Harga Antimo Terbaru (Tablet Dewasa, Anak, dan Herbal)

Antimo merupakan salah satu obat yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Obat ini sendiri biasanya dikonsumsi untuk mengatasi gejala mabuk selama perjalanan menggunakan mobil, kereta api, kapal, hingga pesawat terbang, seperti mual dan pusing. Tersedia untuk orang dewasa dan anak-anak, harga Antimo di pasaran cukup terjangkau.

Dirangkum dari Alodokter.com, mabuk perjalanan dikatakan sebagai suatu kondisi tidak nyaman yang dialami seseorang ketika bepergian dengan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. Mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

Mengalami mabuk dalam perjalanan - www.vox.com

Mengalami mabuk dalam perjalanan - www.vox.com

Masih menurut sumber yang sama, mabuk perjalanan bisa dialami ketika otak menerima pesan yang membingungkan dari saraf telinga bagian dalam, , kulit, serta sensor otot dan sendi. Contohnya, ketika sedang berada di dalam kabin kapal yang sedang bergerak, telinga bagian dalam Anda merasakan gerakan gelombang, tetapi mata Anda tidak melihat adanya pergerakan.

Kasus lain, ketika naik pesawat, Anda merasakan adanya turbulensi, sedangkan mata Anda tidak bisa melihat hal tersebut. Pertentangan antara indera inilah yang membuat otak kebingungan hingga menyebabkan mabuk perjalanan. Selain itu, kondisi jalanan yang buruk, kurangnya kadar oksigen, mencium aroma tajam seperti bau makanan, atau membaca buku juga bisa memicu terjadinya mabuk perjalanan.

Faktor risiko lain yang membuat Anda terkena mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh rasa takut dan cemas selama perjalanan. Ventilasi perjalanan yang tidak baik dan bahkan ketidakmampuan Anda melihat kondisi di luar jendela kendaraan yang Anda tumpangi juga bisa memicu mabuk perjalanan. Reaksi tubuh biasanya dilakukan dengan memunculkan rasa mual dan pusing.

Jika pusing dan mual selama perjalanan masih tergolong ringan, kemungkinan Anda tidak membutuhkan obat mabuk perjalanan. Keluhan yang Anda rasakan tersebut dapat berkurang dengan melakukan hal-hal seperti santai sambil mendengarkan musik, duduk diam dan menutup mata (atau tiduran jika memungkinkan), melihat ke kejauhan, membuka jendela mobil atau naik ke dek kapal untuk mendapatkan udara atau angin segar, tetap tenang dan bernapas secara teratur selama perjalanan, banyak minum air putih, mengonsumsi makanan kecil, dan minum air jahe.

Mabuk perjalanan sendiri bukan merupakan kondisi serius. Jika cara-cara di atas tidak efektif, Anda bisa mengonsumsi obat anti-mabuk. Konsumsi obat ini bisa dilakukan sebelum gejala muncul atau saat gejala muncul, tetapi waktu yang paling disarankan ialah 1-2 jam sebelum melakukan perjalanan. Obat golongan antihistamin, seperti dimenhydrinate, merupakan contoh obat anti-mabuk perjalanan yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat hyoscine atau scopolamine dan antidopaminergik.

Komposisi Antimo

Nah, salah satu obat anti-mabuk yang cukup terkenal di kalangan konsumen dalam negeri adalah Antimo. Ini adalah obat produksi Mandjur yang telah mengandung dimenhydrinate dan sering digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengurangi gejala mabuk perjalanan seperti pusing, mual, dan muntah. Antimo diklaim sangat cocok bagi Anda yang mengalami mabuk perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, kapal, kereta api, dan pesawat udara.

Ilustrasi: Produk Obat Antimo (credit: Lazada)

Ilustrasi: Produk Obat Antimo (credit: Lazada)

Indikasi Antimo

  • Mencegah dan mengurangi gejala mabuk perjalanan.
  • Membantu meredakan rasa mual, muntah, dan pusing.
  • Membantu menenangkan pikiran dalam perjalanan.
  • Cocok untuk digunakan saat perjalanan jauh menggunakan mobil, kereta, kapal, dan pesawat terbang.
  • Antimo
  • Dewasa dan anak-anak usia di atas 12 tahun; 1 tablet (50 mg), dengan sehari tidak lebih dari 8 tablet (400 mg).
  • Anak berumur 8 tahun sampai 12 tahun; setengah tablet (25 mg), dengan sehari tidak lebih dari 3 tablet (150 mg).
  • Diminum setengah jam sebelum bepergian, dan jika perlu dapat diulang tiap 4 jam.

Tidak sulit mendapatkan Antimo karena obat ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membeli Antimo di berbagai toko obat, apotik, swalayan, , toko kelontong, bahkan di situs jual beli online. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru mengenai harga obat Antimo yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Antimo

Varian AntimoHarga
Antimo TabletRp4.923 per strip (10 tablet)
Antimo Anak Cair 5 mlRp2.000 per sachet
Rp14.332 per box
Antimo Anak Cair Strawberry 5 mlRp2.000 per sachet
Rp14.990 per box
Antimo Herbal 15 mlRp27.192 per box

Perlu Anda ketahui bahwa harga Antimo di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan apotek atau toko obat yang Anda kunjungi. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, harga Antimo berkisar Rp1.900 hingga Rp24.000, tergantung varian dan kemasannya. Lalu pada 2020, terjadi sedikit kenaikan harga Antimo dari per sachet hanya Rp1.900 menjadi Rp2 ribuan. 

Memasuki 2021, harga Antimo terbilang mengalami perubahan jika dibandingkan 2020 lalu. Misalnya, Antimo tablet yang semula ditawarkan seharga Rp5 ribuan, kini turun sedikit menjadi Rp4.923 per strip . Begitu pula Antimo anak cair 5 ml yang turun sedikit dari Rp14.487 menjadi Rp14.332 per box. Sedangkan Antimo anak cair rasa stroberi terbilang naik dari harga Rp14.784 menjadi Rp14.990 per box.

Ilustrasi: Harga Antimo Tablet (credit: Shopee)

Ilustrasi: Harga Antimo Tablet (credit: Shopee)

Antimo

  • Depresi SSP seperti mengantuk, lesu, pusing, dan gangguan koordinasi (terutama pada anak-anak).
  • Sakit kepala, gangguan psikomotor, efek antimuskarinik seperti mulut kering, pandangan kabur, retensi urine, konstipasi, dan peningkatan reflux lambung.
  • Gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan nyeri epigastrik.
  • Cardiac arrhythmia atau palpitasi.

Selain itu, pihak perusahaan juga memberikan peringatan bahwa Antimo tidak boleh digunakan pada bayi prematur dan bayi yang baru lahir. Efek antiemetik-nya dapat mengganggu diagnosis pada keadaan appendicitis dan dapat menutupi tanda-tanda toksik akibat overdosis obat lain. Obat ini pun dapat meningkatkan efek sedatif dari depresan SSP seperti alkohol, barbiturat, hipnotik, analgesik, opioid, sedatif ansiolitik, dan anti-psikotik.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari mabuk selama perjalanan. Hindari mengonsumsi makanan sebelum perjalanan dan pilihlah camilan. Pilih posisi duduk yang membuat mata leluasa memandang lurus searah jalan, atau posisi duduk yang minim guncangan. 

Jika Anda naik kereta api atau kapal laut, jauhi tempat-tempat yang sering mengeluarkan bau khas, seperti kafetaria atau ruang mesin. Ketika sudah merasa tidak enak badan, pusing, atau mual, usahakan untuk segera membaringkan diri dan memejamkan mata sampai gejala yang dirasakan mereda.

[Update: Ditta]

Baca juga  Cara Penggunaan dan Harga Terbaru Rivanol untuk Mengobati Luka
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Antimo Terbaru (Tablet Dewasa, Anak, dan Herbal)"