Update Harga Clear Aligner Gigi

Pada beberapa orang, gigi dapat muncul ke dalam mulut dengan arah yang kurang tepat dan dengan ruangan yang mungkin tidak sesuai dengan ukuran giginya. Hal tersebut menyebabkan susunan gigi menjadi tidak teratur, ada yang lebih maju atau mundur, ada yang terputar maupun saling bertumpukan dengan gigi lainnya. Sejumlah perawatan gigi dilakukan untuk memperbaiki kondisi tersebut agar tidak mengganggu kenyamanan atau menimbulkan keluhan, termasuk clear aligner gigi. Meski perawatan ini dikenai harga cukup mahal, tetapi ternyata masih banyak diminati karena menawarkan beberapa kelebihan.

Clear aligner gigi (sumber: southhighdental.com)
Clear aligner gigi (sumber: southhighdental.com)

Aligner gigi berupa suatu wadah plastik transparan yang keras dan bentuknya telah disesuaikan dengan susunan gigi penggunanya. Sama seperti kawat gigi lepasan, alat ini dapat dilepas saat Anda makan atau menyikat gigi. Karena warnanya transparan, maka Anda hampir tidak terlihat memakai alat apapun pada gigi. Biasanya alat ini dapat digunakan jika semua gigi tetap telah keluar.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Harga Jack Hammer (Hitachi, Makita, Bosch, DCA dll)

Kerap dijadikan pilihan selain pemakaian kawat gigi atau behel pada perawatan ortodontik, alat ini relatif lebih nyaman dipakai dan menjaga kebersihan mulut akan lebih mudah karena dapat dilepas. Hal terpenting lainnya, pemakaian aligner gigi tidak akan terlihat oleh orang lain karena tampak dan berbahan transparan. Namun, tak jauh berbeda dengan pemakaian kawat gigi, Anda harus tetap memperhatikan kebersihan mulut agar plak dan sisa makanan tidak mudah menempel.

Cara Kerja Clear Aligner Gigi

Clear aligner gigi bekerja dengan cara membuat gigi mengikuti bentuk alat yang sudah dibuat. Misalnya jika gigi Anda ingin dimundurkan, maka tempat gigi tersebut akan sedikit lebih mundur dan gigi pun perlahan-lahan mengikuti bentuknya. Selama perawatan, alat ini akan diganti beberapa kali sesuai dengan perubahan dan pergerakan pada susunan gigi Anda. Biasanya, clear aligner akan dipakai selama dua minggu, lalu dokter gigi akan menggantinya dengan alat yang baru.[1]

Rencana perawatan dan dari aligner diproses dengan komputer dan Anda dapat melihat seperti apa kira-kira susunan gigi Anda setelah dirawat. Foto posisi gigi dan rongga mulut Anda akan diambil menggunakan software yang dilengkapi fitur artificial intelligence (AI). Analisis ini turut menampilkan durasi atau lama pemakaian secara tepat. Selanjutnya, Anda akan menerima beberapa set aligner dan setiap set-nya dipakai 22 jam/hari selama 7 hari.

Baca juga  Update Harga Garam Himalaya Asli di Pasaran

Setelah 7 hari, Anda dapat mengganti ke set berikutnya yang akan menggerakkan gigi secara perlahan tetapi pasti. Setiap set aligner diprogram dengan pergerakan 0.25 mm per aligner, mendorong gigi ke posisi ideal yang sudah diprediksi oleh software, sehingga dapat menggerakkan gigi secara bertahap. Setiap mengganti nomor aligner, Anda akan merasakan adanya pergerakan pada posisi gigi.

Clear aligner mengusung beberapa kelebihan selain tidak akan mengganggu penampilan Anda. Proses perataan gigi menggunakan metode yang satu ini terbilang cepat menuju hasil sekitar satu hingga dua pemakaian. Dengan bahan yang nyaman, makanan tidak ada yang tersangkut pada perata gigi ini. Hanya saja, pada beberapa kasus-kasus yang sulit, pemakaian alat ini tidak disarankan.

Harga Clear Aligner Gigi

Menurut situs resmi Invisalign, biaya perawatan aligner gigi tidak tercantum secara jelas. Namun akan disesuaikan dengan tingkat kerumitan kasus, merek aligner gigi, dan lama perawatannya. Sementara itu, di Rata, perawatan aligner gigi pada tahun ini dikenakan biaya mulai Rp4,9 juta untuk perawatan 10 dan Rp9,9 juta untuk perawatan full, masih sama seperti tahun lalu. Jika harga tersebut terlalu mahal, Anda juga bisa membeli alat aligner gigi di situs jual beli online, dengan harga mulai Rp1,2 jutaan hingga Rp1,4 jutaan, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

Baca juga  Update Harga Sirup ABC di Alfamart dan Indomaret (Eceran & 1 Dus)

Perlu diketahui, durasi dan jumlah set aligner untuk setiap tentu berbeda-beda sesuai dengan kasus dan keadaan gigi setiap pasien. Anda tak perlu khawatir akan pemakaian clear aligner, pasalnya bahan aligner terbilang aman digunakan untuk mulut. Dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi selama perawatan aligner, Anda akan selalu diingatkan untuk rajin membersihkan dan melepasnya saat makan dan minum (kecuali air putih).

[Update: Almas]

[1] Rahmadhan, Ardyan Gilang. 2010. Serba Serbi Kesehatan Gigi & Mulut. Jakarta: Agromedia Pustaka, hlm. 164.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.