Info Manfaat dan Harga Akar Wangi di Pasaran

No comment110 views

Akar wangi merupakan tanaman rumput tahunan yang tumbuh tegak dengan tinggi 1,5 – 2,5 meter dan berkembangbiak dengan cepat sehingga terbentuk rumpun-rumpun besar. Tanaman satu ini menawarkan sejumlah manfaat baik, sehingga banyak diolah menjadi beberapa produk seperti minyak hingga parfum. Bahkan, akar wangi juga dapat disulap menjadi beraneka macam kerajinan tangan. Tak heran jika permintaan akar wangi terbilang tinggi di pasaran dengan harga jual yang bervariasi.

Akar wangi (sumber: rumah.com)

Akar wangi (sumber: rumah.com)

Akar wangi yang memiliki nama Latin Vetiveria zizanioides adalah salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang potensial. Tanaman dari keluarga rumput-rumputan Graminae ini di Indonesia telah dikenal lama sebelum Perang Dunia II. Bahkan, pada tahun 1918 telah tercatat sebagai komoditas ekspor meskipun masih dalam bentuk akar.

Akar wangi dapat tumbuh di daerah dengan kisaran curah hujan yang cukup luas, yakni 200 – 6.000 mm setiap tahun. Tanaman yang memiliki tingkat toleransi tinggi terhadap kekeringan ini dapat tumbuh dari dataran tinggi di atas 1.000 mdpl. Namun, kandungan minyaknya akan baik jika ditanam di atas ketinggian 700 mdpl dengan suhu yang dikehendaki 17-27 derajat celsius. Tanaman akar wangi tidak baik ditanam di tempat yang teduh, karena memerlukan cahaya matahari penuh. Akar wangi tidak membutuhkan pengolahan tanah yang intensif kecuali jika ditanam di tanah yang berat atau liat.

Baca juga  Info Terbaru Harga Buah Delima per Kg di Pasaran

Tanaman akar wangi masih satu rumpun dengan serai atau padi. Beberapa nama lain akar wangi yang dikenal masyarakat yakni narwastu, serai wangi, dan vetiver. Karakteristik tanaman akar wangi ditandai dengan bentuk yang panjang dan daun tipis panjang yang kaku dan keras. Ada dua jenis akar wangi yang dikenal di Indonesia, sebagai berikut.

Jenis Akar Wangi

  • Jenis akar wangi berbunga: persebaran tanaman ini di wilayah Garut, Jawa Barat.
  • Jenis akar wangi tidak berbunga: persebaran tanaman ini di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah.

Di Indonesia, tanaman akar wangi umumnya masih dibudidayakan oleh petani dalam bentuk usaha berskala kecil. Daerah pusat budidaya akar wangi yakni Garut, Sukabumi, Bandung, Sumedang, Kuningan, Wonosobo, Purwokerto, dan sebagian wilayah Sumatera Utara. Dari daerah-daerah tersebut, tidak semua ditujukan untuk memproduksi minyak. Misalnya di daerah Wonosobo yang memproduksi kerajinan dari akar wangi.

Tanaman rumput akar wangi (sumber: starfarm.co.id)

Tanaman rumput akar wangi (sumber: starfarm.co.id)

Kandungan Akar Wangi

Komponen utama yang terdapat dalam minyak akar wangi adalah 60% vetiverol. Senyawa lainnya berupa asam vetivenat, trisiklovetiven, vetiverol ester, asam benzoat, asam palmitat, serta alfa dan beta vetiverone. Umumnya, akar wangi yang diperdagangkan memiliki kandungan vetiverol sekitar 9-59% dan memiliki kelarutan dalam etanol mencapai 95% dengan perbandingan 1:1.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Kayu Bengkirai (Berbagai Ukuran)

Setelah melalui proses penyulingan, maka dapat dihasilkan minyak yang dikenal sebagai minyak akar wangi (vetiver oil). Sekitar 90% minyak akar wangi dihasilkan dan diekspor, lalu sisanya digunakan untuk industri di dalam negeri.[1] Lalu, apa saja manfaat akar wangi?

Manfaat Akar Wangi

  • Mampu mengusir serangga
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mengatasi depresi dan cemas berlebihan
  • Meredakan radang
  • Memiliki kandungan antioksidan
  • Membantu meningkatkan kualitas

Hingga kini, penelitian tentang manfaat akar wangi masih terus berkembang, termasuk dalam kaitannya dengan membuat otak menjadi lebih tenang dan fokus. Dengan manfaat yang ditawarkan tersebut, akar wangi saat ini banyak dikembangkan menjadi minyak akar wangi dan parfum. Harga minyak akar wangi berkisar ratusan ribu di pasaran. Berikut kami sajikan info harga akar wangi di pasaran saat ini.

Minyak akar wangi (sumber: tribunnews)

Minyak akar wangi (sumber: tribunnews)

Harga Akar Wangi

Varian ProdukKisaran Harga (Rp)
Benih Rumput Vetiver Akar Wangi 15 gram25.000
Bibit Tanaman Akar Wangi 500 gram55.000
Akar Wangi per kilo75.000
Paket 100 Tanaman Akar Wangi80.000
Akar Wangi Super Tanpa Bonggol 1 kg110.000
Benih Rumput Vetiver Akar Wangi 100gr153.000
Paket 200 Tanaman Akar Wangi170.000
Baca juga  Info Keunggulan & Harga Pinang Betara

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli akar wangi di toko terdekat maupun berbagai situs jual beli online dengan harga bersaing.

[1] Kardinan, Agus. Tanaman Penghasil Minyak Atsiri (Jakarta: Agromedia, 2005), hlm. 15

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Manfaat dan Harga Akar Wangi di Pasaran"