Info Harga Anthurium Sirih Keraton

Anthurium sirih atau kerap disebut sirih keraton merupakan salah satu hias yang sempat populer beberapa waktu lalu. Bahkan, tanaman satu ini bisa dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah. Meskipun hanya berupa tanaman hias daun, nyatanya anthurium sirih keraton memiliki keindahan tersendiri.

Anthurium sirih keraton (sumber: 305greenery.com)
Anthurium sirih keraton (sumber: 305greenery.com)

Tentang Anthurium Sirih Keraton

Anthurium ‘Sirih’ (Anthurium radicans) memiliki sosok mirip dengan daun sirih. Hanya saja, ukuran daunnya lebih besar dan lebar. Apalagi jenis ‘Sirih’ giant, berukuran 5 kali lipat lebih besar dari anthurium ‘Sirih’, tingginya dapat mencapai 1 meter. Bentuk daun anthurium ‘Sirih’ pada umumnya seperti hati dengan permukaan daun bergelombang/keriput mengikuti garis-garis urat daunnya. Warna hijau tua pada daun tampak memikat. Beberapa variannya memiliki warna daun hijau kemerahan.[1]

Bacaan Lainnya

Daun anthurium sirih cukup lebar dan mempunyai pertulangan unik seperti daun sirih. Tajuk dan susunan daunnya pun sangat rapi, teratur, dan sedap dipandang. Anthurium jenis ini bernilai jual tinggi dan banyak diburu kalangan kolektor.[2]

Perbanyakan anthurium dapat dilakukan, baik secara generatif maupun vegetatif. Perbanyakan generatif adalah pengembangan tanaman melalui perkawinan atau penyerbukan. Sedangkan perbanyakan secara vegetatif adalah pengembangan tanaman di luar perkawinan atau penyerbukan, misalnya dengan cara setek, cangkok, atau pemisahan anakan.[3] Berikut cara memperbanyak anthurium sirih, seperti dilansir dari Agromedia.

Cara Perbanyakan Anthurium Sirih dengan Biji

  1. Tentukan bunga betina yang akan diserbuki. Pilih bunga yang putiknya telah matang.
  2. Tentukan bunga jantan matang yang akan menyerbuki. Bunga jantan bisa berasal dari satu tanaman yang sama atau dari tanaman yang berbeda.
  3. Ambil serbuk sari dengan cara menggosok-gosokkan jari tangan atau kuas ke bunga jantan yang sudah mekar.
  4. Oleskan jari tangan atau kuas yang sudah tertempel serbuk sari ke bunga betina hingga serbuk sari menempel pada putik. Ulangi 2-3 kali dalam satu minggu untuk meningkatkan keberhasilan proses penyerbukan anthurium.
  5. Selubungi bunga betina yang sudah diserbuki tersebut dengan plastik transparan.
  6. Tunggu sekitar 3 minggu. Biasanya, penyerbukan yang berhasil ditandai dengan tongkol bunga yang berwarna hijau dan bertekstur kasar lantaran mulai terbentuk tonjolan buah. Sebaliknya, proses penyerbukan yang gagal ditandai dengan menguningnya tongkol bunga sekitar 2 minggu kemudian. Tongkol bunga yang gagal penyerbukan kondisinya akan dan mati.

Cara Perbanyakan Anthurium Sirih dengan Setek Batang

Anthurium sirih keraton (sumber: aroidcenter.com)
Anthurium sirih keraton (sumber: aroidcenter.com)
  1. Siapkan stek seperti pisau tajam yang telah disterilkan terlebih dahulu dengan cara direbus atau diolesi dengan alkohol 70%.
  2. Bongkar tanaman anthurium sirih Anda secara hati-hati, yakni dengan cara mencabut tanaman dari pot tanpa merusak perakarannya. Bersihkan sisa-sisa media tanam yang menempel di akar dengan cara disemprot dengan air.
  3. Potong tanaman di pangkal batang menjadi 2 bagian. Usahakan tanaman terputus hanya dalam sekali potong. Bagian atas yang dipotong adalah pangkal batang dengan beberapa akar dan daun, sedangkan bagian bawah semuanya merupakan batang.
  4. Potong batang jadi beberapa bagian. Tiap potongan panjangnya sekitar 5 cm dan mempunyai 1-2 mata tunas. Banyak potongan yang diperoleh tergantung dari panjang batang yang tersedia.
  5. Olesi bekas potongan dengan memakai fungisida seperti Cobox atau Dithane M-45 untuk mencegah pembusukan akibat jamur. Fungisida bisa dipakai sesuai dosis yang tertera di kemasan produk. Supaya setek cepat tumbuh akar, Anda bisa mengoleskan zat perangsang akar seperti Atonik atau Root Up.
  6. Tanam setiap bagian setek pada media semai yang merupakan campuran dari cacahan pakis dan arang sekam dengan perbandingan yang sama. Usahakan potongan bagian atas muncul dari permukaan media semai. Bagian yang mempunyai daun dapat ditanam tersendiri. Simpan pot semai di tempat yang terlindung dari sinar matahari. Rawat bibit semai dengan cara disiram menggunakan air secukupnya secara teratur hingga tunas-tunas baru bermunculan.

Harga Anthurium Sirih Keraton

Jenis Anthurium Sirih Keraton Harga (Rp)
Anthurium sirih 1-2 daun (ukuran 2-3 jari) 15.000
Anthurium sirih 3-6 daun (ukuran kecil) 25.000
Anthurium sirih 5 daun 285.000
Anthurium sirih jumbo (panjang daun 37-44 cm & jumlah daun 13) 9.800.000

Informasi harga anthurium sirih keraton di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu diingat bahwa harga anthurium sirih keraton bisa berubah sewaktu-waktu dan harga di setiap tempat bisa berbeda-beda.

[1] PS, Redaksi. 2008. The Best Of Anthurium. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 204.

[2] Lestari, G & Sugiono B. 2007. Memperbanyak Anthurium Daun. Jakarta: Niaga Swadaya, hlm 18.

[3] Tanjung, H & Agus A. 2007. Mengenal & Merawat Anthurium Daun. Lukito AM, editor. Jakarta: Agromedia Pustaka, hlm 34.

Pos terkait