Manfaat dan Update Harga Akar Bahar

Akar bahar telah lama dikenal masyarakat sebagai bahan untuk membuat obat rematik. Tak hanya itu, akar bahar juga biasa dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat manik-manik dan perhiasan seperti gelang. Harga akar bahar sendiri terbilang tidak murah, karena cara mendapatkannya yang tidak mudah.

Ilustrasi: Khasiat Akar Bahar (credit: Kompasiana)
Ilustrasi: Khasiat Akar Bahar (credit: Kompasiana)

Manfaat Akar Bahar

Berbeda dengan obat herbal pada umumnya, akar bahar berasal dari jenis hewan laut keluarga Anthozoa, yakni hewan yang tidak bertulang belakang dan berbentuk menyerupai tanaman. Hewan laut ini biasanya tumbuh dan menyatu dengan terumbu karang, sehingga terbilang sulit untuk didapatkan.

Bacaan Lainnya

Cara memanen akar bahar tidak bisa sembarangan, karena harus memperhatikan terumbu karang di sekitarnya supaya tidak rusak. Biasanya, para nelayan akan menggunakan pisau dan gunting tanaman. Saat menggunting akar bahar juga tidak bisa sembarangan, karena hewan laut ini menyerupai kayu yang keras dan solid, sehingga dibutuhkan kesabaran.

Tidak semua akar bahar yang ditemukan di batuan karang bisa dipanen, karena harus memperhatikan kelayakan panen. Diketahui, akar bahar yang boleh diambil adalah akar yang sudah tua. Akar bahar yang masih baru tumbuh atau berusia muda tidak boleh dipanen supaya kelestariannya terjaga.

Baca juga  Update Harga Waterproofing Sika (Semua Varian dan Kemasan)

Setelah dipanen, akar bahar tidak bisa langsung digunakan dan harus dijemur terlebih dahulu. Proses penjemuran akar bahar terbilang sangat sederhana, karena hanya menggunakan sinar matahari. Jika akar bahar sudah dan menyerupai batang atau ranting pohon, baru bisa diolah menjadi pernak-pernik atau sebagai bahan obat.

Untuk membuat pernak-pernik dari akar bahar terbilang gampang-gampang sulit. Hal ini karena bahan tersebut memiliki sifat yang kaku dan tidak mudah dibentuk. Dibutuhkan alat seperti gergaji, alat ukur, dan amplas untuk membentuk akar bahar. Selain itu, diperlukan pembakaran dengan suhu tertentu supaya kayu menjadi lebih lunak dan tidak mudah patah saat dibentuk.

Khusus untuk membuat perhiasan dengan akar bahar, biasanya akar bahar akan dilapisi dengan pewarna. Namun, sebagian besar perajin perhiasan lebih menyukai bahan poles kayu untuk membuatnya lebih mengilap. Tak hanya itu, ada juga orang yang menggunakan kayu bahar sebagai bahan untuk membuat manik-manik tasbih dan rosario.

Sebagai bahan obat tradisional, masyarakat di NTT mengolah akar bahar dengan cara dikeringkan dan dihancurkan menjadi serbuk, lalu diseduh dengan air panas dan diminum selagi hangat.[1] Obat ini bermanfaat untuk menghilangkan nyeri sendi, karena serbuk akar bahar mengandung radium alami yang dipercaya sebagai zat untuk menghilangkan sakit pada sendi dan tulang.

Baca juga  Info Terbaru Pengertian dan Contoh Biaya Langsung (Direct Cost)

Khasiat lainnya adalah dipercaya mampu melancarkan peredaran darah dan menjaga daya tahan tubuh. Biasanya, untuk mendapatkan manfaat seperti ini, orang akan menggunakan gelang akar bahar. Sayangnya, tidak semua gelang akar bahar yang dijual di pasaran asli. Ada banyak gelang akar bahar palsu yang sekilas sangat mirip dengan aslinya. Lalu, bagaimana cara membedakan gelang akar bahar asli dan palsu?

Manfaat Akar Bahar - www.republika.co.id
Manfaat Akar Bahar – www.republika.co.id

Cara Membedakan Akar Bahar Asli dan Palsu

Konon, gelang akar bahar yang asli memiliki aroma yang khas dan tidak ditemukan pada gelang akar bahar palsu. Biasanya aromanya sedikit amis dan ini berbeda dengan gelang biasa yang terbuat dari kayu atau plastik. Tak hanya itu, beberapa orang percaya jika gelang akar bahar dapat memancarkan cahaya kemerahan saat berada di bawah sinar matahari atau jika diterawang menggunakan sinar lampu.

Anda juga bisa merebus air di dalam wadah tahan panas hingga mendidih, kemudian masukkan akar bahar. Jika akar bahar tetap tegang dan tak berubah bentuk, bisa dipastikan itu adalah palsu atau terbuat dari kayu yang dibalut pewarna. Namun, jika gelang tersebut merekah, lentur, dan bisa dibentuk kembali, maka gelang itu asli, karena gelang akar bahar memang terbuat dari benda hidup. Prinsipnya sama dengan jamur atau rumput laut kering yang direbus, kondisinya akan lentur karena menyerap air yang mendidih itu.

Baca juga  Update Harga Meja Pingpong (Berbagai Merk)

Bagi Anda yang ingin membeli akar bahar untuk berbagai keperluan, Anda bisa membelinya di situs e-commerce atau toko herbal terdekat. Sebagai referensi harga akar bahar, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Akar Bahar

Varian Akar Bahar Harga
Akar Bahar Merah Ukuran S Rp20.000 per batang
Akar Bahar Merah Kristal Tembus Cahaya Rp33.000 per batang
Akar Bahar Gundi Rp50.500 per batang
Akar Bahar Putih Ukuran L Rp60.000 per batang
Akar Bahar Hitam Rp98.700 per ikat
Akar Bahar Hitam Rp140.500 per ikat
Akar Bahar Hitam 550 gr Rp500.000 per ikat

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga akar bahar di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, akar bahar hitam 550 gram yang semula dijual seharga Rp275 ribu per ikat, kini bisa mencapai Rp500 ribu per ikat. Berbeda dengan harga akar bahar merah kristal tembus cahaya yang turun dari Rp50 ribu menjadi Rp33 ribu per batang. Anda bisa membeli akar bahar di sejumlah situs jual beli online dengan harga bersaing.

[Update: Ditta]

[1]Teffu, Yunialdi Hapynes, Ruddy Suwandi, Nurjanah. 2015. Komponen Kimia dan Bioaktif Akar Bahar Gorgonian (Genus Rumphella dan Hicksonella) dari Pulau Raijua – Nusa Tenggara Timur. Jurnal Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, Vol. 18(1): 83-97.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.