Update Harga Antivirus Komputer (Berbagai Merk)

Tidak cuma manusia yang dapat terserang virus. Perangkat elektronik Anda seperti komputer, laptop, dan bahkan smartphone juga bisa menjadi sarang virus. Jika ini dibiarkan, berpotensi mengganggu kinerja alat, bisa membuat data-data penting Anda hilang, dan bahkan bisa menjadikan perangkat Anda tidak berfungsi alias rusak. Karena itu, pemasangan antivirus sangat disarankan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Sudah banyak antivirus yang dapat dipilih, baik yang gratis maupun yang harus dibeli dengan harga yang sebenarnya relatif terjangkau.

Ilustrasi: antivirus komputer
Ilustrasi: antivirus komputer

Di era yang serba digital seperti sekarang, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan komputer. Berasal dari bahasa Latin, computare yang artinya menghitung, komputer dapat diterjemahkan sebagai sekumpulan elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses), dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol yang tersimpan di memorinya.[1]

Bacaan Lainnya

Komputer dapat melakukan banyak fungsi yang penting bagi pekerjaan. Kegunaan utama perangkat ini tentu saja menyimpan data berupa soft file yang nantinya bisa dicetak dengan printer. Komputer juga dapat digunakan untuk membantu melakukan transaksi perdagangan, mendesain gambar, bahkan sebagai media hiburan seperti menonton film dan gaming.

Baca juga  Specs dan Info Terkini Harga Laptop Toshiba Satellite L510

Seiring waktu, bentuk komputer yang besar dan berat bertransformasi menjadi lebih ramping dan fleksibel. Dinamakan laptop, komputer jinjing ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama banyak kalangan, mulai pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha, hingga para profesional. Banyak yang memilih notebook dibandingkan PC desktop lantaran lebih fleksibel dan mudah dibawa ke mana saja.[2]

Ketika orang menggunakan komputer atau laptop, tentu saya diperlukan suatu proses ideal, yaitu dapat memakainya dengan lancar, aman, dan nyaman, tidak mendapatkan gangguan dari pihak manapun. Sayangnya, tidak bisa disangkal jika mungkin ada saja gangguan yang dapat menimbulkan masalah pada komputer, terutama yang berasal dari apa yang disebut virus komputer.

Seperti halnya virus yang menyerang manusia, virus komputer juga bisa membuat kinerja perangkat tidak maksimal. Virus komputer berindikasi mengganggu pemakaian komputer, seperti mengurangi kecepatan akses, menghilangkan data, menghambat proses membuka akses data, sampai menampilkan gambar-gambar yang tidak layak dilihat.[3] Bahkan, ada virus yang disusupi hacker dengan tujuan memeras pengguna komputer.

Apa Itu Antivirus Komputer?

Nah, untuk menanggulangi atau mencegah adanya virus, Anda memerlukan antivirus komputer. Secara sederhana, ini adalah penangkal virus, bertujuan untuk memeriksa dan menghapus virus. antivirus mampu mendeteksi virus dan mencegah akses ke dokumen yang terinfeksi, dan juga mampu menghilangkan infeksi yang terjadi.[4]

Baca juga  Info Terkini Daftar Laptop Second Harga di Bawah 2 Juta

Saat ini, ada banyak antivirus yang telah beredar untuk pengguna komputer di Indonesia. Beberapa nama yang diklaim terbaik dan populer antara lain McAfee, Bitdefender, Kaspersky, Eset, Avast, Norton, Total AV, Sophos, Webroot, dan Panda. Nama lainnya yang juga sering direkomendasikan adalah SMADAV, AVG Antivirus, Surfshark, dan lainnya.

Biasanya, menyediakan akses gratis untuk antivirus mereka dalam jangka waktu tertentu, umumnya satu bulan. Setelah itu, untuk terus menggunakannya dan mendapatkan akses premium, pengguna diminta membeli atau berlangganan. Harga antivirus-antivirus ini bervariasi, tetapi rata-rata berada di angka ratusan ribu rupiah. Sebagai referensi, berikut harga antivirus komputer di pasaran saat ini.

Harga Antivirus Komputer

Ilustrasi: antivirus komputer (sumber: softwarlabs.org)
Ilustrasi: antivirus komputer (sumber: softwarlabs.org)
Merk Antivirus Harga
Avast Cleanup Premium 1-year subscription Rp160.000
Avast Premium 1-year subscription Rp200.000
Avast SecureLine VPN 1-year subscription Rp290.000
Avast Ultimate 1-year subscription Rp300.000
McAfee Internet Security 3 year Rp380.000
McAfee LiveSafe 3 year Rp450.000
McAfee Total Protection 3 year Rp675.000
Kaspersky Antivirus 1 year Rp122.500
Kaspersky Internet Security 1 year Rp295.000
Kaspersky Total Security 1 year Rp370.500
Kaspersky Small Office Security v.5 KSSOS1-5 Rp2.109.000
Bitdefender Antivirus for Mac 1 year Rp174.000
Bitdefender Antivirus UMKM 1 year 5 PC Rp932.500
Bitdefender Antivirus UMKM 1 year 10 PC R[1.598.500
Bitdefender Antivirus UMKM 1 year 20 PC Rp2.819.000
Trend Micro Maximum Premium Rp202.000
Trend Micro Internet Security Rp257.000
ESET NOD32 1 year Rp211.000
ESET NOD32 2 year Rp265.000
ESET Internet Security 1 year Rp286.000
ESET Cyber Security Pro 1 year Rp286.000
AVG Antivirus Ultimate 2 year Rp70.000
Norton Antivirus Basic Rp120.000
Norton Security Standard Antivirus Rp346.000
Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga dan Cara Daftar Paket Internet Kartu As Bulanan

harga antivirus komputer di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko komputer dan sejumlah situs jual beli online, berlaku untuk satu user. Perlu Anda catat bahwa harga antivirus komputer tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pada penawaran sebelumnya, harga Kaspersky mulai Rp240 ribuan per user, sedangkan harga Eset NOD 32 berkisar Rp550 ribuan untuk tiga user.

[1] Rosdiana. 2016. Dasar Komputer. Makassar: Penerbit Aksara Timur, hlm. 1.

[2] Kurmasela, Grace P., dkk. 2013. Hubungan Waktu Penggunaan Laptop dengan Keluhan Penglihatan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik (eBM), Vol. 1(1): 291-299.

[3] Firdaus, Diky. 2016. Analisa Kaitan Virus Komputer, Etika dan Hukum Indonesia. Jurnal Ilmiah FIFO, Vol. VIII(2): 106-111.

[4] Hardi, Richki. 2015. Pengembangan Antivirus Berbasis Client Server. Telematika, Vol. 12(2): 82-98.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *