Info Manfaat dan Update Harga Aquades di Pasaran (Semua Kemasan)

Bagi Anda yang sehari-harinya berkecimpung dalam laboratorium kimia pasti sudah tidak asing lagi dengan Aquades. Ini adalah air murni hasil dari proses penyulingan air mineral. Berguna untuk mencuci alat-alat laboratorium hingga sebagai pelarut, aquades sudah dijual di banyak toko, apotik, maupun situs dengan harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kemasan.

Manfaat Aquades - www.tokopedia.com
Manfaat Aquades – www.tokopedia.com

Dikutip dari Wikipedia, air mineral, seperti namanya, adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini. Air mineral biasanya masih memiliki buih dan bersumber dari mata air yang berada di alam.

Bacaan Lainnya

Orang awam sering menyamakan air mineral dengan air putih karena memang memiliki tekstur dan warna mirip. Namun, secara kandungan, kedua air tersebut sangat berbeda. Sumber air mineral dan air putih pun tidak sama. Jika air mineral diperoleh dari daerah yang kaya akan mineral, maka air putih biasanya didapatkan dari sumber seperti , danau, atau sumber alami lainnya.

Perbedaan lainnya adalah air mineral diklaim merupakan sumber nutrisi yang lebih baik dan punya lebih banyak manfaat kesehatan daripada air putih. Air mineral pun juga umumnya memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan air biasa. Namun, harga air putih cenderung lebih murah daripada air mineral. Bahkan, air putih dapat diperoleh secara gratis.

Pengertian Aquades

Meski punya banyak manfaat kesehatan, seperti diklaim dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat kolesterol LDL, membantu pencernaan, menjaga kinerja otot, menjaga keseimbangan elektrolit, mengurangi risiko batu ginjal, hingga menjaga kecantikan kulit, namun air mineral tidak cocok untuk proses kimiawi. Karena itu, air ini harus disuling terlebih dahulu, yang lantas menghasilkan air bernama aquades.

Menurut beberapa sumber, aquades secara sederhana dapat dikatakan sebagai air mineral yang sudah diproses dengan cara distilasi (disuling) sehingga diperoleh air murni (H2O) yang bebas mineral. Aquades sendiri terbentuk dari dua kata, yakni aqua dan distilasi. Aqua adalah air, sedangkan distilasi adalah proses penyulingan. 

Proses distilasi ini merupakan suatu proses dengan cara pemisahan bahan kimia menurut perbedaan kecepatan yang menguap atau volatilitas, yakni dengan suatu teknik pemisahan berdasar dengan perbedaan titik didih yang bertujuan untuk memperoleh senyawa murni. Air aquades ini biasanya dihasilkan satu kali dari proses penyulingan, tetapi terkadang masih mengandung mineral, namun jumlahnya tidak sebanyak air mineral. 

Manfaat Aquades

Penggunaan aquades di laboratorium (sumber: labmanager.com)
Penggunaan aquades di laboratorium (sumber: labmanager.com)
  • Sebagai salah satu bahan utama dalam praktik laboratorium. Dalam penelitian kimia atau fisika, aquades bisa dimanfaatkan untuk pencampur zat atau bahan-bahan kimia padatan atau serbuk yang akan dibuat menjadi larutan. Hampir sebagian besar larutan dibuat menggunakan aquades. Hal ini disebabkan aquades merupakan pelarut yang universal (umum) dan kebanyakan bahan-bahan kimia padat atau serbuk larut dalam air sehingga sangat cocok dengan aquades.
  • Selain sebagai bahan pelarut, aquades di laboratorium juga digunakan untuk mencuci alat-alat gelas bekas praktikum atau penelitian. Kita ketahui bersama bahwa alat-alat gelas digunakan untuk mencampurkan berbagai macam bahan kimia. Membersihkannya tentu diperlukan bahan yang baik dan dapat membersihkan alat gelas secara sempurna. Nah, aquades yang merupakan air murni sangat cocok digunakan untuk membersihkan alat-alat tersebut.
  • Manfaat lain dari aquades atau air murni ini ialah dapat digunakan dalam proses pengolahan baja. Telah banyak diketahui dan dilakukan bahwa aquades berguna dalam pemotong baja dan pendingin mesin karena alat atau mesin tersebut akan membutuhkan air sebagai pendingin. Tidak hanya itu, aquades juga dapat menghambat adanya kerak dan lumut yang akan berkembang. Hal ini menjadikan aquades sebagai air yang sangat bermanfaat untuk industri, khususnya dalam pengolahan baja.
  • Aquades pun memiliki manfaat lainnya, yaitu sebagai air aki. Aki pasti akan membutuhkan air untuk mesinnya, dan aquades biasanya digunakan untuk air aki tersebut. Misalnya saja, untuk perawatan terhadap pengisi aki pada motor ataupun mobil. 

Cara Membuat Aquades

  1. Sebagai salah satu bahan utama dalam praktik laboratorium. Dalam penelitian kimia atau fisika, aquades bisa dimanfaatkan untuk pencampur zat atau bahan-bahan kimia padatan atau serbuk yang akan dibuat menjadi larutan. Hampir sebagian besar larutan dibuat menggunakan aquades. Hal ini disebabkan aquades merupakan pelarut yang universal (umum) dan kebanyakan bahan-bahan kimia padat atau serbuk larut dalam air sehingga sangat cocok dengan aquades.
  2. Selain sebagai bahan pelarut, aquades di laboratorium juga digunakan untuk mencuci alat-alat gelas bekas praktikum atau penelitian. Kita ketahui bersama bahwa alat-alat gelas digunakan untuk mencampurkan berbagai macam bahan kimia. Membersihkannya tentu diperlukan bahan yang baik dan dapat membersihkan alat gelas secara sempurna. Nah, aquades yang merupakan air murni sangat cocok digunakan untuk membersihkan alat-alat tersebut.
  3. Manfaat lain dari aquades atau air murni ini ialah dapat digunakan dalam proses pengolahan baja. Telah banyak diketahui dan dilakukan bahwa aquades berguna dalam pemotong baja dan pendingin mesin karena alat atau mesin tersebut akan membutuhkan air sebagai pendingin. Tidak hanya itu, aquades juga dapat menghambat adanya kerak dan lumut yang akan berkembang. Hal ini menjadikan aquades sebagai air yang sangat bermanfaat untuk industri, khususnya dalam pengolahan baja.
  4. Aquades pun memiliki manfaat lainnya, yaitu sebagai air aki. Aki pasti akan membutuhkan air untuk mesinnya, dan aquades biasanya digunakan untuk air aki tersebut. Misalnya saja, untuk perawatan terhadap pengisi aki pada motor ataupun mobil. 

Namun, apabila Anda tidak terlalu mahir membuat aquades sendiri, tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini sudah banyak toko bahan kimia maupun situs jual beli online yang menawarkan air ini. Harga bervariasi, tergantung dengan kemasannya. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga aquades di pasaran dalam negeri pada dan 2022.

Harga Aquades

Air aquades (sumber: tokopedia)
Air aquades (sumber: tokopedia)
Kemasan Aquades Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Aquades 100 ml Rp4.000 – Rp18.000 Rp7.900
Aquades 500ml Rp5.500 – Rp12.000 Rp15.000
Adesta Aquades 100 ml Rp11.000 – Rp24.000 Rp15.000
Onemed WaterOne Aquades 1 liter Rp16.999
Aquades 1 liter Rp5.000 – Rp20.000 Rp22.500
Aquades 5 liter Rp22.500 – Rp90.100 Rp30.000
Aquades 10 liter Rp70.000 Rp72.999
Aquades 20 liter Rp70.000 – Rp110.000 Rp88.900

Jika dibandingkan dengan tahun 2019, harga Aquades tahun 2020 hingga 2022 mengalami perubahan. Sebagai perbandingan, tahun 2019 harga aquades berkisar mulai Rp10 ribu sampai Rp250 ribu, berubah menjadi Rp4.500 – Rp146.000 di tahun 2020, berubah lagi menjadi seperti tabel di atas di tahun 2021 hingga 2022.

Harga aquades di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan-bahan kimia, apotik, maupun e-commerce. Banderol aquades tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda dapat datang langsung ke toko bahan kimia terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait