Review dan Update Harga Akun Mobile Legend

Jika Anda suka bermain game di smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan Mobile Legend. Ini adalah salah satu game MOBA yang sukses mencuri perhatian banyak orang, termasuk di Indonesia, karena dikatakan seru dan dapat dimainkan secara beramai-ramai. Nah, untuk mendapatkan karakter atau item yang diidamkan, tak sedikit pemain yang memilih untuk membeli akun Mobile Legend, yang dijual dengan harga bervariasi.

Bermain Mobile Legend (sumber: tapscape.com)
Bermain Mobile Legend (sumber: tapscape.com)

Perangkat mobile seperti smartphone, tablet, playbook, hingga tablet PC saat ini memang semakin banyak digunakan daripada PC desktop yang ada di rumah. Ada banyak alasan mengapa tidak sedikit orang berpindah platform dari PC ke smartphone, termasuk dinilai lebih ringan, cepat, lebih mudah dipakai, serta lebih mudah dibawa ketika bepergian (praktis).[1]

Bacaan Lainnya

Seiring dengan tren tersebut, sekarang juga semakin banyak gamer atau orang awam yang beralih dari game PC menuju game mobile. Mobile game sendiri merupakan jenis game yang didesain dan dibuat khusus untuk dapat dijalankan pada mobile devices, seperti smartphone dan tablet PC. Keuntungan memainkan mobile game adalah pemain dapat bermain game kapan saja dan di mana saja selama memiliki mobile devices yang mampu menjalankan mobile game tersebut.[2]

Review Mobile Legend

Nah, salah satu mobile games yang sekarang diminati banyak anak muda di berbagai belahan dunia adalah Mobile Legends. Ini adalah game yang dikembangkan dan dirilis oleh Moonton Developer, serta dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS. Game MOBA satu ini sukses mencuri perhatian para gamer di Indonesia sejak tahun 2016 lalu.

Permainan ini dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok. Game dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari daftar hero yang bisa diakses oleh pemain. Hero yang tersedia adalah hero yang telah dibeli dan hero yang sedang ‘dipinjamkan’ secara gratis kepada pemain oleh sistem. Dengan kata lain, tidak semua hero dapat langsung dimainkan. Lama permainan berkisar 15 menit untuk 1 ronde.

Tujuan utama permainan adalah untuk menghancurkan base lawan. Terdapat 3 lane utama dalam map, yaitu middle, top, dan bottom lane, dengan masing-masing lane dijaga oleh Turret yang akan menyerang unit musuh secara otomatis. Setiap lane juga memiliki bangunan ‘barrack’ yang jika dihancurkan akan membuat creep/minion lawan menjadi semakin kuat. Apabila semua ‘barrack‘ hancur, maka tim lawan akan memiliki super minion yang jauh lebih kuat dibanding minion biasa. Di luar jalur lane setiap tim, juga terdapat jungle yang berisi jungle creep yang akan memberikan buff pada unit yang mengalahkan creep tersebut. Nah, permainan berakhir ketika base salah satu tim hancur.

Untuk mendapatkan karakter yang dimainkan dan diinginkan, para pemain harus mengumpulkan poin demi poin. Sayangnya, poin yang diperoleh dalam tiap pertandingan tidak banyak. Beberapa hanya mendapatkan ratusan, sedangkan harga satu karakter bisa mencapai puluhan ribu. Karena tidak semua orang punya waktu luang yang banyak untuk melakukan grinding, maka jalur alternatif yang kerap ditempuh untuk memperoleh banyak karakter adalah dengan membeli sebuah akun.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan atau membeli akun Mobile Legends. Pasalnya, sudah ada banyak orang yang menawarkan akun game ini, dengan berbagai karakter yang dapat dipilih. Harga tiap akun bervariasi, tergantung karakter yang diinginkan plus kelengkapan akun. Berikut kami sajikan terbaru kisaran harga akun Mobile Legend.

Akun Mobile Legend – id.carousell.com

Harga Akun Mobile Legend

Jenis Akun Mobile Legends Harga
GM KOF Karina Rp25.000
Rank Legend Rp50.000
Smurf Epic Rp65.000
Tier Legend 2 Rp100.000
Mythic Hero 64 Skin 51 Rp109.000
Hero + Skin Starlight Rp155.000
GG + Skin Starlight Rp270.000
Epic GG + Skin Starlight Rp280.000
Sultan + Hero + Skin Rp400.000
Skin Sultan + Epic Limited Rp600.000 – Rp1.100.000
Akun ML + 2 Skin Legend + All Skin Dragon Tamers Rp8.000.000
Sultan + Skin Epic Limited 21 + Legend 2 WR GG Pro Rp15.000.000

Harga akun Mobile Legend di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga akun Mobile Legend di pasaran saat ini cenderung turun. Misalnya, akun GG + Skin Starlight yang semula ditawarkan seharga Rp280 ribu, kini hanya Rp270 ribu. Begitu pula harga akun Skin Sultan + Epic Limited yang turun dari kisaran Rp900 ribu hingga Rp2,5 juta, menjadi Rp600 ribu hingga Rp1,1 juta.

Sekadar informasi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli akun Mobile Legend, yang perlu diperhatikan, pastikan jumlah karakter dalam akun memiliki sekitar 80-100% dari seluruh karakter yang sudah dirilis dalam game tersebut. Selain itu, pastikan pula akun tidak memiliki sejarah terkena penangguhan serta perhatikan reputasi penjual.

[Update: Ditta]

[1] Putra, Dian Wahyu, dkk. 2016. Game Edukasi Berbasis Android sebagai Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol. 1(1): 45-58.

[2] David. 2016. Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horor. Cogito Smart Journal, Vol. 2(2): 167-179.

Pos terkait