Info Cara Budidaya dan Harga Aglonema Red Sumatra

Aglonema kini mulai menjadi incaran banyak pecinta hias. Warna daun yang menawan, harga jual aglonema pun melejit di pasaran dari angka ratusan rupiah per tanaman, bahkan per daun. Tak heran, jika banyak orang yang mulai beralih untuk memperbanyak aglaonema, terutama jenis Aglonema Red Sumatra.

Aglonema red sumatra (sumber: shopee)

Aglonema red sumatra (sumber: shopee)

Aglonema berasal dari Bahasa Yunani yakni aglaos (terang) dan nema (benang sari yang bersinar). Sebenarnya, aglonema bukan jenis tanaman baru, karena dulu orang lebih mengenalnya dengan sebutan Sri Rezeki. Konon, orang yang menanam tanaman ini, dan tumbuh subur akan mendapatkan banyak rezeki. Terlepas dari mitos pembawa hoki, aglonema mampu menarik minat masyarakat untuk membudidayakannya.[1]

Tanaman aglonema memiliki ragam spesies yang cukup banyak. Misalnya, Aglaonema commutatum, bentuk daunnya seperti mata tombak dan berwarna hijau dengan panjang daun sekitar 20 cm dan lebar 5 cm. Jenis aglonema ini memiliki beberapa varietas terkenal, seperti A. commutatum maculatum yang memiliki daun berwarna hijau gelap. Dari banyaknya varian aglonema, Aglonema Red Sumatra cukup populer di tengah masyarakat.

Baca juga  Update Harga Paket Hemat Large McDonald’s (McD)

Aglonema Red Sumatra termasuk kasta aglonema di Indonesia. Tanaman hias satu ini dirilis tahun 1983 oleh Gregori Garnadi Hambali, orang Indonesia asli. Menurut keyakinan banyak orang, warna merah pada tanaman aglaonema pride of Sumatra memiliki arti mempesona, berupa simbol keberanian, keberuntungan, dan kemakmuran. Aglonema Red Sumatra memiliki keistimewaan dari segi tampilan dengan ciri daun yang sangat kompak berbentuk elips memanjang. Cara budidaya Aglonema Red Sumatra juga terbilang mudah, sebagai berikut.

Cara Budidaya Aglonema Red Sumatra

Aglonema red sumatra (youtube: Bumi Alam)

Aglonema red sumatra (youtube: Bumi Alam)

Media tanam yang tepat
media tanam merupakan material yang bersentuhan langsung dengan akar, yakni bagian tanaman yang sangat penting untuk penyerapan air dan unsur hara lainnya. Media tanaman yang baik digunakan untuk jenis Aglonema Red Sumatra adalah , humus, sekam, cocopeat, pasir malang, dan akar pakis. Setiap media tanam memiliki daya ikat air yang berbeda-beda.

Pemupukan
Aglonema Red Sumatra termasuk tanaman hias daun, sehingga pupuk yang digunakan berbeda dengan pupuk untuk tanaman hias bunga. Anda dapat menggunakan pupuk NPK dengan kandungan nitrogen yang tinggi untuk membuat daun lebih segar, tidak pucat, serta mampu membantu ukuran daun lebih besar.

Baca juga  Update Terkini Harga Asparagus per Kg

Penyiraman
Penyiraman yang benar dan tepat dapat mempertahankan kesehatan tanaman Aglonema Red Sumatra. Saat menyiram, ada baiknya untuk memeriksa aliran air di lubang pot. Hal tersebut dapat dijadikan indikator bahwa kebutuhan air untuk tanaman telah cukup.

Repotting (penggantian pot)
Penggantian pot secara berkala menjadi salah satu yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, bentuk Aglonema Red Sumatra yang semakin membesar harus disesuaikan dengan ukuran potnya agar seimbang. Disarankan untuk tidak memakai pot dengan banyak motif.

Perawatan dari hama penyakit
Hama dan penyakit adalah musuh utama tanaman hias, tak terkecuali Aglonema Red Sumatra. Bagian aglonema yang sering diserang hama adalah daun dan batang. Untuk itu, Anda perlu melakukan penyemprotan dengan insektisida Malathion secara berkala. Sedangkan untuk mengatasi jamur, Anda perlu melakukan penyemprotan fungisida.

Daun Aglonema Red Sumatra bisa lebih mengilap. Anda dapat menyemprot cairan leaf shine ke permukaannya. Kemudian lap menggunakan kapas atau kertas tisu halus. Daun yang tampak mengilap akan membuat harga jual Aglonema Red Sumatra semakin tinggi.

Baca juga  Update Harga Berbagai Jenis Kambing Anakan & Dewasa di Pasaran

Harga Aglonema Red Sumatra

Aglonema red sumatra (sumber: shopee)

Aglonema red sumatra (sumber: shopee)

Varian Aglonema Red SumatraKisaran Harga (Rp)
Bibit Bonggol Tanaman Hias Aglonema Red Sumatra (bertunas)80.000
Bibit Aglonema Red Sumatra per daun175.000
Aglonema Red Sumatra baby/anakan 2-3 daun198.000
Aglonema Red Sumatra Remaja200.000
Tanaman Hias Aglonema Red Sumatra tinggi 40 cm350.000 – 500.000
Aglonema Red Sumatra Super Roset jumbo825.000
Tanaman Hias Aglonema Red Sumatra indukan1.280.000
Tanaman Hias Aglonema Red Sumatra putih (8 daun)3.000.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tanaman hias Aglonema Red Sumatra tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli Aglonema Red Sumatra di toko bunga maupun pertanian terdekat. Saat ini, Anda pun dapat memesannya lebih praktis melalui berbagai situs online seperti Shopee dengan harga bersaing.

[1] Redaksi Agromedia. Agar Tanaman Hias Tampil Cantik (Jakarta: Agromedia, 2007), hlm. 19

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Cara Budidaya dan Harga Aglonema Red Sumatra"