Karakteristik dan Update Harga Anjing Siberian Husky Baby

Anda mungkin pernah mendengar, atau malah bertemu dengan anjing jenis Siberian Husky. Ini adalah salah satu jenis anjing ras berukuran sedang yang memiliki bulu tebal. Meski sekilas tampak ganas, anjing Siberian Husky ternyata tergolong sabar dan bahkan terlalu baik kepada orang yang bukan pemiliknya. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak yang mencari anjing jenis ini, terutama yang masih bayi (baby) meskipun harga jualnya bisa dikatakan tidak murah.

Ilustrasi: Bayi Siberian Husky Bermain dengan Pemilik (credit: readysetpuppy)
Ilustrasi: bayi anjing siberian husky (credit: readysetpuppy)

Anjing Siberian Husky pertama kali dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia Timur Laut sebagai anjing penarik kereta membawa beban di atas salju. Ketika tahun 1909, anjing ini untuk pertama kalinya dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh di seluruh wilayah tersebut. Nah, dari sanalah ketahanan tubuh dan kecepatan lari anjing dari Siberia ini mulai dikenal.

Bacaan Lainnya

Karakteristik Anjing Siberian Husky

Siberian Husky secara umum memiliki sifat yang cukup menyenangkan bagi manusia. Anjing jenis ini merupakan anjing yang tidak bisa diam dan sangat aktif. Watak yang lembut dan bersahabat ini adalah warisan masa lalu, karena masyarakat Chukchi memelihara anjing-anjing ini dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Mereka merumahkannya dalam perlindungan keluarga dan mendorong anak-anak mereka bermain bersamanya. Sekarang ini, sangat memesona untuk mengamati bagaimana Siberian Husky dan anak-anak saling memiliki satu sama lain.

Secara umum, Siberian Husky sangat waspada, rajin, menyenangkan, aktif, dan sangat mudah menyesuaikan diri. Tingkat kecerdasan anjing jenis ini telah dibuktikan, tetapi jiwa merdekanya setiap waktu menantang kecerdikan manusia. Kemampuan serba bisanya membuat anjing jenis ini cocok menjadi teman yang sangat menyenangkan bagi manusia.

Siberian Husky termasuk jenis anjing ras berukuran sedang dan berambut tebal (double coat). Rambutnya terdiri dari beragam warna dan pola. Warna yang paling umum pada ras ini adalah hitam dan putih, abu-abu dan putih, merah dan putih, dan putih murni.

Dari kebutuhan makanan, Siberian Husky merupakan anjing yang hemat. Ia mengonsumsi makanan dengan jumlah kurang dari anjing lain berukuran sama, tetapi tingkat aktivitasnya lebih tinggi. Meskipun demikian, diperlukan mengantisipasi terjadinya obesitas. Perlu menimbang asal-usulnya Siberian Husky, dibutuhkan beberapa jumlah minyak ikan dalam diet mereka, terutama mantel dan kuku yang bisa menjadi rapuh tanpa minyak ikan.[1]

Jangan tertipu dengan tampang garang Siberian Husky. Anjing ini memiliki perangai yang sangat bersahabat dan selalu ingin bermain. Ketika melihat orang asing, kebanyakan Siberian Husky malah menganggapnya ingin mengajak bermain.[2] Tidak ada sikap waspada sedikit pun. Jadi, jika Anda mencari anjing menjaga rumah, jangan mengadopsi Husky. Karena banyak sekali kasus saat hobiis menjual Husky miliknya akibat tidak bisa menjaga rumah. Namun, walau dapat hidup bersama dengan anjing trah lain, jika terintimidasi, Husky bisa berkelahi dengan anjing lainnya.[3]

Di Indonesia sendiri, sudah muncul beberapa komunitas penggemar anjing Siberian Husky. Di Yogyakarta misalnya, ada Group of Siberian Husky yang sering melakukan kumpul bareng dengan tujuan bersosialisasi antara owner dan anjing, serta menyampaikan kepada masyarakat bahwa anjing ini bukan jenis yang galak dan karenanya bisa dipelihara oleh manusia.

Salah satu pentolan Group of Siberian Husky sempat menyampaikan bahwa perawatan anjing ini tergolong mudah. Selain mirip dengan perawatan anjing pada umumnya, yang paling utama dalam memelihara Siberian Husky adalah badan anjing dijaga agar selalu dan jangan sampai lembap. Selain itu, berikan dia tempat bermain dan pemilik harus sering mengajak anjing mereka bermain, serta perhatikan juga makanan yang diberikan.

Bayi siberian husky (sumber: akc.org)

Jika Anda berminat memelihara anjing Siberian Husky, saat ini sudah banyak pedagang atau toko binatang yang menawarkan anjing yang satu ini dengan harga bervariasi. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru kisaran harga anjing Siberian Husky di pasaran dalam negeri.

Harga Anjing Siberian Husky

Jenis Anjing Siberian Husky Harga
Siberian Husky baby (anakan) non stambum Rp1.800.000 per ekor
Siberian Husky baby (anakan) stambum Rp4.500.000 per ekor
Siberian Husky dewasa non stambum Rp6.500.000 per ekor
Siberian Husky dewasa stambum Rp8.000.000 per ekor

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga anjing Siberian Husky di pasaran saat ini memang naik. Misalnya, anjing Siberian Husky anakan stambum yang semula dijual seharga Rp4,2 juta, sekarang naik menjadi Rp4,5 juta per ekor. Begitu pula harga anjing Siberian Husky dewasa stamboom yang naik dari Rp5,1 juta menjadi Rp8 juta per ekor.

[Update: Ditta]

[1] Redaksi. 2016. Siberian Husky Si Penarik Kereta Salju. Jakarta: Majalah Cat And Dog Edisi 3 (-Januari 2016).

[2] Community of Siberian Husky Indonesia. 2014. Siberian Husky, Si Pintar yang Mudah Akrab. Tinton DP, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 25.

[3] Ibid., hlm 26.

Pos terkait