Update Harga Anakan Ikan Arwana

Arwana merupakan salah satu ikan air tawar yang kerap dipelihara sebagai ikan hias. Ikan ini memiliki bentuk dan warna yang indah, sehingga tak heran apabila harga jualnya pun cukup fantastis. Tidak cuma yang sudah dewasa, harga ikan arwana yang masih anakan pun dapat dikatakan mahal, bisa mencapai angka jutaan rupiah per ekor, tergantung jenis dan ukurannya.

Anakan arwana golden (youtube: DOEL KYT)
Anakan arwana golden (youtube: DOEL KYT)

Jenis Ikan Arwana Bernilai Tinggi

  • Arwana Super Red. Ikan arwana super red berasal dari berbagai tempat di Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Sesuai namanya, ikan ini memiliki warna merah penuh di bagian sirip ikan muda, bibir, dan sungut. Saat menjelang dewasa, warna merahnya akan muncul di bagian tubuh lain seperti tutup insang dan pinggiran sisik. Ikan arwana merah terdiri dari beberapa varietas, yakni Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas Golden Red).
  • Arwana Golden. Arwana golden varietas cross back adalah bagian dari varietas arwana golden. Varietas ini kerap dijumpai di sejumlah tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah, dan Johor. Ikan ini memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya saat sudah dewasa. Arwana golden crossback termasuk arwana yang harganya termahal karena jarang ditemui. Di Indonesia juga ada varietas arwana golden red. Berbeda dari golden cross back, varietas ini memiliki warna emas yang tidak akan berkembang hingga melewati garis punggung, tetapi hanya sampai baris keempat sisik.
  • Arwana Hijau. Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan beberapa tempat di Indonesia. Umumnya ikan ini berwarna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibanding dengan jenis arwana lainnya.
  • Arwana Banjar. Ikan ini memiliki warna sirip oranye pucat dengan ekor berwarna oranye atau kuning, serta tidak memiliki warna merah di badan maupun di pipi meski disebut-sebut varietas arwana merah kelas 2.
  • Arwana Irian. Arwana Irian atau Jardini memiliki warna dasar hitam kecokelatan dengan bintik kuning keemasan di bagian tengah sisiknya serta di bagian kepala (pipi) sampai sirip dan ekornya. Jardini berasal dari Australia walau sering pula ditemukan di Irian.
  • Arwana Silver. Arwana satu ini mempunyai bentuk tubuh yang berbeda dengan tubuh dan sirip yang panjang. Jenis ini berasal dari Amerika Selatan dan kini banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Arwana silver baru terlihat indah ketika ia sudah dewasa.

Dibanding membeli ikan arwana yang sudah dewasa, memelihara arwana sejak masih anakan bisa menjadi solusi bagi Anda dengan anggaran terbatas. Berikut info harga anakan arwana.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Arwana Golden Red Anakan (credit: Jualo)

Harga Anakan Arwana

Jenis Anakan Arwana Harga per Ekor
Anakan Arwana Brazil Silver Rp73.000
Anakan Arwana Jardini Red Green 7 cm Batik Papua Rp235.000
Anakan Arwana Silver Rp227.000
Arwana Silver Anakan 6 cm Rp360.000
Arwana Banjar Red Anakan Rp800.000
Anakan Arwana Gold Rp900.000
Anakan Arwana (RTG) Red Tail Golden Rp1.350.000
Ikan Arwana Anakan Sumo Rp1.700.000
Red Arwana Anakan 13 cm Rp2.300.000
Anakan Ikan Arwana Super Red Rp2.550.000
Red Arwana Anakan 15 cm Rp2.950.000
Anakan Arwana Super Red-EDP(Size 17 cm) Rp3.150.000
Red Arwana Anakan 18 cm Rp3.500.000

Dibandingkan tahun lalu, harga anakan arwana saat ini ada yang naik dan ada yang turun. Misalnya, anakan arwana red tail golden yang semula ditawarkan senilai Rp1,15 juta, kini naik menjadi Rp1,35 juta per ekor. Berbeda dengan red arwana anakan ukuran 15 cm yang justru turun harga dari Rp3,4 juta, sekarang dijual seharga Rp2,95 jutaan per ekor.

Anakan ikan arwana (sumber: cermati)

Secara fisik, anakan arwana yang masih kecil memang susah untuk dibedakan berdasarkan jenisnya. Hampir semua jenis arwana serupa. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebaiknya membeli anakan arwana yang ukurannya telah mencapai sekitar 20 cm. Dalam ukuran tersebut, jenis arwana sudah bisa dibedakan satu sama lain. Selain itu, warna arwana pada saat ini juga sudah tidak mengalami perubahan lagi, sesuai dengan jenisnya.

Tips Memilih Anakan Arwana

  • Bentuk badan proporsional. Artinya, ukuran badan tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan besar kepala, lebar ekor, dan lebar sirip.
  • Warna cerah.
  • Sungut/kumis tegak dan menghadap ke atas.
  • Mata tidak turun/drop eye.
  • Tutup insang tidak melipat ke luar atau ke dalam.
  • Sisiknya beraturan dan utuh (tidak lepas).
  • Gaya berenangnya tidak nungging.
  • Badan tidak bengkok.
  • Berenangnya aktif (berenang di bagian tengah dan atas).
  • Nafsu makannya baik.
  • Dayung panjang dan kokoh.
  • Pangkal ekor tidak terlalu panjang yang menyebabkan terlihat adanya jarak antara ekor dan sirip di bagian bawah dan atas.
  • Pastikan anakan arwana berasal dari farm yang terpercaya atau sudah terbukti kualitas produknya.
  • Khusus untuk arwana jenis Super Red dan Red Tail Golden, sudah dilengkapi dengan microchip dan sertifikat yang sesuai.[1]

Informasi harga anakan arwana di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga anakan ikan arwana tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu dan harga di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[Update: Ditta]

[1] Tim Penulis PS. 2009. Arwana: Panduan untuk Hobi dan Bisnis. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm. 89-90.

Pos terkait