Info Terbaru Harga Aluminium Foil Atap (Roll dan Meter)

Atap menjadi salah satu bagian rumah yang punya fungsi penting, menahan panas saat matahari sedang terik dan air ketika turun hujan. Nah, untuk meminimalkan risiko kebocoran, Anda bisa memasang aluminium foil pada atap hunian Anda. Tidak sulit menemukan bahan ini karena Anda bisa membelinya di berbagai toko material bangunan atau situs online, dengan harga rata-rata ratusan ribu hingga jutaan rupiah per lembar atau roll.

Ilustras: Instalasi Aluminium Foil Atap (credit: waterproofing)
Ilustras: Instalasi Aluminium Foil Atap (credit: waterproofing)

Anda pasti sudah familiar dengan atap. Ini adalah suatu bagian dari bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya dari pengaruh panas, hujan, angin, debu, dan untuk keperluan perlindungan.[1] Struktur atap juga dapat disebut sebagai bagian bangunan yang menahan atau mengalirkan beban-beban dari atap.[2]

Bacaan Lainnya

Jenis Atap

  • Atap rumah tanah liat, adalah termasuk jenis genteng yang paling populer di Tanah Air. Jenis atap tanah liat umumnya diproduksi melalui proses press dan pembakaran. Jenis atap rumah tanah liat memiliki keunggulan seperti harganya yang ekonomis, tahan lama, dan cukup kuat ketika dipijak. Meski demikian, atap ini juga punya beberapa kelemahan, seperti mudah berlumut, memerlukan ketelitian saat pemasangan untuk menghindari kebocoran, tidak terlalu kuat menahan angin, dan harus dipasangkan pada rangka yang kuat.
  • Atap rumah aspal, tipe atap yang dibuat dengan memadukan fiberglass dan aspal yang dilapisi dengan mineral. Jenis atap ini sendiri tersedia dalam dua tipe, yaitu datar dan bergelombang. Instalasi tipe datar dilakukan dengan menempelkan melalui multipleks yang disekrup di rangka, sedangkan instalasi tipe bergelombang adalah disekrup ke balok gording. Atap aspal sendiri banyak dipilih karena praktis dalam hal pemasangan, berbobot ringan, tahan api, tahan angin, dan anti-jamur. Sayangnya, harga atap jenis ini tergolong mahal dan tidak ramah lingkungan.
  • Atap rumah metal, merupakan jenis yang menggunakan perpaduan berbagai bahan seperti aluminium, besi, tembaga, dan seng. Saat ini, jenis atap rumah metal banyak digunakan pada bangunan seperti atau bengkel. Keunggulannya, jenis atap rumah metal sangat praktis untuk dipasang, memiliki bobot yang ringan, tahan terhadap karat, anti-pecah, anti-bocor, tidak menimbulkan panas, tahan api, tahan angin, dan fleksibel untuk dipasang di berbagai bidang.
  • Atap rumah keramik, merupakan jenis yang cocok untuk arsitektur rumah Mediterania. Menawarkan finishing glazur yang estetis, jenis atap keramik siap memberikan kesan mewah pada hunian. Sayangnya, atap keramik mudah pecah, kurang tahan terhadap angin, tidak bisa dipasangkan pada atap dengan kemiringan lebih dari 30 derajat, dan memerlukan baut ketika pemasangan agar tidak mudah lepas.
  • Atap rumah beton, merupakan jenis atap yang saat ini banyak diaplikasikan pada rumah minimalis karena mengusung style yang modern. Selain estetis, atap rumah jenis ini sangat kokoh karena dibuat dari beton dan tulangan besi. Sayang, atap beton kurang prima terhadap angin, berbobot berat, dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.
Aluminium foil atap (sumber: ubuy.ci)

Fungsi Aluminium Foil untuk Atap

Seperti disampaikan di atas, atap adalah penutup bangunan di bagian atas yang bertujuan untuk peneduh dari air hujan, panas sinar matahari, dan juga menepis embusan angin kencang. Pemasangan atap yang baik akan menciptakan ruangan di bawah yang nyaman ditempati untuk berbagai kegiatan atau aktivitas.

Pemasangan plafon pada langit-langit ruang memang dapat meredam panas yang ditimbulkan dari sinar matahari yang menimpa penutup atap. Efek panas akan diteruskan ke plafon dan akan diredam oleh bahan material plafon. Namun, kerja plafon ini masih kurang maksimal, kecuali bahan material plafon khusus yang mampu meredam panas.

Lalu, bagaimana jika terjadi kebocoran atap? Bagaimana jika rembesan  air hujan? Bagaimana jika atap ekspose? Yang jelas, jika terjadi tetesan air yang menimpa permukaan plafon, plafon akan menimbulkan flek bernoda dan lama-kelamaan akan berjamur, kemudian plafon menjadi bolong. Belum lagi ketika air mengenai rangka atap dan rangka plafon. Apa pun bahan materialnya, akan menjadi rusak dan keropos.

Nah, untuk menghindari atau meminimalkan hal tersebut, Anda bisa memasang aluminium foil pada atap rumah Anda. Memiliki fungsi utama menepis panas dari radiasi sinar matahari, alumunium foil juga digunakan sebagai lembaran pelapis atap bangunan. Saat dipasangkan pada rangka atap ringan, lembaran ini dapat menghindari kebocoran oleh air hujan karena dibuat menggunakan bahan yang elastis serta tahan air. Dengan kemampuannya tersebut, banyak orang yang menggunakan alumunium foil karena dapat melindungi bagian plafon dari berbagai kerusakan akibat kebocoran dan panas.

Saat ini, ada beberapa tipe alumunium foil yang digunakan sebagai pelapis atap. Setiap tipe tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tipe pertama adalah single side, yang hanya memiliki lapisan di satu sisi saja. Kemudian, ada tipe double side, yang punya lapisan aluminium di kedua sisi sehingga lebih efektif.

Aluminium foil untuk atap (sumber: donedeal.ie)

Harga Aluminium Foil Atap

Merk/Tipe Aluminium Foil Atap Harga
Aluminium Foil Single Side Ecer 1 m x 1,2 m Rp19.500 per meter
SBM Foil Aluminium Foil Bubble Single Side Rp20.000 – Rp25.000 per meter
Rp325.000 – Rp450.000 per roll
Aluminium Foil Bubble Double Side Ecer 120 cm Rp37.000 per meter
PROTECT FOIL Aluminium Foil Bubble Single Side 1,2 m x 50 m Rp330.000 per roll
Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mm Rp375.000 per roll
PROTECT FOIL Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mm Rp380.000 per roll
MONCRETE Aluminium Foil Single Side 1,25 x 60 m Rp382.500 per roll
MAXFOIL  Aluminium Foil Double Side 1,2 m x 50 m Rp432.300 per roll
INSFOIL Aluminium Foil Single Side 1,25 x 60 m Rp450.000 per roll
XP Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mm Rp450.000 per roll
Super Insulate Aluminium Foil Bubble Double Side 1,05 m x 20 m x 4 mm Rp680.000 per roll
Shine Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 4 mm Rp850.000 per roll
Super Insulate Aluminium Foil Bubble Double Side 1 m x 25 m x 4 mm Rp900.000 per roll
PROTECT FOIL Aluminium Foil Double Side 1 m x 30 m x 4 mm Rp990.000 per roll
Super Insulate Aluminium Foil Bubble Double Side 1 m x 25 m x 8 mm Rp1.214.000 per roll
Shine Foil Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 25 m x 8 mm Rp1.725.000 per roll
ZELTECH Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 40 m x 4 mm Rp2.304.000 per roll

Harga aluminium foil untuk atap di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs online. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga aluminium foil single side 1 m x 1,2 m misalnya, awalnya Rp19 ribu per meter dan saat ini sedikit naik menjadi Rp19.500 per meter. Sebaliknya, harga ZELTECH Aluminium Foil Bubble Double Side 120 cm x 40 m x 4 mm yang semula Rp2,448 juta, sekarang turun menjadi Rp2,3 jutaan per roll.

Jika Anda hendak memasang material ini, umumnya dilakukan sekaligus saat mengerjakan ringan. Instalasi aluminium foil hendaknya dilakukan dengan merata dan sesuai sudut kemiringan atap agar dapat menepis panas radiasi sinar matahari secara lebih efektif. Selain itu, pemasangan yang rapi juga dapat mengelola air seandainya ada kebocoran pada genteng atau seng.

[1] Rahayu, Sherly Anggun & Donny Fransiskus Manalu. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Ringan dengan Rangka Atap terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Jurnal Forum Profesional Teknik Sipil. Vol. 3(2).

[2] Royani, M. 2011. Konstruksi Atap. Semarang: Teknik Desain Arsitektur Universitas Diponegoro.

Pos terkait