Info Terbaru Harga Susu Murni Segar 1 Liter

Selain air susu ibu (ASI), banyak yang bilang bahwa susu murni segar yang berasal dari susu sapi maupun susu kambing memiliki yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa membeli susu murni dari peternak langsung, banyak juga pabrikan yang mengolah dan mendistribusikan susu murni kepada konsumen. Di pasaran saat ini, harga susu murni 1 liter sebenarnya cukup terjangkau.

Susu murni (sumber: realsimple.com)
Susu murni (sumber: realsimple.com)

Dikutip dari situs Alodokter.com, susu murni dikatakan sebagai jenis susu yang belum mengalami banyak proses pengawetan, seperti proses pasteurisasi atau UHT (Ultra High Temperature). Susu murni juga tidak mengalami penambahan atau pengurangan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Itulah alasan kenapa susu jenis ini disebut dengan susu murni.

Bacaan Lainnya

Susu murni adalah cairan yang berasal dari ambing sapi yang sehat dan diperoleh dengan cara pemerahan yang benar tanpa mengurangi atau menambah sesuatu komponen. Air susu yang sudah direbus, dicampur gula, dicampur dengan susu hasil pemerahan sebelumnya sudah tidak bisa lagi dikategorikan sebagai susu segar. Begitu pula susu sapi yang berasal dari sapi yang tidak sehat, seperti sapi yang terserang penyakit mastitis.

Syarat Susu Murni

  • Tidak ada perubahan warna, bau, dan rasa.
  • Berat jenis pada suhu 27,5 derajat Celcius sekurang-kurangnya 1,028.
  • Kadar lemak sekurang-kurangnya 2,8% (dalam milk codex sekurang-kurangnya 2,75%).
  • Kadar bahan kering tanpa lemak (solid non-fat) sekurang-kurangnya 8%.
  • Kadar protein sekurang-kurangnya 2,7%.
  • Negatif pada uji alkohol 70%.
  • Jumlah kuman susu murni yang dapat dibiakkan setinggi-tingginya 3 juta kuman per ml.[1]
Baca juga  Informasi Terbaru Harga Susu Segar Cimory

Orang yang menyarankan susu murni menyatakan bahwa susu lebih bagus ketika masih dalam kondisi murni. Pasalnya, susu murni diklaim kaya akan mineral, vitamin, dan enzim. Selain itu, susu murni juga dipercaya sebagai pilihan yang lebih baik bagi orang yang alergi terhadap laktosa. Namun, kebiasaan menghangatkan susu yang ada di membuat pendukung susu pasteurisasi meragukan kelebihan-kelebihan susu murni.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration (FDA), ada beberapa fakta yang terkait dengan susu murni dan susu hasil pasteurisasi. Berikut fakta-fakta terkait kandungan nutrisi dari dua jenis susu tersebut.

Susu murni (sumber: arla.com)
Susu murni (sumber: arla.com)

Fakta Susu Murni dan Pasteurisasi

  • Susu hasil pasteurisasi tidak menyebabkan alergi terhadap laktosa. Susu murni dan susu hasil pasteurisasi sama-sama dapat membuat alergi bagi orang-orang yang sensitif terhadap protein susu.
  • Susu murni tidak bisa membunuh bakteri patogen berbahaya dengan sendirinya.
  • Hasil pasteurisasi tidak akan mengurangi nilai nutrisi dari susu.
  • Pasteurisasi tidak berarti bahwa Anda dapat membiarkan susu hasil pasteurisasi berada di luar lemari es dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, susu hasil pasteurisasi juga memiliki masa kedaluwarsa, dan lebih baik segera dikonsumsi atau digunakan setelah tutup dibuka.
  • Hasil pasteurisasi memang dapat membunuh bakteri dan dapat menyelamatkan kehidupan.

Kandungan Susu Murni

Di dalam satu gelas atau 100 ml susu murni, dikatakan setidaknya mengandung energi sebanyak 60 kilokalori, 3,25 gram lemak, 132 mg kalium, 5,26 gram karbohidrat, 113 mg kalsium, dan 3,22 gram. Susu murni mengandung protein dengan yang baik dan sumber energi dalam bentuk lemak jenuh, Alodokter.com melaporkan. Lemak jenuh ini dikatakan dapat mencegah penguraian massa otot yang dapat digunakan sebagai energi. Sementara itu, protein dapat meningkatkan pertumbuhan massa otot dan membantu memperbaiki otot.

Baca juga  Varian Rasa & Info Terbaru Harga Rotiboy¬†

Kandungan lemak dan kalori di dalam susu murni dikatakan mampu membantu Anda dalam meningkatkan berat badan. Susu ini dapat ditambahkan ke dalam diet Anda, terutama jika Anda baru saja menjalani pengobatan kanker atau sembuh dari sakit yang menyebabkan berat badan turun. Kandungan lemak pada susu ini lebih banyak dibandingkan susu skim atau susu tanpa lemak. Dengan demikian, jika konsumsi berlebihan, dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh.

Merupakan sumber kalium yang baik, susu murni dikatakan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Meski demikian, hati-hati karena terdapat kolesterol dan lemak yang juga bisa membahayakan kesehatan jantung Anda. Selain itu, kandungan kalium yang dalam susu murni juga tidak baik untuk fungsi ginjal.

Susu sapi murni segar
Susu sapi murni segar

Harga Susu Murni

Tidak sulit mendapatkan susu murni, karena Anda bisa membelinya langsung dari peternak, di kios-kios, maupun koperasi. Di pasaran dalam negeri sendiri, seperti dikutip dari berbagai situs jual beli online, harga 1 liter susu murni saat ini berkisar Rp15 ribu hingga Rp18 ribu. Harga tersebut relatif stabil dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di kisaran Rp13.000 hingga Rp18.000 per liter. Begitu pula dengan susu pasteurisasi yang harganya relatif tetap di angka Rp65 ribu per 5 liter.

Di dalam negeri, ada banyak pabrik atau yang fokus untuk memproduksi dan menjual susu sapi murni beserta olahannya. Berikut beberapa pabrikan susu murni di Tanah Air yang cukup terkenal di masyarakat.

Pabrikan Susu Murni di Indonesia

Susu Sapi Kurnia. Ini adalah perusahaan susu sapi yang beralamat di Untung Suropati No. 33, Pakelan, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur. Menurut review local guide Google, Susu Sapi Kurnia adalah salah satu dari sekian perusahaan yang memproduksi dan memasarkan susu sapi dengan berbagai produk olahan. Susu hasil pabrikan ini diklaim punya rasa enak dan harga yang terjangkau.

Baca juga  Harga Konsentrat Ayam Petelur 124 (1 kg dan 50 Kg)

Susu Sapi Anugerah. Masih dari kota yang sama, ada Perusahaan Susu Sapi Anugerah, yang diklaim sebagai salah satu pabrikan susu sapi legendaris asal Kediri. Perusahaan ini sendiri beralamat di Imam Bonjol, Ngadirejo, Kecamatan Kediri, Kota Kediri. Menurut penuturan beberapa konsumen, susu yang dihasilkan pabrikan ini terbilang berkualitas.

PT Great Giant Livestock. Ini adalah anak perusahaan Gunung Sewu Kencana yang memiliki lahan pertanian di Lampung. Produk terkenal dari pabrikan ini adalah Hometown Dairy Fresh Milk, yang diklaim sebagai susu sapi segar yang berasal dari sapi Australia Holstein. Tidak mengherankan jika kemudian harga susu murni Hometown Dairy Fresh Milk terbilang cukup mahal, yaitu berkisar Rp32 ribu sampai Rp42 ribuan untuk kemasan 1 liter.

Menurut Asosiasi Peternak Sapi Perah Indonesia (APSPI), harga susu murni atau susu segar di tingkat peternak saat ini dikatakan masih cukup murah. Asosiasi tersebut mengatakan bahwa harga ideal untuk susu sapi murni di dalam negeri berkisar Rp6.500 sampai Rp7.500 per liter. Penetapan standar harga ideal di tingkat peternak tersebut diklaim akan mampu membawa pada pemenuhan pencapaian target swasembada susu nasional.

[Update: Ditta]

[1] Ako, Ambo. 2019. Ilmu Ternak Perah Daerah Tropis. Bogor:  PT Penerbit IPB Press, hlm. 141.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *