Harga Aluminium Foil Bubble (Meter dan Roll)

No comment1309 views

Karena merupakan negara tropis, suhu udara di Indonesia memang bisa sangat panas ketika musim kemarau datang. Bahkan, saat berada di dalam rumah, suhu dapat mendekati angka 35 derajat Celcius. Tentunya hal ini dapat membuat penghuni tidak nyaman. Nah, untuk menyiasati kondisi seperti ini, sebenarnya ada banyak cara yang dapat ditempuh, salah satunya mengaplikasikan aluminium foil bubble di atap rumah. Biasanya dijual per meter atau per roll, harga bahan ini ternyata relatif terjangkau.

Aluminium foil bubble (sumber: alibaba)

Aluminium foil bubble (sumber: alibaba)

Sebelum membahas mengenai fungsi aluminium foil bubble, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai atap. Atap adalah suatu bagian dari bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya dari pengaruh panas, hujan, angin, debu, dan untuk keperluan perlindungan.[1] Struktur atap juga dapat disebut sebagai bagian bangunan yang menahan atau mengalirkan -beban dari atap.[2]

Fungsi dan Kelebihan Aluminium Foil Bubble

Seperti disampaikan di atas, atap adalah penutup bangunan di bagian atas yang bertujuan untuk peneduh dari air hujan, panas sinar matahari, dan juga menepis embusan angin kencang. Pemasangan atap yang baik akan menciptakan ruangan di bawah yang nyaman ditempati untuk berbagai kegiatan atau aktivitas.

Pemasangan plafon pada langit-langit ruang memang dapat meredam panas yang ditimbulkan dari sinar matahari yang menimpa penutup atap. Efek panas akan diteruskan ke plafon dan akan diredam oleh bahan material plafon. Namun, kerja plafond ini masih kurang maksimal, kecuali memakai bahan material plafon khusus yang mampu meredam panas.

Baca juga  Kelebihan dan Harga Kayu Jati per M3

Lalu, bagaimana jika terjadi kebocoran atap? Bagaimana jika rembesan  air hujan? Bagaimana jika atap ekspose? Yang jelas, jika terjadi tetesan air yang menimpa permukaan plafon, plafon akan menimbulkan flek bernoda dan lama-kelamaan akan berjamur, kemudian plafon menjadi bolong. Belum lagi ketika air mengenai rangka atap dan rangka plafon. Apa pun bahan materialnya, akan menjadi rusak dan keropos.

Aplikasi aluminium foil bubble untuk plafon (sumber: pinterest)

aluminium foil bubble untuk plafon (sumber: pinterest)

Nah, untuk menghindari atau meminimalkan hal tersebut, Anda bisa memasang aluminium foil pada atap rumah Anda. Memiliki fungsi utama menepis panas dari radiasi sinar matahari, alumunium foil juga digunakan sebagai lembaran pelapis atap bangunan. Saat dipasangkan pada rangka atap baja ringan, lembaran ini dapat menghindari kebocoran oleh air hujan karena dibuat menggunakan bahan yang elastis serta tahan air. Dengan kemampuannya tersebut, banyak orang yang menggunakan aluminium foil karena dapat melindungi bagian plafon dari berbagai kerusakan akibat kebocoran dan panas.

Saat ini, ada beberapa tipe alumunium foil yang digunakan sebagai pelapis atap. Setiap tipe tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Salah satu yang cukup laris adalah aluminium foil bubble. Seperti namanya, jenis ini memiliki pola gelembung pada permukaannya. Hal tersebut diklaim dapat menambah kemampuan memantulkan panas dengan lebih baik.

Bahan ini merupakan teknologi insulasi yang terbaru dan merupakan pengganti insulasi model lama, glasswool. Produk ini adalah gabungan dari 99, 5 persen aluminium murni, plastik gelembung yang terbaik. Aluminium bubble foil menawarkan thermal yang unggul, mudah untuk digunakan, hemat, tahan api, aman untuk lingkungan, dan sehat untuk pemilik rumah dan pembangun rumah, sehingga bisa dipakai pada bangunan komersial, , peternakan, rumah tinggal, gudang, serta pabrik.

Baca juga  Update Harga Troli Galon dan Gas (Semua Model dan Ukuran)

Kelebihan lainnya dibandingkan dengan glasswool adalah pemasangan yang lebih cepat, rapi, dan gampang karena tidak memerlukan roof mesh. Produk ini juga lebih aman bagi kesehatan karena tidak mengandung partikel asbes. Seperti diketahui, bahan lainnya seperti glasswool dan rockwool sudah dilarang di Jepang, dan di Indonesia sudah mulai ditinggalkan karena berbahaya bagi kesehatan.

Jika Anda ingin mengaplikasikan aluminium foil bubble untuk tempat tinggal Anda, tidak sulit mendapatkan produk ini. Anda bisa membelinya di berbagai toko material bangunan terdekat. Jika tidak menemukannya, Anda bisa berburu lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tetapi umumnya relatif terjangkau. Sebagai referensi, berikut kisaran harga aluminium foil bubble di pasaran.

Harga Aluminium Foil Bubble

Aluminium foil bubble (sumber: shopee)

Aluminium foil bubble (sumber: shopee)

Merk/Tipe Aluminium Foil BubbleHarga
Aluminium Foil Bubble Double Side Ecer 120 cmRp25.000 per meter
Foil Aluminium Foil Bubble Single SideRp10.000 per meter
Rp288.000 per roll
PROTECT FOIL Aluminium Foil Bubble Single Side 1,2 m x 50 mRp255.000 per roll
Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mmRp300.000 – Rp385.000 per roll
PROTECT FOIL Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mmRp355.000 per roll
MONCRETE Aluminium Foil Bubble Double 1 m x 30 m x 3 mmRp455.000 per roll
XP Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mmRp550.000 per roll
Super Insulate Aluminium Foil Bubble Double Side 1,05 m x 20 m x 4 mmRp625.000 per roll
Shine Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mmRp899.000 per roll
Super Insulate Aluminium Foil Bubble Double Side 1 m x 25 m x 4 mmRp900.000 per roll
Super Insulate Aluminium Foil Bubble Double Side 1 m x 25 m x 8 mmRp1.275.000 per roll
Shine Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 8 mmRp1.350.000 per roll
Shine Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 8 mmRp1.650.000 per roll
ZELLTECH Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 40 m x 4 mmRp2.798.400 per roll
Baca juga  Info Terkini Harga Mortar Acian Putih (All Merk)

Harga aluminium foil bubble di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online, serta bisa berubah sewaktu-waktu. Jika Anda hendak memasang material ini, umumnya dilakukan sekaligus saat mengerjakan baja ringan. Instalasi aluminium foil hendaknya dilakukan dengan merata dan sesuai sudut kemiringan atap agar dapat menepis panas radiasi sinar matahari secara lebih efektif.

[1] Rahayu, Sherly Anggun & Donny Fransiskus Manalu. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap Kayu terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Jurnal Forum Profesional Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung, Vol. 3 (2).

[2] Royani, M. 2011. Konstruksi Atap. Semarang: Teknik Desain Arsitektur Universitas .

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Aluminium Foil Bubble (Meter dan Roll)"