Update Harga Alat DJ Pioneer CDJ-2000 (Baru dan Bekas)

Sejak electronic dance music (EDM) booming pada era 2000-an hingga sekarang, profesi DJ semakin diminati, baik oleh pria maupun wanita. Namun, profesi DJ tidak hanya dituntut mampu menghibur keramaian, tetapi juga punya keterampilan yang lain, seperti menguasai teknik DJ hingga mixing lagu. Untuk kebutuhan tersebut, tentu saja dibutuhkan alat DJ yang mumpuni. Pioneer pun akhirnya merilis CDJ-2000, sebuah pemutar media lengkap yang sudah didukung berbagai untuk mendukung generasi baru DJ. Alat ini bisa dibeli dengan harga puluhan juta rupiah per unit.

Alat DJ Pioneer CDJ-2000 (youtube: Profi-DJ Brno)
Alat DJ Pioneer CDJ-2000 (youtube: Profi-DJ Brno)

Review Pioneer CDJ-2000

Pioneer membuat cap besar pertama di club land pada tahun 2001 dengan varian CDJ-1000. Model ini lantas menjadi perangkat DJ standar industri. Memang ada pembaruan pada desain CDJ-1000 dengan kehadiran versi MkI dan MkII. Namun, dengan semakin populernya laptop di klub, tampaknya Pioneer membutuhkan sesuatu yang istimewa untuk mempertahankannya.

Bacaan Lainnya

Jadi, lebih dari satu dekade sejak model CDJ-1000, perusahaan melemparkan model CDJ-2000, sebuah pemutar media digital lengkap, yang masih mempertahankan tampilan dan nuansa CDJ asli yang kokoh, tetapi menyediakan semua konektivitas dan fitur modern yang dituntut oleh generasi baru DJ, termasuk konektivitas CD, DVD, perangkat penyimpanan USB, dan kartu memori SD.

Hal pertama yang mengejutkan Anda ketika Anda mengeluarkan CDJ-2000 dari kemasannya adalah ukuran unit yang tipis. Peningkatan ukuran terutama disebabkan oleh layar WQVGA besar (480 x 234) yang telah disertakan tanpa mengurangi ukuran tombol standar atau ukuran piringan. Di dalam, unit telah ditingkatkan dengan prosesor Wolfson DAC baru, yang ketika dihubungkan secara digital ke mixer, terdengar lebih baik pada tingkat volume daripada CDJ-1000.

Unit bisa dinyalakan dengan tombol backlit biasa, tetapi dengan manfaat tambahan dari jogwheel backlit dan layar bercahaya besar, sehingga Anda tidak akan memiliki masalah saat menavigasi CDJ-2000 di klub gelap. Plus, jika layar atau jogwheel bersinar terlalu terang, Anda dapat mengubah kecerahan di halaman Pengaturan dengan sangat mudah.

Ketika berbicara mengenai fitur baru, fokus utama CDJ-2000 adalah mengelola perpustakaan musik digital Anda dan mengintegrasikan secara mulus dengan laptop, MIDI, dan teknologi baru lainnya yang masuk ke booth DJ. Tulang punggungnya adalah kolaborasi perangkat lunak Rekordbox yang disertakan antara Pioneer dan MixVibes.

Setelah diinstal pada Mac atau PC Anda, Rekordbox memungkinkan Anda untuk mengimpor koleksi MP3 Anda (baik secara manual atau iTunes Libraries dan playlist yang sudah ada), menandainya, mengatur titik isyarat dan loop, serta menganalisis dan menyiapkan musik Anda dengan cara yang sama seperti saat Anda mengimpor track perangkat lunak DJ lainnya.

Fitur sederhana tetapi sangat berguna adalah Needle Search baru. Ini adalah strip sensitif sentuhan yang berjalan di bawah layar, mirip dengan pengontrol pita pada synth. Menyentuh strip ini memungkinkan Anda langsung jatuh ke berbagai bagian track yang dimuat, dengan umpan balik waktu nyata di layar. Setelah Anda terbiasa dengan metode ini, menavigasi di sekitar bentuk gelombang akan semudah dengan perangkat lunak DJ apapun.

Fitur kinerja baru lainnya termasuk loop empat ketukan satu tombol, mirip dengan yang ditemukan pada CDJ-400. Mengetuk ini awalnya membuat loop empat ketukan, kemudian ketukan lebih lanjut mempersingkat loop menjadi setengah dan setengah lagi. Awalnya, sulit untuk mengetahui bagaimana meningkatkan dari loop dua ketukan kembali ke loop empat ketukan. Namun, Anda bisa menahan tombol loop out kuning dan menekan tombol loop empat ketukan, kebalikannya dapat dicapai.

Salah satu cara Pioneer untuk memastikan bahwa CDJ-2000 tidak didorong keluar dari stand DJ oleh laptop dan pengontrol adalah dengan merangkul revolusi perangkat lunak. CDJ-2000 bekerja dengan Traktor, Serato, dan MixVibes Cross2 menggunakan protokol HID. Artinya, aplikasi ini dapat dikontrol tanpa peralatan tambahan.

Penambahan port Ethernet dan teknologi Pro DJ Link Pioneer berarti bahwa sekarang hingga empat CDJ-2000 (menggunakan hub Ethernet) dapat dihubungkan bersama dan akan berbagi kunci USB yang terhubung, hard drive, atau kartu SD yang dimasukkan. Ini berarti satu port USB besar dapat melayani keempat dek dan DJ dapat tampil di pertunjukan hanya dengan gantungan kunci dan beberapa headphone.

Alat DJ Pioneer CDJ-2000 (youtube: TestShow Effect)
Alat DJ Pioneer CDJ-2000 (youtube: TestShow Effect)

Sayangnya, saat ini Pioneer sudah tidak memproduksi lagi varian CDJ-2000. Namun, perusahaan tersebut telah menggantinya dengan varian CDJ-2000 Nexus, yang juga sudah hadir dalam varian CDJ-2000 Nexus MK II. Model ini diklaim punya fitur yang lebih canggih, tanpa menghilangkan jejak tipe sebelumnya. Lalu, berapa harga perangkat tersebut?

Harga Pioneer CDJ-2000

Varian Pioneer CDJ-2000 Harga
Pioneer CDJ-2000 () Rp24.000.000 – Rp30.000.000
Pioneer CDJ-2000 Nexus Rp33.200.000 – Rp34.476.000
Pioneer CDJ-2000 Nexus MK II Rp33.200.000 – Rp41.195.800

Harga Pioneer CDJ-2000 tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat musik dan sejumlah situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun lalu Pioneer CDJ-2000 bekas dijual kisaran harga Rp22 juta sampai Rp33 juta, kemudian tahun 2022 berubah jadi Rp24 juta sampai Rp30 juta. Perlu Anda catat bahwa harga Pioneer CDJ-2000 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko dapat berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *