Update Harga Anjing Samoyed Dewasa dan Anakan 6 Bulan

Dari sekian banyak hewan peliharaan, mungkin hanya kucing dan anjing yang terbesit di pikiran Anda saat ini. Jika Anda lebih suka dengan anjing, ada banyak jenis yang dapat Anda pilih, seperti anjing samoyed yang sedang populer di kalangan pecinta binatang, meskipun jualnya juga tidak bisa dibilang murah.

Anjing samoyed dewasa (unsplash: Alex Russell-Saw)

Anjing samoyed dewasa (unsplash: Alex Russell-Saw)

Anjing sendiri adalah salah satu hewan peliharaan yang digemari masyarakat, selain karena lucu, juga cerdik. Binatang ini juga dijuluki sebagai sahabat manusia karena dapat beradaptasi dengan mudah dan patuh. Sudah sejak zaman dulu orang memelihara anjing, yang fungsinya sebagai hewan penjaga sekaligus teman bermain.[1]

Hal tersebut juga berlaku pada anjing samoyed, yang bisa menemani hari-hari Anda dan menjaga Anda. Namun, sebelum Anda memutuskan membeli anjing samoyed, Anda juga perlu mengetahui karakteristik dan cara merawatnya. Sehingga, anjing samoyed Anda dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah atau stres.

Anjing samoyed merupakan salah satu jenis anjing yang memiliki karakter unik. Anjing ini juga tergolong cocok jika dijadikan anjing peliharaan keluarga. Karena, anjing samoyed memiliki karakter yang ramah, bahkan suka tersenyum tanpa sebab. Meskipun kebiasaannya terkadang membuat orang bingung, tetapi senyumnya sering dijadikan bahan untuk melepas lelah. Seringkali orang dibuat tertawa lepas dengan tingkahnya yang suka tersenyum tanpa sebab.

Baca juga  Harga Ikan Palmas Orna (Ukuran 17 cm, 25 cm, 30 cm)

Selain ramah, anjing ini juga tergolong sebagai anjing yang mandiri. Beberapa orang sering mengajari anjing samoyed mereka untuk pergi ke bak mandinya sendiri tanpa disuruh. Hal ini karena anjing samoyed memiliki naluri penggembala yang baik. Naluri penggembalanya tidak hanya membuat anjing itu mandiri, tetapi membuatnya menjadi anjing yang dapat membimbing binatang lain. Bahkan, ia bisa dijadikan sebagai teman untuk -anak atau balita.

Karena karakteristik tersebut, tentunya tidak akan sulit merawat anjing ini. Namun, karena pertumbuhan anjing samoyed terbilang cepat, Anda perlu menyiapkan banyak bahan makanan dan perlengkapan mandi yang tepat. Ukuran tubuh anjing samoyed bisa mencapai ukuran tubuh anak-anak dan orang dewasa.

Cara Merawat Anjing Samoyed

Anjing samoyed harus dimandikan secara rutin, setiap 2 minggu sekali. Shampo yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Gunakan shampoo anjing samoyed atau sampo yang mengandung whitening. Ini akan membuat bulu anjing samoyed terlihat putih seperti salju dan lembut serta tidak mudah rontok.

Baca juga  Update Harga Snare Drum Suporter (Semua Ukuran)

Jangan lupa untuk membilas shampoo hingga bersih. Karena, shampoo yang tersisa dapat membuat anjing samoyed berketombe serta dapat menyebabkan pertumbuhan kutu semakin meningkat. Setelah dibilas, keringkan bulunya menggunakan handuk dan hairdryer. Karena bulu anjing samoyed tergolong lebat dan panjang, maka Anda perlu menyisirnya sambil mengeringkannya. Sehingga, bulu anjing tidak terlalu mengembang.

Anjing samoyed anakan (pexels: Tanya Gorelova)

Anjing samoyed anakan (pexels: Tanya Gorelova)

Bulu anjing samoyed yang terlalu panjang dan lebat juga perlu dipotong, apalagi jika bulu tersebut sudah menutupi mata dan lubang telinganya. Untuk memotong bulu anjing ini, Anda hanya perlu menggunakan gunting potong rambut biasa. Selain dipotong bulunya, Anda juga perlu mengambil bulu yang rontok dan bersarang di tubuhnya. Gunakan sisir khusus untuk menggaruk dan mengambil bulu yang sudah rontok.

Rawat juga kuku anjing samoyed agar tidak melukai Anda atau orang lain. Potonglah kuku anjing samoyed menggunakan gunting atau alat pemotong kuku, setelah itu kikir bagian ujungnya agar rata. Selain melindungi Anda dari serangan cakar anjing, memotong kuku dapat membuat kuku mereka tumbuh dengan baik, untuk menjaga kesehatannya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Bioskop XXI Hari Jumat dan Weekday (Senin-Kamis)

Perlu Anda ketahui juga, anjing samoyed tidak bisa hidup di daerah panas. Sehingga, Anda perlu melengkapi rumah Anda dengan AC. Suhu ruang yang terlalu panas dapat membuat cadangan air anjing samoyed berkurang drastis. Sehingga, mereka akan rentan terhadap dehidrasi.

Harga Anjing Samoyed

Usia Anjing SamoyedHarga (Rp)
Anjing Samoyed anakan usia 6 bulan6.500.000
Anjing Samoyed betina anakan usia 10 bulan7.500.000
Anjing Samoyed dewasa17.000.000

Bagi Anda yang ingin memelihara anjing samoyed, sepertinya Anda perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam. Jika dibandingkan lalu, harga anjing Samoyed mengalami kenaikan pada 2021. Misalnya, untuk anjing samoyed anakan usia 6 bulan naik dari harga Rp6 juta menjadi Rp6,5 juta. Sedangkan untuk usia dewasa yang semula sekitar Rp11 juta, kini naik drastis mencapai Rp17 juta. Perlu diingat, harga anjing samoyed tersebut tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan toko hewan yang Anda kunjungi.

[Update: Ditta]

[1]Saputra, Charistia Firenze Louis. 2016. Implementasi Konsep Wild into Coziness pada Perancangan Interior Dog Daycare Center di Surabaya. Jurnal INTRA, Vol. 4(2): 423-434.

author

Leave a reply "Update Harga Anjing Samoyed Dewasa dan Anakan 6 Bulan"