Update Harga Pasang Iklan Harian di Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang tengah hits dan digunakan banyak orang, terutama kaum millennial. Hal tersebut tentunya bisa dijadikan para pebisnis atau pelaku usaha untuk memasang iklan. Terlebih, biaya atau harga pemasangan iklan harian di Instagram terbilang relatif terjangkau.

Instagram
Instagram

Dilansir dari situs resminya, Instagram menggunakan alat periklanan yang diklaim tidak kalah hebat dibandingkan Facebook. Dengan demikian, Anda dapat menyiapkan, menjalankan, dan melacak kampanye dengan cara yang sama seperti memasang iklan di Facebook. 

Bacaan Lainnya

Ada beberapa tipe iklan yang bisa Anda buat di Instagram. Iklan Cerita misalnya, yang bisa dilakukan melalui Instagram Stories. Sementara, Iklan Foto adalah iklan yang menceritakan kisah Anda dengan foto dalam format persegi atau lanskap. Pilihan lainnya adalah Iklan Video dengan durasi hingga 60 detik dalam format lanskap atau persegi, Iklan Carousel, Iklan Koleksi, dan yang terbaru adalah Iklan di Jelajah.

Cara Pasang Iklan di Instagram

  • Buat Halaman dan Profil Bisnis. Anda harus mempunyai Halaman Facebook agar dapat menjalankan iklan dan membuat Profil di Instagram. Jika belum punya, buatlah Halaman.
  • Siapkan Iklan. Pilih tujuan iklan, pemirsa target, dan format iklan Anda di ‘Pengelola Iklan’. Bisa juga pilih postingan yang sudah Anda bagikan di Instagram dan ketuk ‘Promosikan’. Instagram sendiri merekomendasikan agar Anda mengizinkan Instagram untuk secara menentukan pemirsa yang terdiri dari orang-orang yang serupa dengan pengikut yang sudah ada.
  • Tentukan Anggaran. Tentukan berapa lama iklan akan dijalankan dan besar anggaran yang ingin Anda keluarkan.
  • Terbitkan. Karena iklan Anda sudah siap, maka Anda bisa untuk menerbitkannya. Anda akan mendapatkan pemberitahuan saat iklan disetujui dan siap untuk dijalankan.

Tips Iklan di Instagram Dilihat Banyak Orang

  • Targetkan orang-orang berdasarkan lokasi spesifik, seperti negara bagian, provinsi, kota, atau negara.
  • Jangkau orang berdasarkan minat, seperti aplikasi yang mereka gunakan, iklan yang mereka klik, dan akun yang mereka ikuti.
  • Tampilkan iklan kepada pelanggan yang sudah Anda kenal berdasarkan email dan nomor telepon mereka.
  • Persempit lingkup pemirsa Anda berdasarkan informasi, seperti usia, jenis kelamin, dan bahasa.
  • Tentukan pemirsa berdasarkan aktivitas yang mereka lakukan berulang-ulang di Instagram dan Facebook.
  • Cari orang baru yang serupa dengan pelanggan Anda yang sudah ada.

Jika tips di atas dirasa kurang optimal, Anda juga bisa menggunakan jasa selebgram sebagai model iklan di Instagram. endorsement seperti ini dirasa cukup efektif, selain bisa mendobrak followers, juga bisa membuat harga jual akun Anda meningkat. Biasanya, ini dilakukan untuk ajang promosi produk dan jasa. Meskipun begitu, Anda harus memperkirakan anggaran yang sesuai untuk membayar jasa selebgram pilihan Anda.

Ilustrasi: aplikasi instagram (sumber: cnn)

Tak hanya wajib menyiapkan anggaran. Jika ingin menggunakan jasa influencer, Anda juga harus mengetahui cara memilih selebgram yang tepat. Tips paling mudah adalah dengan melihat jumlah followers Instagram selebgram pilihan Anda. Jumlah followers Instagram tidak hanya menentukan ketenaran selebgram, tetapi juga tarif endorsement yang ditawarkan. Semakin banyak jumlah followersnya, semakin terkenal selebgram tersebut dan biaya endorsement yang ditawarkan semakin mahal.

Pilih juga selebgram yang sesuai dengan kategori promosi Anda. Tidak semua orang terkenal di Instagram cocok untuk dijadikan model iklan. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat iklan di Instagram untuk produk kecantikan, pilihlah selebgram yang berkecimpung di dunia kosmetik. Biasanya, orang akan cenderung memilih beauty vlogger. Sementara itu, jika Anda berkecimpung di dunia kuliner, Anda bisa memilih selebgram yang suka mukbang.

Dengan memilih influencer yang sesuai dengan kategori iklan dan bisnis, iklan yang Anda posting di Instagram akan dilihat banyak orang. Selain itu, beberapa orang tidak hanya mengiklankan produk, tetapi juga testimoni. Ini sangat penting untuk diiklankan di Instagram supaya Anda berkembang. Ini juga bertujuan untuk menarik rasa penasaran dan kepercayaan konsumen terhadap apa yang Anda iklankan di Instagram.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan fitur promosi di Instagram dengan jasa selebgram, Anda juga harus memperhatikan biaya iklannya. Untuk jasa selebgram, tarifnya bervariasi, tergantung dari pihak manajemen selebgram. Namun, secara umum, untuk selebgram dengan jasa foto, tarifnya mulai Rp250 ribu hingga Rp1 jutaan per foto. 

Berapa Biaya Iklan Instagram?

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan jika Anda ingin beriklan di Instagram? Pihak Instagram sendiri tidak menentukan besaran biaya pasang iklan. Tahun 2019 lalu, dengan minimal saldo Rp25.000, maka pelanggan sudah bisa memasang iklan untuk satu hari. Saldo ini yang membedakan berapa banyak iklan yang tayang dan banyaknya orang yang menerima. Semakin besar saldo Anda, maka semakin banyak pula iklan yang tayang.

Lalu, tahun 2020, kabarnya pemilik bisa memilih anggaran dana mulai dari Rp10.000 sampai Rp10.000.000 per hari. Selain anggaran dana, Anda juga dapat menentukan jumlah durasi iklan Instagram Ads tayang selama beberapa hari, yakni mulai 1 hari sampai 30 hari. Apabila Anda menganggarkan Rp10.000 per hari, maka total audience yang bisa dijangkau sekitar 1.300 hingga 3.400 orang. Semakin besar anggaran iklan Anda, maka total audience yang dapat dijangkau pun semakin besar pula. 

Sementara itu, tahun 2021, Anda bisa menawarkan jasa iklan atau promosi dengan anggaran Rp20.000 per hari dengan estimasi jangkauan publik sebanyak 130 hingga 340 orang. Sedangkan tahun 2022, biaya beriklan di Instagram sedikit naik jadi Rp25.000 per hari. Jika Anda ingin menjangkau lebih banyak orang untuk melihat iklan Anda, berikut kisaran biaya yang harus Anda siapkan.

Ilustrasi: iklan di Instagram (sumber: webarq.com)

Harga Pasang Iklan Instagram

Anggaran per Hari Jumlah Jangkauan Publik
Rp20.000 130 – 340 orang
Rp30.000 190 – 510 orang
Rp40.000 260 – 680 orang
Rp50.000 320 – 850 orang
Rp100.000 640 – 1.700 orang
Rp1.000.000 6.400 – 17.000 orang
Rp10.000.000 64.000 – 170.000 orang

Rincian biaya iklan Instagram di atas telah kami rangkum dari aplikasi Instagram tahun 2021 lalu. Pihak Instagram sendiri menggunakan teknologi algoritme khusus untuk menentukan harga, misalnya yang disasar laki-laki atau perempuan saja, atau lebih banyak lagi. Kalau jumlah pelanggan yang disasar banyak, maka harganya akan naik sendiri. Jadi, secara keseluruhan, harga pasang iklan di Instagram tergantung pasar yang disasar.

[Update: Dian]

Pos terkait