Harga Asap Cair (Grade 3, Grade 2, Grade 1)

Mungkin sebagian dari Anda belum terlalu familiar dengan asap cair. Biasa juga disebut liquid smoke, asap cair adalah cairan yang terbentuk dari kondensasi asap yang dihasilkan dari pirolisis kayu dan bahan-bahan yang mengandung lignoselulosa lainnya. Memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengawetkan makanan, bahan baku kosmetik, hingga penyubur tanah, ternyata harga asap cair sangat terjangkau.

Asap cair (sumber: carnivorestyle.com)
Asap cair (sumber: carnivorestyle.com)

Apa Itu Asap Cair?

Seperti disampaikan di atas, asap cair adalah cairan yang terbentuk dari kondensasi asap yang dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung lignoselulosa. Selain itu, asap cair juga dapat dikatakan sebagai hasil destilasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran tidak langsung maupun langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung karbon serta senyawa-senyawa lain.[1]

Bacaan Lainnya

Bahan baku untuk pembuatan asap cair bisa menggunakan apa saja yang termasuk bahan organik yang memiliki selulosa. Namun, saat ini yang lazim dipakai sebagai bahan baku untuk asap cair adalah tempurung atau batok karena pohon kelapa terdapat di mana-mana dan penggunaan tempurung kelapa sudah sangat luas, termasuk pliku, kopra, arang, dan olahan lainnya.

Sementara itu, metode yang sering digunakan untuk membuat asap cair adalah pirolisis, yakni peruraian dengan bantuan panas tanpa adanya oksigen atau dengan jumlah oksigen yang terbatas. Biasanya, terdapat tidak produk dalam proses pirolisis, yaitu gas, minyak pirolisis, dan arang, dengan proporsi tergantung metode pirolisis, karakteristik biomassa, dan parameter reaksi.

Terdapat beberapa cara memanfaatkan yang tersimpan dalam biomassa melalui pirolisis. Pembakaran langsung adalah cara yang paling tua yang digunakan. Biomassa yang dibakar dapat langsung menghasilkan panas, tetapi cara ini hanya mempunyai efisiensi sekitar 10 persen. Cara lainnya adalah dengan mengubah biomassa menjadi cairan. Cara ini digunakan karena mudah dalam penyimpanan, pengangkutan, dan pembakaran. Cairan yang dihasilkan dari biomassa dapat berupa crude bio-oil.

Manfaat Asap Cair

  • Asap cair telah lama digunakan sebagai bahan pengawet makanan, seperti ikan, tahu, bakso, atau daging. Menurut situs resmi Universitas Airlangga, keuntungan penggunaan asap cair sebagai bahan pengawet adalah mampu menjaga kadar protein dan lemak yang terkandung dalam bahan tersebut jika dibandingkan dengan bahan pengawet yang lain. Asap cair dapat mengawetkan makanan karena mengandung senyawa asam, fenolat, dan karbonil.[2]
  • Selain sebagai bahan pengawet makanan, asap cair juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tanah dan menetralkan asam tanah, membunuh tanaman dan mengontrol pertumbuhan tanaman, pengusir , hingga mempercepat pertumbuhan akar, batang, umbi, daun, bunga, dan buah.[3] Dengan demikian, asap cair diyakini dapat menggantikan fungsi pestisida kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.
  • Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asap cair mungkin dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Hewan coba yang diberi asap cair, menunjukkan ekspresi NFkB dan TNF-a yang lebih rendah dibandingkan dengan hewan coba yang diberikan benzydamine HCl, baik selama 3, 5 hari maupun 7 hari. Pemberian asap cair yang mengandung senyawa fenol dan 2-metoksi fenol atau guaiacol dikatakan dapat menghambat aktivasi NFkB, sehingga produksi TNF-a akan berkurang dan produksi kolagen meningkat, sehingga mempercepat proses penyembuhan sariawan.
Asap cair (sumber: thespruceeats)
Asap cair (sumber: thespruceeats)

Nah, apabila Anda juga tertarik dengan manfaat yang ditawarkan asap cair, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, asap cair sudah dijual bebas di pasaran dalam negeri. Biasanya, produk ini dibedakan berdasarkan grade, mulai grade 1 hingga premium. Semakin bening asap cair, maka harganya biasanya akan semakin mahal. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga asap cair saat ini.

Harga Asap Cair

/Kemasan Asap Cair Harga
Asap Cair Grade 3 250 ml Rp10.000
Asap Cair Grade 3 500 ml Rp16.500
Asap Cair Grade 3 1 liter Rp31.000
Asap Cair Grade 2 250 ml Rp20.000 – Rp30.000
Asap Cair Grade 2 1 liter Rp65.000
Asap Cair Grade 1 (Premium) 100 ml Rp30.000
Asap Cair Grade 1 (Premium) 250 ml Rp50.000
Asap Cair Grade 1 (Premium) 1 liter Rp120.000

Informasi harga asap cair di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online domestik. Perlu Anda catat bahwa harga asap cair tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, harga asap cair grade 3 250 ml tahun lalu Rp15 ribu sampai Rp19 ribuan, sedangkan harga asap cair grade 2 kemasan 1 liter berkisar Rp51 ribuan.

[1] Kamulyan, B. 2008. Isolasi Bahan (Biofuels) dari Tar-Asap Cair Hasil Pirolisis Tempurung Kelapa (Tesis). FMIPA Universitas Gadjah Mada.

[2] Kasim, Fitriani, Arum Nur Fitrah, Erliza Hambali. Op cit.

[3] AB, Basri. 2010. Manfaat Asap Cair untuk Tanaman. Serambi Pertanian, Vol. IV(5).

Pos terkait