Kelebihan dan Harga Aluminium YKK per Batang

Aluminium merupakan salah satu material yang sering dimanfaatkan untuk keperluan perabotan di rumah, termasuk kusen jendela dan pintu hingga membikin rak. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak produk aluminium yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Nah, apabila Anda membutuhkan produk yang punya kualitas baik dan memiliki desain elegan, mungkin aluminium YKK bisa menjadi referensi yang menarik. Biasanya sudah dijual dalam bentuk kusen, harga aluminium YKK saat ini rata-rata ratusan ribu rupiah per batang.

Kelebihan Aluminium

Ilustrasi: Keunggulan Aluminium (credit: eagle-aluminum)
Ilustrasi: Keunggulan Aluminium (credit: eagle-aluminum)

Anda pasti sudah tidak asing dengan material bernama aluminium. Aluminium, dan juga aluminium paduan, adalah bahan logam bukan besi (non-ferro) yang dalam tiga sampai lima dekade belakangan banyak digunakan untuk konduktor (kabel) listrik, alat-alat transportasi (komponen mesin dan bodi), hingga dan bangunan.[1]

Bacaan Lainnya

Pasalnya, aluminium memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan material lain. Bahan aluminium sangat kuat dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penurunan suhu, sehingga memungkinkan material tersebut dikombinasikan dengan baik dengan jenis logam lain. Tidak hanya itu, ketahanan aluminium terhadap karat juga sudah tidak perlu diragukan lagi, tidak mudah terbakar, serta tidak menghasilkan zat buangan jika terkena tinggi.

Baca juga  Manfaat & Update Harga Tulang Sotong

Jika dibandingkan dengan kayu misalnya, material aluminium terbilang sangat mudah dikerjakan dan lebih cepat dalam pelaksanaannya. Bahan aluminium yang lebih tahan lama, memungkinkannya tidak menyusut seperti kayu. Tidak hanya itu, aluminium juga tidak mudah diserang rayap, yang telah menjadi momok kayu sejak lama, serta memungkinkan dicat atau diberi warna dengan motif kayu.[2]

Review Aluminium YKK

Apabila Anda tertarik menggunakan aluminium, termasuk untuk kebutuhan konstruksi bangunan atau lainnya, tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, aluminium sudah dijual bebas di pasaran dalam dan dapat Anda temukan di berbagai toko bahan bangunan maupun lewat situs beli online. Namun, dari sekian merk yang tersedia, YKK sering direkomendasikan untuk penggunaan di rumah.

Seperti namanya, aluminium YKK adalah produk buatan YKK Alumco yang bernaung di bawah kendali YKK Group asal Jepang. Resmi beroperasi pada tahun 1988, produk pertama yang dilepas adalah Econo, tepatnya pada tahun 1992, yang dirancang untuk semua kalangan dengan prinsip ‘the best money can buy’ dan hadir dalam lima tipe. Kemudian, mereka merilis Maestro dan Enova. Di milenium ketiga, YKK Alumco (yang kemudian berubah menjadi YKK AP Indonesia) merilis produk Mwin100, Pro Widow atau Zero Widow, ProWin, Unitize Curtain Wall, Exhido, Nexsta, Fility70, dan paling baru adalah Madela.

Baca juga  Info Terkini Harga Kayu Kalimantan (Reng, Kaso, Galar, Balok, Papan)

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan aluminium YKK untuk konsumen dalam negeri. Varian Nexsta misalnya, dibuat dengan penyempurnaan desain, kualitas, dan juga performa yang diklaim sudah teruji khusus dari sisi performa, keamanan, dan pendukung lainnya. Sementara itu, Zero Widow adalah sistem profil batangan yang ditujukan untuk memenuhi hunian nyaman dan elegan dengan harga ekonomis, sedangkan Fility70 adalah profil aluminium yang dikatakan sudah terintegrasi dengan standar internasional.

Ilustrasi: Pintu Kusen Aluminium YKK (credit: karuniapratamanugra)
Ilustrasi: Pintu Kusen Aluminium YKK (credit: karuniapratamanugra)

Menurut ulasan sejumlah toko bahan bangunan, aluminium YKK punya profil yang kuat lantaran dikerjakan dengan teknologi Jepang serta memakai bahan aluminium murni. Kelebihan lainnya, aluminium YKK memiliki permukaan yang halus dan anodizing yang terjamin, punya tingkat akurasi dan presisi yang tinggi sehingga mudah dikerjakan, serta mampu memberikan tampilan yang mewah dengan warna lebih terang.

Seperti disinggung di atas, saat ini memang tidak sulit mendapatkan aluminium, termasuk aluminium YKK, karena sudah dijual bebas di berbagai toko bahan bangunan maupun lewat situs e-commerce. Di Indonesia, aluminium YKK biasanya ditawarkan dalam bentuk kusen, baik untuk jendela maupun pintu. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga aluminium YKK per batang.

Baca juga  Info Terbaru Harga Selai Cokelat Kiloan 

Harga Aluminium YKK

Ukuran Aluminium YKK Harga
Kusen Aluminium YKK 3 inch Silver, Putih, Cokelat Rp140.000 – Rp170.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 3 inch Urat Kayu Rp170.000 – Rp235.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 4 inch Silver, Putih, Cokelat Rp155.000 – Rp187.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 4 inch Urat Kayu Rp198.000 – Rp320.000 per batang

Harga kusen aluminium YKK di atas kam rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs beli online. Satu batang kusen aluminium YKK di atas berlaku untuk panjang 1 meter. Jika punya ukuran lebih panjang, Anda cukup mengalikannya. Namun, perlu Anda ingat bahwa harga aluminium YKK tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing toko.

[1] Suprapto, dkk. 2016. Analisis Permukaan Material Aluminium Paduan (AlSiCu) Hasil Nitridasi Ion. Jurnal IPTEK Nuklir Ganendra, Vol. 19(2): 65-74.

[2] Tedja, Michael, Irfan Balindo Sidauruk, Ricky Rahmadyansah. 2015. Perbandingan Pekerjaan Kusen dan Pintu Bahan Kayu dengan Bahan Alumunium. ComTech, Vol. 6(2): 301-308.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *