Harga 1 Liter Susu Murni Segar & Pabrikan Pembuat Susu

Selain air (ASI), banyak yang bilang bahwa murni segar yang berasal dari sapi maupun kambing memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa membeli murni dari peternak langsung, banyak juga pabrikan yang mengolah dan mendistribusikan murni kepada . Di saat ini, harga susu murni 1 liter sebenarnya cukup terjangkau.

Susu dijual di pasaran (sumber: dailyherd.com)

Dikutip dari situs Alodokter.com, susu murni dikatakan sebagai jenis susu yang belum mengalami banyak proses pengawetan, seperti proses pasteurisasi atau UHT (Ultra High Temperature). Susu murni juga tidak mengalami penambahan atau pengurangan yang terkandung di dalamnya. Itulah alasan kenapa jenis susu ini disebut dengan susu murni.

Orang yang menyarankan susu murni menyatakan bahwa susu lebih bagus ketika masih dalam kondisi murni. Pasalnya, susu murni diklaim kaya akan mineral, vitamin, dan enzim. Selain itu, susu murni juga dipercaya sebagai pilihan yang lebih baik bagi orang yang alergi terhadap laktosa. Namun, kebiasaan menghangatkan susu yang ada di masyarakat membuat pendukung susu pasteurisasi meragukan kelebihan-kelebihan susu murni.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration (FDA), ada beberapa fakta yang terkait dengan susu murni dan susu hasil pasteurisasi. Fakta-fakta tersebut antara lain:

  •          Susu hasil pasteurisasi tidak menyebabkan alergi terhadap laktosa. Susu murni dan susu hasil pasteurisasi sama-sama dapat membuat alergi bagi orang-orang yang sensitif terhadap protein susu.
  •          Susu murni tidak bisa membunuh bakteri patogen berbahaya dengan sendirinya.
  •          Hasil pasteurisasi tidak akan mengurangi nilai nutrisi dari susu.
  •          Pasteurisasi tidak berarti bahwa Anda dapat membiarkan susu hasil pasteurisasi berada di luar lemari es dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, susu hasil pasteurisasi juga memiliki masa kedaluwarsa, dan lebih baik segera dikonsumsi atau digunakan setelah tutup dibuka.
  •          Hasil pasteurisasi memang dapat membunuh bakteri dan dapat menyelamatkan kehidupan.

Di dalam satu gelas atau 100 ml susu murni, dikatakan setidaknya mengandung energi sebanyak 60 kilokalori, 3,25 gram lemak, 132 mg kalium, 5,26 gram karbohidrat, 113 mg kalsium, dan 3,22 gram. Dengan kandungan nutrisi tersebut, berikut efek baik dan buruk susu murni untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

Harga, susu, murni, ASI, pabrikan, perusahaan, pasteurisasi, UHT, lemak, protein, laktosa, sapi, lahan, pertanian, konsumen, kemasan, liter, situs, online, vitamin, kalium

Ilustrasi: mengonsumsi susu murni

  •          Susu murni mengandung protein dengan kualitas yang baik dan sumber energi dalam bentuk lemak jenuh, Alodokter.com melaporkan. Lemak jenuh ini dikatakan dapat mencegah penguraian massa otot yang dapat digunakan sebagai energi. Sementara, protein dapat meningkatkan massa otot dan membantu memperbaiki otot.
  •          Susu murni mengandung cukup banyak lemak jika dibandingkan susu skim atau susu tanpa lemak. Dengan demikian, jika konsumsi berlebihan, dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh.
  •          Kandungan lemak dan kalori di dalam susu murni dikatakan mampu membantu Anda dalam meningkatkan berat badan. Susu ini dapat ditambahkan ke dalam diet Anda, terutama jika Anda baru saja menjalani pengobatan kanker atau sembuh dari sakit yang menyebabkan berat badan turun.
  •          Merupakan sumber kalium yang baik, susu murni dikatakan dapat menurunkan risiko jantung. Meski demikian, hati-hati terdapat kolesterol dan lemak yang juga bisa membahayakan kesehatan jantung Anda. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam susu murni juga tidak baik untuk fungsi ginjal.

Harga Susu Murni

Tidak sulit mendapatkan susu murni, karena Anda bisa membelinya langsung dari peternak, di kios-kios, maupun koperasi. Di pasaran dalam negeri sendiri, seperti dikutip dari berbagai situs jual beli online, harga 1 liter susu murni saat ini berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000. Namun, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp18.000 per liter.

Menurut Asosiasi Peternak Indonesia (APSPI), harga susu murni atau susu segar di tingkat peternak saat ini dikatakan masih cukup murah. Asosiasi tersebut mengatakan bahwa harga ideal untuk susu sapi murni di dalam negeri berkisar Rp6.500 sampai Rp7.500 per liter. Penetapan standar harga ideal di tingkat peternak tersebut diklaim akan mampu membawa pada pemenuhan pencapaian target swasembada susu nasional.

Pabrikan Susu Murni di Indonesia

Harga, susu, murni, ASI, pabrikan, perusahaan, pasteurisasi, UHT, lemak, protein, laktosa, sapi, lahan, pertanian, konsumen, kemasan, liter, situs, online, vitamin, kalium

Ilustrasi: susu di peternakan sapi perah (sumber: rbth.com)

Di dalam negeri, ada banyak pabrik atau perusahaan yang fokus untuk memproduksi dan menjual susu sapi murni beserta olahannya. Berikut beberapa pabrikan susu murni di Tanah Air yang cukup terkenal di masyarakat.

Perusahaan Susu Sapi Kurnia

Ini adalah perusahaan susu sapi yang beralamat di Jalan Untung Suropati No. 33, Pakelan, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur. Menurut review local guide Google, Perusahaan Susu Sapi Kurnia adalah salah satu dari sekian perusahaan yang memproduksi dan memasarkan susu sapi dengan berbagai produk olahan. Susu hasil pabrikan ini diklaim punya rasa enak dan harga yang terjangkau.

Perusahaan Susu Sapi Anugerah

Masih dari kota yang sama, ada Perusahaan Susu Sapi Anugerah, yang diklaim sebagai salah satu pabrikan susu sapi legendaris asal Kediri. Perusahaan ini sendiri beralamat di Jalan Imam Bonjol, Ngadirego, Kecamatan Kediri, Kota Kediri. Menurut penuturan beberapa konsumen, susu yang dihasilkan pabrikan ini terbilang berkualitas.

PT Great Giant Livestock

Ini adalah perusahaan Gunung Sewu Kencana yang memiliki lahan pertanian di Lampung. Produk terkenal dari pabrikan ini adalah Hometown Dairy Fresh Milk, yang diklaim sebagai susu sapi segar yang berasal dari sapi Australia Holstein. Tidak mengherankan jika kemudian harga susu murni Hometown Dairy Fresh Milk terbilang cukup mahal, yaitu berkisar Rp32 ribu sampai Rp42 ribuan untuk kemasan 1 liter.

 

Baca juga  Update Kandungan Gizi dan Harga Susu Nutrilon 0-6 Bulan
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga 1 Liter Susu Murni Segar & Pabrikan Pembuat Susu"