Info Lengkap Harga Anggrek Vanda Tricolor di Pasaran

Selama ini, Anda pasti mengenal anggrek dengan ciri khas ungu saja. Namun, ternyata anggrek dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk, warna, dan . Ada yang mempunyai bibir hitam, ada pula yang bergaris-garis. Ada yang berbau dan sebagian tidak. Salah satu spesies anggrek yang cukup populer diminati banyak kalangan yakni Vanda Tricolor. Anggrek Vanda Tricolor dijual dengan harga bervariasi di pasaran.

Setiap tahun, ratusan hibrida baru dari anggrek telah terdaftar yang kemudian diterbitkan dalam Sandres List Orchid Hybrids. Tak heran jika sangat sulit bagi seorang botanis untuk menulis tulisan yang lengkap tentang anggrek. Banyak orang berpendapat bahwa anggrek adalah yang sukar ditumbuhkan, membutuhkan peralatan yang mahal, serta pemeliharaannya relatif rumit. Namun, jika telah dipahami, pemeliharaan anggrek sebenarnya sama saja dengan pemeliharaan hias lainnya.

Anggrek Vanda Tricolor - ulyadays.com

Anggrek Vanda Tricolor - ulyadays.com

Di alam bebas, anggrek umumnya bersifat epifit, hidup menempel pada tanaman lain tanpa merugikan tanaman yang ditumpanginya. Anggrek tidak mengisap makanan dari tanaman induknya, melainkan hanya menempel saja. Sifat yang dimiliki tersebut, membuat tanaman anggrek dibudidayakan di dalam pot. Hanya beberapa saja yang ditumbuhkan di tanah seperti Vanda, Arachnis, dan Aranda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimum sesuai dengan tujuan pemeliharaan, ada beberapa tuntutannya dan berlaku untuk semua tanaman hias.

Baca juga  Info Lengkap Harga Buah dan Bibit Pisang Cavendish di Pasaran

Bagi seorang pemula, tentu saja wajar jika tidak memulai dari bibit yang masih dalam botol. Karena bibit anggrek masih bayi, secara ilmiah lebih peka dan sulit dipelihara daripada tanaman dewasa. Seorang pemula selalu dianjurkan untuk memulai dengan pemeliharaan tanaman dewasa. Setelah berpengalaman, barulah berangsur-angsur beralih dengan bibit tanaman botol, bahkan mencoba membiakkan sendiri dan memeliharanya sampai dewasa.[1]

Famili anggrek begitu besar, meliputi anggrek-anggrek yang kini belum mempunyai nilai komersial. Penelitian-penelitian yang intensif, terutama dalam , difokuskan pada beberapa jenis anggrek yang dewasa dan memiliki nilai komersial seperti Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Oncidium, Miltonia, Aranda, Arachnis, dan Vanda.

Bunga anggrek terdiri dari lima bagian utama meliputi sepal (kelopak bunga), petal (mahkota bunga), benang sari, putik, dan ovari (bakal buah). Anggrek memiliki tiga helai sepal yang berwarna indah, berlainan dengan sepal bunga lain yang umumnya berwarna hijau. Letaknya membentuk segitiga.

Baca juga  Update Manfaat & Harga Kacang Almond di Supermarket

Bunga anggrek ada yang mempunyai satu benang sari (monandrae), tetapi ada juga yang mempunyai dua benang sari (diandrae). Benang sari dan tangkai kepala putik menjadi satu membentuk struktur yang disebut column.

Bunga anggrek ada yang terbentuk pada pucuk atau ujung tanaman seperti pada Cattleya, Oncidium, dan Coelogyne. Golongan tersebut dinamakan acranthe. Golongan lainnya adalah bunga yang terbentuk di antara helai yang disebut pleuranthe, seperti pada tanaman Dendrobium, Ascocenda, dan Vanda. Kali ini, kami akan mengulas lebih mendalam soal spesies Vanda Tricolor.

Tanaman Anggrek Vanda Tricolor

Bunga Anggrek Vanda Tricolor banyak ditemukan di wilayah Pulau Jawa, Bali,Lombok, hingga Sumbawa. Selain tumbuh di pekarangan rumah penduduk, tanaman Anggrek Vanda Tricolor banyak tumbuh liar sehingga bukan tergolong tanaman endemik daerah tertentu. Anggrek Vanda Tricolor begitu tampak mempesona pada saat berbunga dengan seluruh daun terlihat segar, ujung akar berkembang, sehingga bunga begitu indah. Vanda Tricolor memiliki beberapa dengan berbagai ragam warna bunga yang menarik.

Anggrek Vanda Tricolor - (YouTube: Nyoman Budarsa)

Anggrek Vanda Tricolor - (YouTube: Nyoman Budarsa)

Dari beberapa varietas Anggrek Vanda Tricolor tersebut memiliki persamaan bentuk tubuh dan bunga. Berikut ini beberapa varian anggrek Vanda Tricolor:

  • Vanda tricolor var tricolor
  • Vanda tricolor var tricolor f. flava
  • Vanda tricolor var suavis
Baca juga  Info Terbaru Harga Getah Pinus per Kg

Bunga Vanda Tricolor bisa bertahan selama 20-24 hari. Batang monopodial Anggrek Vanda Tricolor bisa mencapai tinggi hingga 2 dengan daun berbentuk pita agak melengkung dengan ujung daun berbentuk rompang bersudut tajam.

Harga Tanaman Anggrek Vanda Tricolor

Bagi kalangan umum tidak disadari bahwa anggrek vanda tricolor merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang patut dilestarikan. Mengingat, saat ini kawasan hutan mulai berkurang luasannya. Di kalangan pecinta anggrek vanda tricolor menjadi tanaman koleksi yang menghias kebun penghobi.

Tanaman Anggrek Vanda Tricolor dijual dengan harga bervariasi. Di kawasan Depok, Anggrek Vanda Tricolor dibanderol kisaran harga Rp55 ribu. Sedangkan di wilayah Jakarta tanaman ini dijual sekitar Rp181 ribuan. Untuk bibitnya, Anda dapat merogoh kocek mulai Rp35 ribuan.

[1] Gunawan, Livy Winata. Budidaya Anggrek(Jakarta: Penebar Swadaya, 1986), hlm. 6

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Harga Anggrek Vanda Tricolor di Pasaran"