Update Harga Atap Alderon per Meter (Alderon Twinwall & Alderon RS)

Tidak susah menemukan atap yang cocok untuk Anda yang saat ini sedang membangun atau merenovasi . Pasalnya, di pasaran, sudah tersedia banyak jenis atap, mulai atap genteng, atap asbes, hingga atap alderon. Nah, bagi Anda yang menginginkan tampilan atap yang cantik sekaligus suasana yang adem, atap alderon bisa menjadi pilihan yang menarik. Di Tanah Air, atap alderon per meter sekarang dilepas di kisaran ratusan ribu rupiah.

Atap Alderon (sumber: alderon.co.id)

Atap Alderon (sumber: alderon.co.id)

Dikutip dari Wikipedia, atap adalah penutup atas suatu bangunan yang memiliki utama untuk melindungi bagian dalam bangunan dari hujan, panas, atau salju. Bentuk atap sendiri ada yang datar dan ada yang mirip, meski datar harus dipikirkan untuk mengalirkan air agar bisa jatuh. Bahan untuk membuat atap sendiri bermacam-macam, di antaranya genteng (keramik atau beton atau tanah liat), seng bergelombang, asbes, maupun semen cor. Selain itu, ada juga atap genteng metal yang sangat ringan, tahan lama, anti terhadap karat, serta diklaim tahan terhadap gempa.

Masih menurut sumber yang sama, di samping material ‘konvensional’, beberapa jenis tumbuhan juga dapat digunakan sebagai atap tradisional. Atap sirap, salah satunya dibuat dari kayu ulin alias kayu yang dikeping tipis-tipis. Selain itu, daun dari beberapa jenis palma dan ilalang juga kerap digunakan sebagai atap, di antaranya daun rumbia, daun kelapa, daun enau, hingga daun nipah.

Pengertian dan Kelebihan Atap Alderon

Lalu, bagaimana dengan atap alderon? Dilansir dari Dekoruma.com, atap alderon dikatakan sebagai salah satu varian dari atap PVC yang tengah populer. Terbuat dari bahan dasar PVC, atap alderon termasuk mudah diaplikasikan pada rumah tinggal. Lembaran atap alderon berbentuk gelombang, dengan tampilan yang sangat menarik sehingga akan membuat eksterior rumah semakin cantik, terutama di rumah minimalis.

Atap ini sendiri diklaim memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan yang pertama adalah atap alderon tidak akan membuat ruangan di bawahnya terasa panas. Hal tersebut karena atap alderon memiliki sifat yang hemat energi dan tidak mudah menyerap panas. Selain ruangan terasa lebih sejuk, penghuni rumah juga bisa menghemat listrik karena tidak perlu terus-terusan menyalakan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin untuk menghilangkan panas.

Kelebihan lainnya dari atap alderon adalah ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, bahan utama membuat atap ini adalah PVC, material utama pada plafon PVC. Bahan ini dikatakan juga mampu mencegah korosi dan menangkal sinar ultraviolet berlebih. Berat atap alderon pun termasuk ringan, sehingga mempermudah tukang bangunan pada saat pemasangan dibandingkan dengan atap genteng bangunan.

Keuntungan lainnya, dan mungkin yang paling banyak dicari konsumen, adalah harga atap alderon tergolong ekonomis serta mudah ditemukan di pasaran. Dengan demikian, dana pembangunan atau dana rumah bisa dikurangi dan Anda bisa mengalokasikan dana atap untuk keperluan lainnya. Selain itu, kualitas atap alderon juga dikatakan sangat baik sehingga Anda tidak perlu mengganti atap ini dengan yang baru dalam hitungan belasan tahun.

Jenis Atap Alderon

Ilustrasi: macam-macam atap alderon (sumber: dekoruma.com)

Ilustrasi: macam-macam atap alderon (sumber: dekoruma.com)

  • Alderon Twinwall Corrugated, secara umum memiliki bentuk gelombang yang dilengkapi dengan rongga-rongga dari bahan UPVC. Kelebihan atap alderon yang satu ini adalah tahan lama karena mampu menghadapi sinar matahari terik dan terpaan hujan. Selain itu, atap ini juga dinilai mampu menahan panas dan meredam suara bising dari luar. Atap Alderon Twinwall Corrugated juga dikatakan kuat dan kokoh karena terbuat dari struktur rongga yang padat, tidak berkarat dan tidak mudah hancur, serta tersedia dalam berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan cat luar rumah.
  • Alderon RS Single Wall Corrugated, secara umum memiliki bentuk yang juga bergelombang, tetapi tidak memiliki rongga. Fisik atap alderon jenis ini cukup ringan, tetapi tidak bisa ditembus oleh sinar matahari. Sama halnya dengan atap Alderon Twinwall Corrugated, atap jenis ini juga tidak akan mudah mengalami karat. Di samping itu, ketika terkena api tanpa sengaja, atap ini tidak akan terbakar sehingga pemadaman api bisa lebih cepat dilakukan. Kelebihan lainnya adalah mudah dipotong, mudah dibentuk (fleksibel untuk Anda yang menginginkan bentuk atap melengkung), serta mudah dalam hal .

Saat ini, seperti diuraikan di atas, tidak susah mendapatkan atap alderon. Pasalnya, atap jenis ini telah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di toko-toko bahan bangunan atau bahkan di situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga atap alderon per meter yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Atap Alderon

Tipe/Ukuran Atap AlderonHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Alderon EFF 860, tebal 10 mm, lebar 924 mmRp135.000 per meterRp135.000 per meter
Alderon SUNPANEL 10 mmRp151.000 per meterRp140.000 per meter
Alderon 885, biru muda, tebal 10 mmRp160.000 per meterRp175.000 per meter
Alderon 885, putih, tebal 10 mmRp160.000 per meterRp175.000 per meter
Alderon Maspion Super Roof 122 cmRp177.000 per meterRp179.000 – Rp251.000 per meter
Alderon 830, semi transparan, tebal 10 mmRp200.000 per meterRp236.000 per meter
Alderon ExceltechRp220.000 per meterRp230.000 per meter

Biasanya, pedagang atau toko bangunan melayani pembelian atap alderon di atas 1 meter. Untuk pembelian atap alderon 3 meter, harganya berkisar Rp472 ribuan per , sedangkan harga atap alderon 4 meter per sekitar Rp800 ribuan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan mengunjungi toko bahan bangunan terdekat di kota Anda. 

Baca juga  Harga Cooker Hood Tanpa Cerobong (Semua Merk)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Atap Alderon per Meter (Alderon Twinwall & Alderon RS)"