Update Harga AC LG 1 PK (Semua Tipe)

Selain kipas angin, AC merupakan salah satu perangkat pendingin ruangan yang semakin populer, tidak hanya di gedung-gedung perkantoran, melainkan juga di rumah-rumah. Karena pemakaian listrik AC cenderung lebih besar dibandingkan kipas angin, apabila ingin berhemat, Anda bisa memilih perangkat dengan daya 1 PK. Di pasaran, sudah banyak merk yang meluncurkan AC demikian, termasuk LG, dengan harga rata-rata jutaan rupiah.

Unit AC terpasang di ruangan (sumber: rumah123)
Unit AC terpasang di ruangan (sumber: rumah123)

Seperti diketahui, polusi udara tidak hanya bersumber dari luar ruangan, tetapi juga dalam ruangan. Sumber polusi udara dalam ruangan ini berhubungan dengan bangunan itu sendiri, perlengkapan dalam bangunan, suhu, kelembapan, pertukaran udara, serta hal-hal yang berhubungan dengan perilaku orang-orang yang berada di ruangan tersebut.[1] Selain itu, juga dapat berasal dari bahan sintetis dan beberapa bahan alami yang digunakan untuk perlengkapan, seperti karpet, busa, dinding, hingga perabotan rumah tangga.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk mempermudah pergerakan udara di dalam ruangan, diperlukan ventilasi. Dengan adanya pergerakan udara ini, diharapkan dapat memperbaiki kualitas udara, sehingga mampu meningkatkan kenyamanan dan kesehatan pengguna ruangan tersebut. Ventilasi sendiri dapat berupa ventilasi alami (tidak melibatkan mesin), ventilasi buatan (melibatkan mesin, seperti AC), serta ventilasi semi-buatan.[2]

Baca juga  Info Update Harga Lightstick BTS Original

Dari sekian banyak ventilasi, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan AC. Dikutip dari Wikipedia, ini bisa dikatakan sebagai sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). Umumnya, perangkat ini menggunakan siklus refrigerator, tetapi kadang-kadang juga menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Jika Anda ingin melakukan instalasi unit pendingin ruangan ini, terutama di rumah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan daya listrik dengan kapasitas AC. Jangan sampai kondisi daya listrik rumah Anda ternyata tidak menyanggupi penarikan listrik untuk penggunaan AC, yang membuat pembelian perangkat ini menjadi sia-sia.

AC memiliki daya yang disebut dengan PK atau Paard Kracht, sering juga disebut horse power (tenaga kuda). Nah, apabila rumah Anda memiliki daya listrik 900 ke atas, AC yang cocok dipasang adalah yang mempunyai kapasitas 1 PK. Kapasitas ini setara dengan 840 Watt untuk tipe AC Standard, 660 Watt untuk tipe AC Low Watt, serta 225 hingga 920 Watt untuk model AC Inverter.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Dispenser SANEX

Varian AC 1 PK LG

Di pasaran sendiri, sudah banyak merk yang meluncurkan AC berkapasitas 1 PK, termasuk LG. Dikutip dari situs resminya, brand asal Korea Selatan ini menawarkan beberapa tipe AC 1 PK. Varian LG T10EV4 misalnya, merupakan LG DUALCOOL with Control-Eco yang mengusung fitur Watt Control dengan pengaturan empat opsi konsumsi listrik, dual inverter compressor untuk listrik yang lebih hemat, serta goldfin sebagai lapisan anti-karat di kondensor.

AC LG (sumber: manuals.plus)
AC LG (sumber: manuals.plus)

Produk ini juga membawa fitur Jet Cool, sehingga mampu menurunkan suhu udara hingga 16 derajat Celcius selama 30 menit. Selain itu, juga didukung Active Energy Control yang dapat menghemat listrik melalui empat opsi pengaturan tingkat konsumsi listrik dan kapasitas pendinginan, serta inovasi PCB baru yang membuat AC tetap dapat beroperasi walau tegangan listrik turun hingga 150 Volt.

Jika Anda tertarik dengan AC 1 PK buatan LG, tidak sulit mendapatkan perangkat ini. Anda bisa membelinya di sejumlah toko elektronik, toko perabotan rumah tangga, atau melalui situs dagang online. Harganya bervariasi, rata-rata berada di angka jutaan rupiah. Sebagai referensi, berikut kisaran harga AC 1 PK produksi LG.

Baca juga  Specs dan Info Terkini Harga Printer Epson L310

Harga AC LG 1 PK

Tipe AC LG Harga
LG E10SV3 Inverter 1 PK Rp4.200.000
LG S10EV4 Dual Inverter 1 PK Rp4.499.000
LG T10EV4 Split 1 PK Rp4.550.000
LG E10SV5 Split 1 PK Rp5.150.000
LG P10RV3 Split 1 PK Rp8.260.000
LG PZ8823 Dexe Inverter 1 PK Rp11.564.000

Harga AC LG berkapasitas 1 PK di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk toko peralatan elektronik dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya mengalami sedikit kenaikan. Harga LG S10EV4 Dual Inverter 1 PK misalnya, naik Rp4 juta menjadi Rp4,49 juta. Sementara itu, harga LG P10RV3 Split 1 PK naik dari Rp8 juta menjadi Rp8,26 jutaan.

[1] Rachmatantri, Ismadiar, Mochtar Hadiwidodo, Haryono Setiyo Huboyo. 2015. Pengaruh Penggunaan Ventilasi (AC dan Non-AC) terhadap Keberadaan Mikroorganisme Udara di Ruang Perpustakaan (Studi Kasus: Perpustakaan Teknik Lingkungan dan Perpustakaan Fakultas MIPA Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro, Vol. 4(1).

[2] Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *