 per meter

Harga atap Alderon di atas kami rangkum dari brosur resmi yang dirilis oleh produsen. Perlu Anda catat bahwa harga atap Alderon tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, atap Alderon Twinwall 830 Doff ditawarkan dengan harga Rp198 ribu per meter, sedangkan harga atap Alderon Lite Doff mulai Rp138 ribu per meter.

[1] Rifai, Andi Jiba. 2010. Perkembangan Struktur dan Konstruksi Rumah Tradisional Suku Bajo di Pesisir Pantai Parigi Moutong. Jurnal Ruang Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Vol. 2(1): 31-38.

[2] Satwiko, P. 2005. Arsitektur Sadar Energi. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 220.

[3] Prianto, E. dan A. Dwiyanto. 2013. Profil Penutup Atap Genteng Beton dalam Efisiensi Konsumsi Energi Listrik pada Skala Rumah Tinggal. Modul UNDIP, Vol. 13(1).

[4] Daryanto dan Firza Utama S. 2012. Jendela Hemat Energi pada Fasade Rumah Susun di Jakarta. ComTech, Vol. 3(1): 1-7.

Pos terkait