Update Harga Ampas Tahu per Kg dan per Karung

Ampas atau sisa makanan dan minuman biasanya sering dibuang karena dinilai tidak memiliki manfaat. Namun, berbeda dengan ampas tahu karena bahan ini dapat digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi hingga untuk membuat oncom. Di pasaran sendiri, harga ampas tahu bervariasi, tetapi berada di kisaran puluhan ribu per karung.

Ampas tahu (sumber: orami)
Ampas tahu (sumber: orami)

Tahu dan tempe sudah sejak lama menjadi makanan rakyat Tanah Air. Masyarakat di pelosok Pulau Jawa mengenal banyak ragam tempe, sebut saja tempe bongkrek, tempe dari buah karet (Hevea brasiliensis), tempe benguk yang terbuat dari buah kacang benguk (Mucuna pruriens), tempe jagung yang terbuat dari biji jagung (Zea mayz), tempe mlanding yang terbuat dari biji petai China (Leucaena leucocephala), dan tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu.[1] Selain dijadikan tempe gembus, ampas tahu, sebagai limbah dari industri tahu, juga dapat dipakai untuk pakan ternak.

Bacaan Lainnya

Ampas tahu adalah bagian kacang yang berserat. Komponen ini terdiri dari bagian kedelai yang tidak larut yang tersisa setelah kedelai yang dihaluskan disaring untuk menghasilkan susu kedelai dan tahu. Dari segi warna, umumnya ampas tahu berwarna putih atau kekuningan. Menurut beberapa sumber, ampas tahu diklaim mengandung bahan-bahan yang berguna. Berikut kandungan ampas tahu per 100 gram.

Kandungan Ampas Tahu

  • Energi: 400 kkal.
  • Protein: 26 gram.
  • Karbohidrat: 18,9 gram.
  • Lemak: 12 gram.
  • Kalsium: 16 mg.
  • Besi: 3 mg.
  • Fosfor: 28 mg.
  • Vitamin B1: 0,5 mg.

Di samping itu, ampas tahu juga dikatakan mengandung serat kasar kurang lebih 16,8 persen, potasium, dan niacin. Ada juga isoflavon serta faktor nutrisi yang larut dalam lemak termasuk asam linoleat, lesitin kedelai, phytosterol, asam linolenat, vitamin D, dan tokoferol. Beberapa faktor anti-nutrisi juga terkandung seperti saponin, inhibitor trypsin, dan hemagglutinin yang tidak dapat dicerna dengan mudah.

Sementara untuk ampas tahu segar, disebutkan memiliki kadar air yang tinggi, sekitar 80 sampai 84 persen, sehingga membuatnya memiliki umur simpan yang pendek, biaya pengangkutan yang tinggi, dan wilayah penggunaan yang terbatas. Pengeringan ampas tahu segar merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kadar airnya yang tinggi. Pengeringan pada ampas tahu menjadi tepung akan mengakibatkan berkurangnya asam lemak bebas, tengik, sekaligus dapat memperpanjang umur simpan.

Pemanfaatan Ampas Tahu

Ampas tahu (youtube: Maisie Luo)

Ampas tahu selama ini memang lebih sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Namun, karena mengandung beberapa gizi seperti yang telah disebutkan di atas, ampas tahu juga layak dijadikan sebagai salah satu pangan fungsional untuk meningkatkan gizi manusia. Ampas tahu dapat diolah menjadi bahan pangan yang lezat dan kaya akan gizi, seperti tempe gembus dan bahan oncom.

Contoh aplikasi lain dari ampas tahu untuk bahan pangan adalah dengan dijadikan tepung, yang kemudian digunakan untuk membuat beragam biskuit atau bolu, kecap, tempe gembus, dan lain-lain. Bahkan, di beberapa negara, seperti Jepang, China, Korea Selatan, dan AS, ampas tahu sudah umum digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan tradisional.

Di Matahari Terbit, ampas tahu sudah digunakan sebagai bahan untuk membuat okara tempe atau tempe ampas tahu dan unohana. Sementara itu, di Negeri Paman Sam, ampas tahu umum dijadikan sosis vegetarian. Jadi, melihat kenyataan tersebut, sudah saatnya untuk tidak membuang ampas tahu atau hanya menjadikannya sebagai pakan ternak.

Di pasaran, tidak sulit menemukan ampas tahu. Anda bisa membeli bahan ini di pasar tradisional, bahkan situs online. Harga ampas tahu sendiri bervariasi, biasanya tergantung kualitas dan kemasan. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terkini harga ampas tahu di pasaran dalam negeri.

Harga Ampas Tahu

Berat Ampas Tahu Kisaran Harga
Ampas Tahu Segar per kg Rp11.000 – Rp40.000
Ampas Tahu Segar per Karung isi 10 kg Rp27.900
Ampas Tahu Kering per Karung isi 50 kg Rp25.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga ampas tahu di pasaran saat ini terpantau naik. Misalnya, ampas tahu segar kemasan 1 kilogram awalnya dijual seharga Rp5 ribu hingga Rp35 ribuan, sekarang mencapai menjadi kisaran Rp11.000 sampai Rp40.000. Perlu diingat, harga ampas tahu yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[Update: Ditta]

[1]Redaksi AgroMedia. 2007. Membuat Tahu dan Tempe. Jakarta: Agromedia, hlm. 1.

Pos terkait