Cara Merawat dan Harga Anakan Kucing British Shorthair

Ada banyak jenis kucing yang bisa Anda pelihara dan salah satunya adalah British shorthair yang memiliki bulu berwarna abu-abu. Sementara kucing ini bisa dipelihara mulai besar, beberapa orang memilih untuk mengadopsi British shorthair anakan, karena biaya atau harga adopsi yang terbilang lebih terjangkau dibanding anabul dewasa.

Kucing british shorthair

Kucing british shorthair

Karakteristik British Shorthair

Sebelum mengadopsi hewan peliharaan, apalagi, kucing, Anda perlu mengetahui karakteristiknya karena akan membantu Anda dalam merawat mereka sekaligus mengetahui cara untuk lebih dekat dengan anabul kesayangan. Tak seperti kucing pada umumnya yang terbilang penakut atau terlalu was-was jika bertemu orang baru, British shorthair adalah kucing yang tenang.

Diketahui, British shorthair memiliki sifat yang ramah dan tidak mudah terganggu dengan sekitarnya, termasuk orang baru. Bahkan, mamalia mungil ini senang dan merasa aman di dekat owner-nya. Beberapa kucing juga suka berinteraksi dengan manusia dengan cara berjalan berdampingan atau mencoba bersalaman.

Perilaku kucing yang lucu ini, tentunya membuat hati para pencinta kucing menjadi luluh dan ingin segera mengadopsinya. Sayangnya, dibalik sifatnya yang ramah dan suka berinteraksi dengan manusia, anabul ini memerlukan perhatian yang lebih banyak dibanding kucing jenis lainnya. Anda tidak bisa membiarkan British shorthair sendirian dalam waktu seharian penuh. Setidaknya, Anda harus meluangkan waktu selama 30 menit setiap hari untuk bermain dengannya.

Baca juga  Update Terkini Daftar Harga Aquarium Nisso di Pasaran

Bisa dibilang, British shorthair tidak cocok untuk Anda yang sibuk atau tidak memiliki waktu luang untuk memanjakan si manis. Jika anabul tidak diajak main atau sekadar dielus, maka mereka bisa stres. Ciri-ciri kucing yang stres adalah mengalami penurunan nafsu makan, bulu yang mudah rontok, lebih banyak tidur, dan suka mencakar atau menggigit.

Selain itu, kucing juga akan mengalami penurunan daya imun dan mudah terserang penyakit. Penyakit yang sering dan rentan menyerang British shorthair adalah HCM (Hypertrophic Cardiomyopathy), yakni penyakit jantung yang ditandai dengan konsentrik hipertrofi ventrikel kiri dan disfungsi diastolik.[1]

Supaya kucing British shorthair Anda tetap dan terhindar dari penyakit tersebut, Anda tidak hanya perlu meluangkan waktu untuk bermain dengannya, tetapi juga merawat mereka dengan cara yang tepat, apalagi jika Anda mengadopsinya dari kitten. Berikut adalah cara merawat kucing British shorthair anakan.

Cara Merawat Kucing British Shorthair Anakan

Anakan kucing british shorthair (pexels: Gustavo Fring)

Anakan kucing british shorthair (pexels: Gustavo Fring)

  • Merawat British shorthair kitten sebenarnya gampang-gampang susah, karena secara liar, kucing ini termasuk jenis kucing liar yang dipelihara untuk mengontrol tikus sawah. Untuk itu, Anda perlu tempat yang luas, supaya kucing bisa berlarian sesuai kebiasaan di alam liar yang suka mengejar tikus.
  • Saat masih baru lahir hingga dua minggu, Anda belum boleh memandikannya, karena kucing masih memiliki kulit yang tipis dan sangat sensitif terhadap suhu. Anda baru boleh memandikannya jika kucing sudah berusia minimal dua minggu hingga satu bulan dengan ciri bulunya sudah tumbuh lebat dan rata.
  • Perhatikan nutrisi yang Anda berikan kepada bayi kucing British shorthair. Untuk anakan yang baru lahir, berikan susu khusus yang menunjang tumbuh kembangnya. Setelah usianya lebih dari satu bulan, Anda bisa memberikan susu khusus untuk merawat bulu dan meningkatkan daya imun tubuh.
  • Pemberian susu bisa dilanjutkan hingga kucing berusia dua hingga tiga bulan, didampingi dengan wet food berbentuk pure atau pasta. Pilihlah pakan kitten yang mengandung banyak air, supaya mudah dicerna bayi kucing.
  • Setelah kucing berusia tiga hingga empat bulan, Anda harus membawanya ke Vet untuk divaksin. Ada banyak varian vaksin yang bisa Anda pilih, tetapi sebaiknya utamakan jenis vaksin yang mampu meningkatkan daya imun sekaligus anti-bakteri dan jamur.
  • Sediakan litter box dengan pasir gumpal wangi untuk membiasakan dan mengajari kitten pup di tempatnya. Cara ini sangat penting supaya kucing tidak buang kotoran atau kencing sembarangan.
Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Kuda Tunggangan di Indonesia

Setelah mengetahui cara merawat bayi kucing British shorthair di atas, apakah Anda ingin mengadopsinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui biaya adopsinya. Berikut adalah referensi harga anakan kucing British shorthair.

Harga Anakan Kucing British Shorthair

Kucing british shorthair

Kucing british shorthair

Varian Anakan Kucing British ShorthairHarga
British Shorthair PedRp11.500.000
British Shorthair BSH BicolorRp12.000.000
British Shorthair Jantan Non-PedRp6.000.000
British Shorthair BSH Pedigree Mix - PersiaRp5.000.000

Biaya adopsi kitten British shorthair di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda ketahui, harga bayi kucing ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Granstrom, S., dkk. 2011. Prevalence of Hypertrophic Cardiomyopathy in a Cohort of British Shorthair Cats in Denmark. Journal Ver Intern Med, Vol. 25: 866-871.

author

Leave a reply "Cara Merawat dan Harga Anakan Kucing British Shorthair"