Info Terbaru Harga Asbes Gelombang Besar per Lembar (Berbagai Merk)

Atap merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah bangunan, entah itu rumah, gedung perkantoran, hingga hotel. Selain genteng dan galvalum, material lain yang juga sering digunakan sebagai penutup atas rumah adalah asbes. Tersedia dalam model gelombang kecil dan gelombang besar, harga asbes memang rata-rata lebih murah dibandingkan genteng.

Asbes gelombang (sumber: tribunnews)
Asbes gelombang (sumber: tribunnews)

Seperti disinggung di atas, atap adalah salah satu bagian penting dalam suatu bangunan, termasuk  rumah, karena berguna sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya dari pengaruh panas, hujan, angin, debu, dan untuk keperluan perlindungan.[1] Struktur atap juga dapat disebut sebagai bagian bangunan yang menahan atau mengalirkan beban-beban dari atap.[2]

Bacaan Lainnya

Bentuk atap sendiri ada yang datar dan ada yang miring. Selain itu, ada pula atap sandar untuk bangunan tambahan, atap pelana yang kerap dipasang di gudang-gudang rangka baja konvensional, atap tenda yang terdiri dari empat buah segitiga, atap limas yang terdiri dari dua segitiga dan dua trapesium, serta atap kombinasi pelana dan limas.

Varian Atap

Ada banyak bahan yang sudah digunakan untuk membuat atap rumah. Salah satu yang paling populer adalah atap genteng tradisional yang terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar, yang diklaim memiliki kekuatan cukup baik dan dapat dipasang pada atap dengan kemiringan 15 derajat.[3] Selain itu, ada pula atap genteng keramik yang punya warna beragam dengan tujuan melindungi genteng dari lumut.

Baca juga  Info Cara Pemakaian & Harga Bayclin 1 Liter

Model lainnya adalah atap genteng beton yang terbuat dari campuran semen PC dan pasir kasar sehingga diklaim bisa bertahan hingga 40 tahun lamanya. Ada juga atap sirap yang terbuat dari kepingan tipis ulin, atap rumbia yang terbuat dari bahan daun yang ditata sedemikian rupa, atap ijuk dari serat alam, atap seng atau metal bergelombang, atap genteng metal, atap polycarbonate, atap PVC, atap genteng aspal, hingga atap aluminium.

Kelebihan Atap Asbes

Selain varian yang disebutkan di atas, sebagian masyarakat Indonesia juga ada yang atap asbes. Dikutip dari Dekoruma, atap ini terbuat dari asbes semen dan fiber, dengan bentuk berupa lembaran tipis bergelombang yang memiliki ragam gelombang, baik kecil maupun besar. Sementara itu, ukuran panjang dan tebal yang disediakan ada bermacam-macam.

Secara umum, atap asbes memiliki karakteristik seperti seng, yakni murah, ringan, dan tahan lama. Namun, tidak seperti seng, asbes tidak menyerap panas sehingga membuat keadaan ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk.[4] Sering digunakan sebagai penutup atap garasi, beberapa orang juga asbes sebagai atap rumah tinggal mereka.

Baca juga  Update Harga RC Drift Bensin di Pasaran

Seperti disinggung di atas, kelebihan utama atap asbes adalah harganya yang murah, sehingga memungkinkan banyak orang untuk membelinya. Produk ini juga punya bobot cenderung ringan karena berbentuk lembaran dan mudah dipasang. Anda pun tidak perlu lagi memakai banyak penyangga karena umumnya atap asbes punya ukuran cukup lebar, sehingga memudahkan dalam hal instalasi.

Di pasaran, atap asbes setidaknya hadir dalam dua tipe, yakni yang bergelombang kecil dan yang punya gelombang besar. Untuk asbes dengan gelombang kecil, Anda dapat memakai paku payung untuk mengaitkan material ini ke rangka atap. Sementara itu, jika asbes gelombang besar, disarankan memakai mur khusus asbes yang pemasangannya memerlukan bor.

Asbes gelombang (sumber: 99.co)
Asbes gelombang (sumber: 99.co)

Nah, apabila Anda lebih tertarik asbes gelombang besar, tidak sulit mendapatkan material ini. Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan terdekat atau lewat situs jual beli online. Seperti diuraikan di atas, harga asbes ini relatif terjangkau, bisa ditebus mulai puluhan ribu rupiah saja per lembar. Nah, berikut kami sajikan informasi kisaran harga asbes gelombang besar.

Harga Asbes Gelombang Besar

Merk dan Ukuran Asbes Gelombang Besar Harga
Djabesmen 1.500 mm (1,5 m) Rp77.000 per lembar
Djabesmen 1.800 mm (1,8 m) Rp94.000 per lembar
Djabesmen 2.000 mm (2 m) Rp101.000 per lembar
Djabesmen 2.250 mm (2,25 m) Rp113.000 per lembar
Djabesmen 2.500 mm (2,5 m) Rp124.000 per lembar
Djabesmen 3.000 mm (3 m) Rp151.000 per lembar
Hardex 150 cm Rp79.700 per lembar
Hardex 180 cm Rp97.200 per lembar
Hardex 210 cm Rp104.000 per lembar
Hardex 240 cm Rp217.000 per lembar
Nusa 250 cm Rp95.500 per lembar
Nusa 300 cm Rp116.250 per lembar
Harflex 108 cm Rp30.900 per lembar
Harflex 240 cm Rp118.000 per lembar
Harflex 270 cm Rp161.000 per lembar
Baca juga  Harga Dosing Pump (Pompa Dosing) Berbagai Merk

Informasi harga atap asbes gelombang besar di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya memang terpantau mengalami kenaikan. Asbes Djabesmen 1.500 mm (1,5 m) misalnya, awalnya dijual Rp60 ribu per lembar dan sekarang menjadi Rp77 ribu per lembar. Sementara itu, harga asbes Harflex 240 cm naik dari Rp72 ribu per lembar menjadi Rp118 ribuan per lembar.

[1] Rahayu, Sherly Anggun & Donny Fransiskus Manalu. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap terhadap Mutu, dan Waktu. Jurnal Forum Profesional Teknik Sipil. Vol. 3(2).

[2] Royani, M. 2011. Konstruksi Atap. Semarang: Teknik Desain Arsitektur Universitas Diponegoro.

[3] Prianto, Eddy dan Agung Dwiyanto. 2013. Profil Penutup Atap Genteng Beton dalam Efisiensi Konsumsi Energi Listrik pada Skala Rumah Tinggal. Modul, Vol. 13(1): 23-34.

[4] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.