Info Harga ASI Booster di Apotik dalam Berbagai Merek

Air Susu Ibu () adalah makanan bagi bayi. ASI diciptakan untuk bayi manusia. Kandungan gizi dari ASI sangat khusus dan sempurna serta sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi. ASI mengandung zat-zat gizi yang berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi.[1] Untuk melancarkan produksi ASI, biasanya para ibu menyusui disarankan mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen pelancar ASI (booster ASI). Produk ASI booster sendiri sudah tersedia di apotik dengan harga variatif.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: ibu menyusui (sumber: bda.uk)
Ilustrasi: ibu menyusui (sumber: bda.uk)

ASI mengandung lebih dari 200 unsur pokok, antara lain zat putih telur, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, faktor pertumbuhan, hormon, enzim, zat kekebalan dan sel darah putih. Semua zat ini terdapat secara proporsional dan seimbang satu dengan yang lainnya. Cairan hidup yang mempunyai keseimbangan biokimia yang sangat tepat ini bagai suatu “simfoni nutrisi bagi pertumbuhan bayi” sehingga tidak mungkin ditiru oleh buatan manusia.

Namun sayang tidak semua ibu pasca salin dapat memberikan ASI-nya pada bayi karena terganggu produksi ASI-nya. Salah satu faktor yang dapat mengganggu produksi ASI adalah faktor persalinan dengan sectio cesarea. Pada sectio cesarea pasien biasanya diberi tindakan penghilang rasa nyeri (anastesi) sesaat sebelum menjalani operasi sesar. Efek anastesi ini ternyata dapat menyebabkan terhambatnya produksi ASI ibu post sectio cesarea.

Baca juga  Info Kegunaan & Update Harga Obat Azithromycin

Selain itu, ibu post sectio cesarea juga seringkali tidak melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) sesaat setelah bayi lahir karena kesadarannya belum pulih secara optimal. Padahal IMD yang dilakukan 30 menit sampai 1 jam pasca lahir sangat penting untuk merangsang hormon-hormon produsen ASI.

Untuk meningkatkan produksi ASI ibu post sectio cesarea berbagai metode telah banyak dilakukan seperti pijat oksitosin, metode marmet, banyak minum air putih, relaksasi, konsumsi sayur katuk, sayur jagung sampai konsumsi berbagai ekstrak herbal dan kimiawi pelancar ASI. Semua itu adalah usaha untuk memperlancar produksi ASI. Berbagai metode, asupan makanan dan minuman yang berfungsi untuk memperlancar produksi ASI bisa dikatakan sebagai ASI booster.[2]

Apa Itu ASI Booster?

ASI booster adalah sebuah sebutan untuk makanan atau minuman tertentu yang mempunyai khasiat dan dipercaya bisa memperlancar kualitas dan kuantitas produksi ASI dari seorang ibu menyusui. ASI booster bisa berasal dari makanan alami dan ada pula yang berbentuk suplemen.

Baca juga  Update Harga Kondom Okamoto (Apotek, Indomaret, Alfamart)

Banyak macam ASI booster, dari yang berbentuk susu, teh, cookies, kapsul dengan lempengan atau bahkan botolan. Dari yang banyak dijual di apotek, hingga online. Banyak produk ASI booster dengan beragam kampanyenya beredar di media massa. Namun, apakah Anda tahu kalau banyak juga ASI booster alami yang terbukti mampu meningkatkan produksi ASI? Iya, ASI booster alami tanpa melalui proses pabrikan. Banyak ibu yang lebih tertarik pada ASI booster pabrikan daripada ASI booster tradisional. Padahal, hasilnya sama saja.[3] Berikut info harga ASI booster di apotik.

Harga ASI Booster di Apotik

Ilustrasi: memilih produk di apotik (sumber: rd.com)
Ilustrasi: memilih produk di apotik (sumber: rd.com)
Merk ASI Booster Harga di Apotek (Rp)
Laktafit per tablet 4.116
Herba Asimor FC Kaplet per strip 14.275
Milmor NF per strip 31.612
Lactamor FC kaplet per strip 32.275
Lactamam per strip 41.159
Sidomuncul Suprasi Kapsul 43.507
Lactasin kapsul per strip 47.847
Lactaboost Kaplet 50.305
Mama Bear Teh Pelancar Asi per box isi 20 kantong 51.135
ASI IBOE kapsul 56.292
Lancar Asi Tablet per dos 58.651
Hydromamma 17 gr sachet per box 61.944
Herbatia Sari Asi Kapsul 63.796
Mom Uung botol isi 30 kapsul 72.099
Asifit tablet 79.196
Morifit kaplet 88.683
Mom Uung botol isi 60 kapsul 118.399
Nutribreast Kapsul Lunak per botol isi 15 kapsul 186.751
Blackmores Pregnancy Breast Feed Gold isi 120 Kapsul) 514.485
Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Glucosamine & Chondroitin

Informasi harga ASI booster di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Apotek K24. Namun, harap diingat bahwa harga ASI booster atau pelancar ASI dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga ASI booster yang berlaku di tiap apotik bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran yang berlaku. Anda bisa mencari produk ASI booster terbaik sesuai rekomendasi dokter melalui apotek atau toko obat terdekat.

[1] Nurita, S. R., 2022. Kolostrum Cairan Emas Air Susu Ibu (ASI). Jambi: Penerbit Salim Media Indonesia, hlm 1.

[2] Mardiani, N., dkk. 2019. Pengaruh Pemberian ASI Booster terhadap Produksi ASI Ibu Post Sectio Cesarea. Jurnal Kesehatan Pertiwi. 1(1): 26-31.

[3] Fransisca, S. 2021. Mother’s Journey. Yogyakarta: Noktah, hlm 81.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *