Info Terbaru Harga Aluminium Foil Lembaran dan Roll

Aluminium foil, Anda pasti sudah tidak asing dengan benda yang satu ini. Kertas aluminium adalah bahan yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan, juga barang-barang, hingga pembungkus gagang pintu. Tersedia dalam berbagai ukuran, aluminium foil biasanya dijual dengan harga mulai belasan ribu rupiah.

Penggunaan aluminium foil lembaran (sumber: webrestaurantstore.com)
Penggunaan aluminium foil lembaran (sumber: webrestaurantstore.com)

Manfaat Aluminium Foil

Dilansir dari berbagai sumber, aluminium foil adalah lapisan dari alloy yang mengandung sekitar 99,4 persen aluminium. Produk ini dibuat dalam berbagai bentuk, tergantung penggunaan atau hasil akhirnya. Cenderung bersifat rapuh, bahan ini kadang-kadang dijadikan laminasi plastik atau kertas untuk membuatnya lebih berguna.

Bacaan Lainnya

Secara umum, dan paling sering, aluminium foil dimanfaatkan sebagai bahan pembungkus, terutama makanan. Penggunaan pertama aluminium foil untuk pembungkus makanan dilakukan AS tahun 1913, kala itu untuk membungkus permen dan permen karet. Pasalnya, aluminium foil merupakan kemasan simpan kedap uap air dan gas yang tahan terhadap pengaruh kelembapan dari luar kemasan, sehingga dapat melindungi mutu fisik dan fisiologis produk.[1] Selain itu, produk ini juga mudah dibentuk sesuai fungsi kemasan, tidak beracun, serta tidak memengaruhi rasa dan bau.

Aluminium foil menggantikan fungsi kertas timah sejak pertengahan abad ke-20, karena kertas timah dianggap kurang fleksibel untuk dibentuk dan cenderung memberikan sedikit rasa timah pada produk yang dikemas, khususnya sebagai pembungkus bahan makanan. Meski demikian, saat ini umumnya masyarakat masih menggunakan istilah kertas timah untuk menyebut aluminium foil.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Selain sebagai pembungkus makanan, aluminium foil ternyata juga dapat digunakan untuk mengeringkan pakaian. Caranya adalah dengan menggunakan bola-bola kertas aluminium foil, pakaian tersebut tidak akan mudah melekat satu sama lain sehingga bisa mempercepat proses pengeringan pakaian yang basah.

Aluminium foil lembaran (sumber: aliexpress)
Aluminium foil lembaran (sumber: aliexpress)

Di samping itu, aluminium foil juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada perhiasan perak, dengan cara dicampur dengan baking soda dan air mendidih. Sementara, untuk menghilangkan karat pada logam, cukup mencelupkan robekan kecil aluminium foil pada air, lalu digosokkan pada benda logam yang berkarat.

Saat ini, ada beberapa tipe alumunium foil yang digunakan sebagai pelapis atap. Setiap tipe tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan salah satu yang cukup laris adalah aluminium foil bubble. Seperti namanya, jenis ini memiliki pola gelembung pada permukaannya. Hal tersebut diklaim dapat menambah kemampuan memantulkan dengan lebih baik.

Bahan ini merupakan teknologi insulasi yang terbaru, pengganti insulasi model lama, glasswool. Produk ini adalah gabungan dari 99,5 persen aluminium murni, plastik gelembung yang terbaik. Aluminium bubble foil menawarkan thermal yang unggul, mudah untuk digunakan, hemat, tahan api, aman untuk lingkungan, dan sehat untuk pemilik rumah dan pembangun rumah, sehingga bisa dipakai pada bangunan komersial, , peternakan, rumah tinggal, gudang, serta pabrik.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Fungsi lain aluminium foil adalah untuk mengisi daya baterai yang hampir habis, pembersih alat pemanggang, penggosok panci dan wajan, mempertajam gunting, hingga memanaskan ulang pizza. Bahkan, aluminium foil konon bisa digunakan untuk meluruskan rambut melalui alat pencatok dan juga sebagai pelapis atap rumah.

Karena memiliki banyak manfaat, tidak mengherankan jika aluminium foil sering dicari, baik oleh produsen maupun masyarakat awam. Di pasaran, produk ini biasanya dijual dalam bentuk lembaran. Harganya bervariasi, tergantung ukuran dan tipe. Nah, bagi Anda yang saat ini membutuhkan aluminium foil, berikut informasi harga terbarunya.

Harga Aluminium Foil Lembaran

Aluminium Foil (sumber: greencitynew.com)
Aluminium Foil (sumber: greencitynew.com)
Ukuran Aluminium Foil Harga
Aluminium Foil Single 450 x 750 mm Rp15.000 per lembar
Aluminium Foil Single 10 m x 30 cm Rp16.500 per lembar
Best Fresh Aluminium Foil 7,6 m x 30 cm Rp17.000 per lembar
Total Wrap Aluminium Foil 7,6 m x 33 cm Rp19.000 per lembar
KLINPAK Aluminium Foil 8 m x 30 cm Rp21.000 per lembar
PROTECT FOIL Aluminium Foil Bubble Single Side 1,2 m x 50 m Rp330.000 per roll
Aluminium Foil Bubble Double Side 25 m x 120 cm x 4 mm Rp330.000 per roll
MONCRETE Aluminium Foil Bubble Double 30 m x 1 m x 3 mm Rp550.000 per roll
SBM Aluminium Foil Bubble Single Side 1,2 m x 50 m Rp1.625.000 per roll
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga aluminium foil lembaran di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko perlengkapan dapur dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga aluminium tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga aluminium foil bubble double side 25 m x 120 cm x 4 mm Rp375 ribuan per roll, sedangkan harga total wrap aluminium foil 7,6 m x 33 cm berkisar Rp47 ribuan per lembar.

Meski umum dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan, Anda tetap harus berhati-hati saat hendak menggunakan aluminium foil. Pasalnya, penggunaan aluminium foil kerap dikaitkan dengan risiko kesehatan yang serius, termasuk Alzheimer, lambatnya pertumbuhan sel otak, hingga gangguan pada ginjal. Risiko ini ditimbulkan karena aluminium berpotensi untuk larut ke dalam makanan. Apalagi jika makanan yang dibungkus aluminium foil adalah makanan yang pedas, mengandung asam, maupun makanan yang dimasak dengan suhu tinggi.

(Update: Panca)

[1] Rahayu, Esti dan Eny Widajati. 2007. Pengaruh Kemasan, Kondisi Ruang Simpan dan Periode Simpan terhadap Viabilitas  Benih Caisin (Brassica chinensis L.). Jurnal Agronomi Indonesia, Vol. 35(3): 191-196.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *