Cara Merawat dan Info Terbaru Harga Anak Kucing Maine Coon

Bagi Anda yang suka memelihara berbulu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengadopsi atau membeli anak kucing jenis maine coon. Meskipun harga jualnya tidak bisa dibilang murah, namun anakan maine coon lebih murah dibanding maine coon dewasa. Selain itu, dengan membeli anakan maine coon, Anda bisa mengamati pertumbuhan kucing dengan lebih mudah.

Anak Kucing Maine Coon (sumber: americanlisted)
Anak Kucing Maine Coon (sumber: americanlisted)

Hingga saat ini, kucing maine coon menjadi salah satu primadona bagi penggemar kucing. Ukuran panjang tubuhnya yang mampu mencapai ukuran tinggi badan anak usia 4 tahun menjadi penyebabnya. Memang kucing maine coon adalah salah satu jenis kucing besar namun tergolong jinak.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kucing maine coon memiliki jenis bulu yang panjang dengan corak beragam. Bulunya yang panjang dan tebal, membuat orang suka mengelusnya atau menyisirnya. Meskipun memiliki bulu yang tebal dan panjang, bulu kucing maine coon tidak mudah rontok, asalkan ia dirawat dengan baik.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Cara merawat kucing maine coon sendiri terbilang gampang-gampang susah, namun Anda tidak perlu khawatir karena kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Untuk pakan, Anda bisa memberikan pakan kucing khusus dalam bentuk kering atau basah. Karena kucing maine coon memiliki pertumbuhan yang cepat, sebaiknya Anda bersiap untuk menimbun makanan kucing di rumah.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cat Aga (Kemasan Kecil dan Galon)

Selain pakan, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang serta kebersihan kucing. Bersihkan kandang kucing setiap hari dan selalu ganti pasir dan minumannya. Selain itu, Anda juga harus mencuci wadah atau piring makan kucing Anda, setelah mereka makan. Ini akan membantu mereka untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain membersihkan kandang, tempat minum, dan tempat makan, Anda juga harus membersihkan tubuh kucing. Karena kucing maine coon memiliki bulu panjang dan tebal, kucing ini rentan terhadap kutu. Mandikan kucing maine coon setiap 2 atau 3 hari sekali memakai shampo kucing anti kutu.

Setelah kucing dimandikan, Anda harus segera mengeringkan bulunya. Cara mengeringkan bulu kucing maine coon tidak bisa sembarangan. Langkah pertama, gunakan handuk kering untuk menghilangkan sebagian air pada bulu kucing. Setelah itu, Anda baru bisa memakai hairdryer untuk mempercepat proses pengeringan.

Bulu kucing maine coon juga harus disisir setiap hari dan disikat maksimal seminggu sekali. Ini sangat penting untuk membersihkan bulu-bulu yang mati di tubuh mereka. Sehingga, mereka akan merasa lebih nyaman dan tidak gatal.

Memperhatikan cara merawat kucing maine coon sangat penting, karena meskipun kucing tersebut memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, namun mereka juga bisa sakit. Bahkan ada juga beberapa jenis penyakit berbahaya yang mengintai ini dan bisa berujung pada kematian.

Baca juga  Update Harga Excavator Komatsu (Baru dan Bekas)
maine coon cats (sumbe: mainecoonexpert.)
maine coon cats (sumbe: mainecoonexpert.)

Penyakit pada Kucing Maine Coon

  • Kucing maine coon juga bisa mengalami diare, dan penyakit ini akan sangat berbahaya jika kucing Anda memiliki PPDH. PPDH adalah kelainan kongenital yang ditandai oleh pembentukan lengkap septum transversum selama perkembangan embrio awal, yang berarti bahwa rongga peritoneum dan kantung perikardial tetap berlanjut. Diare pada kucing maine coon dengan PPDH dapat berujung kematian.[1]
  • Hip Dysplasia. Ini adalah kelainan secara genetik pada kucing maine coon yang diakibatkan oleh kegagalan perkembangan atau yang lebih dikenal sebagai malformasi pada bagian sendi dan panggul. Kelainan genetik seperti ini secara umum diderita oleh kucing maine coon dengan postur tubuh besar.
  • Ginjal Polikistik. Dilansir dari hewany.com, ginjal polikistik merupakan penyakit genetik yang dapat mengakibatkan kelainan pada ginjal. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, kucing maine coon bisa mengalami gagal ginjal dan berujung pada kematian.
  • Atrofi Tulang Belakang. Kelainan genetik lainnya yang kerap terjadi pada kucing maine coon, yaitu atrofi otot tulang belakang. Kelainan genetik ini dapat memengaruhi otot rangka pada tulang kering dan tungkai.
Baca juga  Update Harga Gula Halus Kemasan 250gr, 500gr, dan 1 Kg di Pasaran

Untuk menghindari adanya penyakit genetik pada kucing maine coon Anda, Anda perlu melakukan pengetesan saat membeli anakannya. Inilah salah satu keunggulan jika Anda membeli kucing maine coon sejak usia kitten. Anda bisa mengetahui kesehatan kucing secara genetik, sehingga Anda akan mendapatkan bibit unggulan. Nah, sebelum membeli anakan kucing maine coon, pastikan Anda mengetahui harganya. Berikut harga kucing maine coon anakan pada 2022.

Anakan Maine Coon (sumber: animeshka.org)
Anakan Maine Coon (sumber: animeshka.org)

Harga Kucing Maine Coon Anakan

Jenis Anakan Maine Coon Harga (Rp)
Pedigree 7.000.000 per ekor
Non Pedigree 4.700.000 per ekor

Pada tahun 2020, harga kucing maine coon anakan untuk pedigree ditawarkan seharga Rp5 juta, naik menjadi Rp6,8 juta tahun 2021, naik lagi menjadi Rp7 juta tahun 2022. Sementara itu, untuk non pedigree dijual seharga Rp3 jutaan per ekor tahun 2020, naik menjadi Rp4 juta tahun 2021, naik lagi menjadi Rp4,7 juta tahun 2022.

Harga anakan kucing maine coon di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online seperti OLX. Perlu Anda ketahui bahwa harga anakan kucing maine coon di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Lesmana, Muhamad Arfan, dkk. 2019. Diare pada Kucing Maine Coon Penderita Peritoneopericardial diaphragmatic hernia. ARSHI Vet Lett, Vol. 3(2): 31-32.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.