Info Harga Anggrek Vanda Tricolor Terbaru

Selama ini, Anda pasti mengenal bunga anggrek dengan ciri warna ungu saja. Namun, ternyata bunga anggrek dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk, warna, dan ukuran. Ada yang mempunyai kelopak berwarna hitam, ada pula yang bergaris-garis. Ada yang berbau dan sebagian tidak. Nah, salah satu bunga anggrek yang cukup populer dan diminati banyak kalangan yakni Vanda Tricolor dan dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Tanaman Anggrek Vanda Tricolor (credit: commons.wikimedia.org)
Ilustrasi: Tanaman Anggrek Vanda Tricolor (credit: commons.wikimedia.org)

Famili anggrek begitu besar, meliputi anggrek-anggrek yang belum dan sudah mempunyai nilai komersial. Namun, penelitian-penelitian yang intensif, terutama dalam budidaya, difokuskan pada beberapa jenis anggrek yang dewasa dan memiliki nilai komersial seperti Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Oncidium, Miltonia, Aranda, Arachnis, dan Vanda.

Bacaan Lainnya

Hampir semua bunga anggrek tersebut terdiri dari lima bagian utama, meliputi sepal (kelopak bunga), petal (mahkota bunga), benang sari, putik, dan ovari (bakal buah). Anggrek memiliki tiga helai sepal yang berwarna indah, berlainan dengan sepal bunga lain yang umumnya berwarna hijau. Letaknya membentuk segitiga.

Baca juga  Daftar Harga Bunga Krisan Tanaman dan Bunga Potong Terbaru di Pasaran

Bunga anggrek ada yang terbentuk pada pucuk atau ujung tanaman seperti pada Cattleya, Oncidium, dan Coelogyne. Golongan tersebut dinamakan acranthe. Golongan lainnya adalah bunga yang terbentuk di antara helai daun yang disebut pleuranthe, seperti pada tanaman Dendrobium, Ascocenda, dan Vanda. Kali ini, kami akan mengulas lebih mendalam soal Vanda Tricolor.

Ciri Anggrek Vanda Tricolor

Bunga Anggrek Vanda Tricolor banyak ditemukan di wilayah Pulau Jawa, Bali, Lombok, hingga Sumbawa. Selain tumbuh di pekarangan rumah penduduk, tanaman ini juga tumbuh liar sehingga bukan tergolong tanaman endemik daerah tertentu. Anggrek Vanda Tricolor begitu tampak memesona pada saat berbunga dengan seluruh daun terlihat segar, ujung akar berkembang. Vanda Tricolor memiliki beberapa varietas dengan berbagai ragam warna bunga yang menarik.

Di alam bebas, anggrek umumnya bersifat epifit, hidup menempel pada tanaman lain tanpa merugikan tanaman yang ditumpanginya. Namun, tidak anggrek Vanda Tricolor yang bisa ditanam di dalam pot atau di tanah. Beberapa orang bahkan ada yang meletakkannya di dalam ruangan sebagai dekorasi.

Baca juga  Info Keistimewaan dan Update Harga Burung Nuri Bayan
Anggrek Vanda Tricolor (sumber: wikimedia.org)
Anggrek Vanda Tricolor (sumber: wikimedia.org)

Meskipun begitu, masih ada orang yang berpendapat bahwa anggrek Vanda Tricolor adalah tanaman yang sukar ditumbuhkan, membutuhkan peralatan yang mahal, serta pemeliharaannya relatif rumit. Namun, mengetahui kemampuannya yang bisa tumbuh tanpa harus bergantung pada tanaman lain, tentunya persepsi seperti ini harus dihilangkan.

Bagi seorang pemula, memang merawat dan menanam anggrek Vanda Tricolor terbilang gampang-gampang sulit, apalagi jika Anda belum pernah menanam anggrek lainnya. Namun, jika Anda telaten dan selalu memperhatikan tanaman anggrek dengan baik, pasti akan membuahkan hasil yang baik pula. Setelah berpengalaman, Anda tidak hanya akan lihai merawat anggrek, tetapi juga membiakkan sendiri bunga tersebut dan memeliharanya sampai dewasa.[1]

Varian Anggrek Vanda Tricolor

  • Vanda tricolor var tricolor.
  • Vanda tricolor var tricolor f. flava.
  • Vanda tricolor var suavis.

Bunga Vanda Tricolor dikatakan bisa bertahan selama 20 hingga 24 hari. Batang monopodial Anggrek Vanda Tricolor bisa mencapai tinggi hingga 2 meter dengan daun berbentuk pita agak melengkung dengan ujung daun berbentuk rompang bersudut tajam. Berikut referensi harga anggrek Vanda Tricolor.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit Pepaya California Siap Tanam
Anggrek Vanda Tricolor - ulyadays.com
Anggrek Vanda Tricolor Q ulyadays.com

Harga Anggrek Vanda Tricolor

Varian Anggrek Vanda Tricolor Harga
Anggrek Vanda Tricolor Var Tenebrosa Bibit Siap Tanam Rp11.000 per bibit
Anggrek Vanda Tricolor var. Tenebrosa Belum Berbunga Rp30.000 per tanaman
Anggrek Vanda Tricolor var. Suavis Belum Berbunga Rp35.000 per tanaman
Anggrek Vanda Tricolour Bibit Siap Tanam Rp39.000 per tanaman
Anggrek Vanda Tricolor var. Suavis Sudah Berbunga Rp40.000 per tanaman
Anggrek Vanda Tricolor var Jabar Dewasa Rp75.000 per pot
Anggrek Vanda Tricolor var Jennae Rp135.000 per pot

Harga anggrek Vanda Tricolor di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga anggrek Vanda Tricolor tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harganya tahun 20 dan 2022 mengalami penurunan. Sebagai contoh, bibit anggrek Vanda Tricolor yang dijual mulai Rp35 ribuan tahun 2020, turun menjadi mulai Rp19 ribuan tahun 2021, turun lagi menjadi Rp11 ribu tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Gunawan, Livy Winata. 1986. Budidaya Anggrek. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.