Info Terkini Harga As Kruk Tiger Original (Baru dan Second)

Ada banyak masalah yang membuat mesin sepeda motor bergetar parah, salah satunya karena as kruk yang tidak seimbang atau balance. Seperti diketahui, as kruk atau juga sering disebut poros engkol adalah komponen utama dalam suatu mesin pembakaran dalam. Nah, apabila kebetulan kruk as motor Anda ngadat atau rusak, cara satu-satunya adalah membeli yang baru. Untungnya, saat ini sudah banyak bengkel yang menyediakan as kruk untuk berbagai motor, termasuk Honda Tiger, meskipun harganya memang tidak bisa dikatakan murah.

Honda Tiger (sumber: pinterest)
Honda Tiger (sumber: pinterest)

Memang, saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang sudah bisa memiliki mobil sebagai sarana transportasi. Secara umum, mereka membeli kendaraan roda empat untuk menikmati dua fungsi, yaitu sebagai sarana untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dan mengangkut barang dalam aktivitas sehari-hari, serta memperoleh prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[1]

Bacaan Lainnya

Meski demikian, sepeda motor masih menjadi moda transportasi favorit banyak penduduk Tanah Air. Sepeda motor ini merupakan tipe kendaraan yang dapat dimiliki oleh berbagai kalangan ekonomi, mulai dari kalangan atas, menengah, bahkan hingga kalangan ekonomi ke bawah. Pasalnya, sepeda motor bukan cuma alat transportasi gerak cepat, melainkan juga alat transportasi yang praktis dan terjangkau, serta dianggap mampu menghemat waktu dan irit bahan bakar, terutama ketika kondisi lalu lintas semakin padat.[2][3]

Baca juga  Harga Dosing Pump (Pompa Dosing) Berbagai Merk

Layaknya mobil, setiap pemilik sepeda motor disarankan untuk merawat kendaraan mereka dengan baik. Perawatan standar, seperti mengganti oli, wajib dilakukan agar kinerja kuda besi dapat tetap optimal. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari dan mengenali komponen mesin motor, salah satu as kruk sebagai langkah antisipasi jika ada bagian yang bermasalah.

Apa Itu As Kruk?

Mungkin banyak orang awam yang tidak tahu apa itu as kruk. Sering pula disebut poros engkol atau crankshaft dalam istilah bahasa Inggris, as kruk adalah bagian pada mesin yang mengubah gerak vertikal/horizontal dari piston menjadi gerak rotasi (putaran). Untuk mengubahnya, sebuah crankshaft membutuhkan pena engkol (crank pin), sebuah bearing tambahan yang diletakkan di ujung batang penggerak pada setiap silindernya.

Seperti diketahui, tenaga yang digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan dihasilkan dari proses pembakaran. Hasil pembakaran ini bisa menggerakkan torak, kemudian lewat batang torak dan diubah menjadi gerakan putar oleh as kruk. Komponen ini dibuat sedemikian rupa sehingga tidak memiliki gerak bersamaan dengan bagian torak di dalam silinder. Bagian poros engkol yang berhubungan dengan batang torak disebut crank pin, sedangkan yang duduk pada blok silinder disebut crank journal.

Baca juga  Update Harga Pasang Lingual Braces untuk Gigi

Selain as kruk, bearing as kruk juga memiliki yang tidak kalah penting. Kegunaan bearing as kruk ini adalah membantu gerakan dan menyelaraskan putaran as kruk. Selain itu, bearing berperan dalam menahan bobot dorongan dalam semua langkah piston. Karena itu, jika bearing as kruk aus, maka akan menimbulkan efek samping pada mesin sepeda motor, termasuk bergetar hebat.

Nah, apabila kebetulan sepeda motor Anda Honda Tiger dan sedang membutuhkan as kruk, tidak sulit mendapatkan komponen ini. Pasalnya, Anda bisa membelinya di bengkel otomotif terdekat atau lewat jual beli online. Namun, karena Tiger saat ini sudah tidak diproduksi, harga as kruk kuda besi tersebut memang tidak bisa dikatakan murah.

As kruk Tiger (sumber: biggo.id)
As kruk Tiger (sumber: biggo.id)

Harga As Kruk Tiger

/Tipe As Kruk Tiger Harga
NTN Bearing As Kruk Tiger Rp500.000
As Kruk Tiger Original Langkah 70 Rp900.000
As Kruk Tiger Revo Original Rp915.000 – Rp1.150.000
As Kruk Tiger Revo S720 Faito Rp1.200.000
As Kruk Tiger Original Langkah 72 Rp1.250.000
As Kruk Tiger Original Langkah 80 Rp1.400.000 – Rp2.082.500
BRT As Kruk Tiger Rp1.550.000 – Rp1.850.000
As Kruk Tiger 2000 NOS Original Mar 772 Rp6.500.000

Informasi harga as kruk Honda Tiger di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel sepeda motor dan e-commerce. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya mengalami sedikit kenaikan. NTN bearing as kruk Tiger misalnya, awalnya dijual Rp450 ribu dan sekarang menjadi Rp500 ribu. Sementara itu, harga as kruk Tiger original langkah 70 yang semula Rp850 ribu, saat ini menjadi Rp900 ribuan.

Baca juga  Info Terbaru Harga, Kandungan, & Manfaat Produk Glumory

Selain produk baru, saat ini juga banyak yang menawarkan as kruk Tiger dalam kondisi bekas atau second. As kruk Honda Tiger Revo original keluaran tahun 2013 misalnya, sekarang dijual dengan harga rata-rata Rp595 ribu hingga Rp1 jutaan, tergantung kondisi barang. Sementara itu, untuk as kruk kepunyaan Tiger Revo produksi 2012, harganya bisa mencapai Rp1,46 jutaan.

[1] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[2] Amrullah, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen UNMUL, Vol. 13(2): 99-118.

[3] Marsaid, M. Hidayat, Ahsan. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya, Vol. 1(2): 98-112.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.