Harga Anakan Kacer Sepasang (Jantan dan Betina)

Jika Anda memelihara , terutama yang memiliki merdu, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kacer. Kacer adalah burung yang sudah memiliki banyak penggemar di Indonesia dan sering diikutkan kontes burung. Jika Anda ingin memelihara, di Tanah Air, kacer anakan sepasang (jantan dan betina) saat ini ditawarkan dengan sekitar ratusan ribu rupiah.

Kacer, harga, anakan, sepasang, ciri, bulu, kicau, jenis, Jawa, Kalimantan, merdu, lantang, karakteristik, suara, jantan, betina, ekor

Ilustrasi: burung kacer anakan (youtube: Saluran TV Burung Online)

Dilansir dari Wikipedia, kacer memiliki nama lain kucica kampung (Copsychus saularis dalam bahasa Latin). Ini dikatakan sebagai burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae atau murai, tetapi kini dianggap sebagai anggota Muscicapidae. Burung ini secara umum memiliki warna hitam dan putih, dengan ekor yang panjang. Ekornya akan terangkat ke atas jika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger.

Dikenal sebagai burung alam, kacer memang suka menjelajah di berbagai lingkungan dengan kecepatan terbang yang dikatakan bisa mengungguli murai batu. Burung kacer sendiri banyak mendiami dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, bahkan tidak jarang ada yang terlihat di perumahan penduduk. Burung ini sangat aktif mencari makan, mulai dari pohon kelapa, randu, pisang, atau ranting pohon kering. Sering terlihat sendiri, namun burung ini akan selalu bersama pasangannya saat musim kawin.

Jenis-jenis Burung Kacer

Kacer, harga, anakan, sepasang, ciri, bulu, kicau, jenis, Jawa, Kalimantan, merdu, lantang, karakteristik, suara, jantan, betina, ekor

Ilustrasi: burung kacer poci/oriental magpie robin (sumber: indianbirds.info)

Di Indonesia sendiri, ada dua jenis burung kacer yang laris dan banyak diminati masyarakat, yaitu burung kacer Jawa dan burung kacer poci. Namun, selain kedua jenis tersebut, masih ada beragam jenis burung kacer lainnya yang juga memiliki suara yang baik. Berikut beberapa jenis kacer yang dikenal di kalangan para pencinta burung.

  • Burung kacer poci, sering juga disebut dengan kacer Sumatera dan memiliki nama Latin Copsychus saularis. Burung ini memiliki ciri bagian dada, perut, hingga bawah dengan warna putih terang, berbeda dengan burung kacer kebanyakan yang didominasi warna hitam. Burung kacer poci dikenal memiliki karakteristik suara yang lantang dan mampu menirukan suara para master burung lainnya.
  • Burung kacer Jawa, memiliki nama Latin Copsychus sechellarum, burung ini punya ciri khas yang menonjol, yaitu bagian perut, dada, dan bagian bawah yang berwarna hitam. Selain itu, terdapat sedikit warna putih pada bagian sayap. Burung kacer jenis ini termasuk ke dalam burung yang mahir dan pandai menirukan beberapa suara burung kicau lainnya, namun terdengar lebih sederhana.
  • Burung kacer Madagaskar, memiliki tekstur warna yang hampir mirip dengan burung kacer poci. Tetapi, warna gelap yang ada pada burung ini terlihat agak kebiru-biruan, terlebih jika terkena sinar matahari langsung. Seperti namanya, burung kacer ini memang berasal dari Madagaskar, namun memiliki karakter suara yang tidak jauh berbeda dari jenis yang ada di Indonesia.
  • Burung kacer blorok, termasuk jenis yang memiliki motif warna yang berbeda dengan burung kacer lainnya, yakni warna blorok, yang sekaligus menjadi ciri khasnya. Burung ini dikatakan merupakan hasil dari persilangan antara kacer hitam dan kacer Jawa, dengan memiliki karakteristik suara yang merdu dan lantang.
  • Burung kacer Kalimantan, jenis ini terbagi menjadi beberapa ras dan spesies, seperti Pluto, Copsychus Solaris Musicus, dan Adamsi. Ras pertama memiliki warna dominan putih dan hitam pada bagian perut, dada, hingga pantat, sedangkan ras kedua memiliki -bulu dengan warna hitam pekat dan sedikit berwarna putih. Selain di Kalimantan, burung ini juga dapat ditemukan di Nias, Bali, dan Bangka Belitung.

Ciri Kacer yang Bagus

Ilustrasi: jenis burung kacer yang bagus (sumber: steemit.com)

Burung kacer sendiri sangat terkenal dengan suara kicauan yang keras dan indah. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian burung ini menjadi salah satu jenis burung kicau yang banyak dicari. Namun, tidak semua burung kacer memiliki kualitas suara yang bagus. Berikut beberapa ciri burung kacer bersuara merdu.

  • Burung kacer berjenis kelamin jantan, karena burung ini yang rajin mengeluarkan suara. Salah satu ciri yang dimiliki burung kacer jantan ini adalah warna bulu yang mengilap dan tegas.
  • Memiliki bentuk kepala yang kotak serta mata yang agak melotot dan cenderung bulat dan besar. Dengan demikian, burung kacer dikatakan memiliki kualitas mental yang bagus.
  • Memiliki bentuk paruh yang tebal, panjang, besar, dan berpangkal besar. Bagian paruh bawah pun lurus dan posisi lubang hidung lebih dekat pada bagian mata.
  • Memiliki postur badan yang sedang. Hindari memilih burung kacer yang memiliki badan dan leher yang pendek. Karena, hal ini juga sangat memengaruhi kualitas burung kacer. Selain itu, panjang antara leher, badan, hingga ekor pun ukurannya serasi.
  • Memiliki sayap yang rapat, kaki yang besar dan kering, serta cengkeraman kaki yang kuat. Leher yang ia miliki pun panjang, yang menandakan suara burung lebih powerful.
  • Memiliki nafsu makan tinggi dan gerakan yang lincah. Hal ini menandakan bahwa burung kacer yang bersangkutan memiliki kesehatan yang bagus serta terhindar dari segala jenis penyakit.

Harga Anakan Kacer Sepasang

Saat ini, harga burung kacer dewasa yang sudah bisa berkicau memang terbilang , berkisar Rp800 ribuan per ekor, bahkan hingga Rp1,5 jutaan per ekor. Nah, untuk menghemat biaya, Anda bisa membeli kacer anakan yang umumnya dijual dengan harga lebih terjangkau. Di pasaran Tanah Air, harga anakan kacer sepasang (jantan dan betina) saat ini berkisar Rp500 ribuan. Sementara, harga anakan kacer jantan mulai Rp350 ribuan per ekor dan anakan kacer betina berkisar Rp200 ribu sampai Rp300 ribuan per ekor.

Baca juga  Harga Gitar Yamaha F310 (Baru dan Second)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Anakan Kacer Sepasang (Jantan dan Betina)"